Ceramah Pak Yai Part I - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Ceramah Pak Yai Part I

Ini cerita ku pas pertama kali sholat di masjid dekat perumahan yasa griya tuban, setelah seharian beres-beres camp baru. Waktu itu sudah waktunya buat sholat isyak juga tarawih tentu saja. Sempat kepikiran sholat sendiri tanpa berjamaah di masjid tetapi akhirnya ikut berjamaah di masjid deket camp baru ku.
Tanpa pikir panjang, untuk pertama kalinya sholat di masjid ini aku langsung nempatin shof awal. Setelah sholat isya' ee ternyata ada ceramah singkat dari pak yai yang juga sekaligus imam untuk sholat tarawih nanti. Isinya kurang lebih :
Puasa itu ibadah yang beda dari yang lainnya, sholat, zakat, shadaqah jika dilaksanakan ada orang lain yang tahu. Tapi, puasa hanya kita dan Allah yang tahu. Bahkan, anak, isteri, suami, teman kita pun tidak tahu apa kita masih puasa atau tidak. Puasa itu ibadah istimewa untuk mendekatkan diri sedekat-dekatnya kepada Allah.
Pada waktu ceramah itu dipikiranku terlintas untuk pulang saja (karena tidak terbiasa ada ceramah sebelum tarawih) Kebimbangan antara pulang dan tidak pulang untuk tetap ikut tarawih akhirnya aku putuskan ikut tarawih di masjid itu.
Saat sholat tarawih, kebimbangan lain muncul soal waktu selesai yang pasti akan lebih lama dari jam 7:45Pm, tentang jumlah rakaat yang akan dilaksanakan secara berjamaah. Namun, semua kebimbangan itu sirna saat tarawih berjamaah dilaksanakan 20 rakaat (tanpa diskon 60%) dan selesai sekitar pukul 7:45Pm.
Pelajaran kali ini, jadilah pendengar yang baik dan jangan cepat suudzon kepada siapapun itu :) Kita tunggu saja ceramah-ceramah part berikutnya.

Tag : id., Sabtu
0 Komentar untuk "Ceramah Pak Yai Part I"

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top