Makalah Publikasi Elektronik - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Makalah Publikasi Elektronik



PUBLIKASI ELEKTRONIK





Kelompok 12 :
Ahmad Mu'azim Abidin
Andika Galih L
Juari Hadi Saputro
Teguh Widodo


UNIROW TUBAN 
TEKNIK INFORMATIKA 2012/A




Pengantar


Terbukanya arus informasi dunia dengan berkembangnya internet memberikan kemudahan kepada siapa saja untuk mendapat, mengolah dan menampilkan data yang ia peroleh dari internet untuk ditampilkan lagi di internet.
Hal tersebut diatas berkaitan erat dengan publikasi elektronik dan HAKI. Secara teori, kehidupan di internet tidaklah jauh dari representasi kehidupan nyata manusia. Kalau dalam kehidupan nyata, hasil publikasi orang lain tidak bisa dengan seenaknya diubah oleh yang tidak berhak, di internet pun begitu. Ada hak cipta yang harus dihargai oleh masing-masing individu.

Namun dalam pembahasan kali ini, kami akan fokus pada publikasi elektronik. Sebenarnya sama saja antara publikasi tradisional dengan publikasi elektronik. Yang membedakan adalah perantara dan media yang digunakannya.

Kalau publikasi tradisional masih menggunakan kertas, maka dalam publikasi elektronik sudah tidak begitu dibutuhkan lagi keberadaan kertas ini karena seluruh publikasi bersifat elektronik yang disimpan, dan dapat diakses secara elektronik pula (biasanya bisa diakses dari manapun dan kapanpun).
Dengan kondisi demikian, publikasi secara elektronik mempunyai kelebihan jika dibanding publikasi tradisional. Kelebihan-kelebihan itu akan kami jabarkan dalam makalah ini. Juga tidak lupa kelemahan-kelemahan dari sistem publikasi online ini juga akan kami paparkan.
Semoga makalah ini berguna bagi tim penyusun serta bagi pembaca secara umum. Segala kritik dan saran yang membangun selalu kami nantikan demi perbaikan pada masa yang akan datang.


                                                                                                                Tuban,08 Oktober 2012


      Penyusun





Daftar Isi
Halaman Sampul……………………………………………………......…  i          
Pengantar……………………………………………............…………….  ii         
Daftar Isi……………………………………………............……………..  iii
Bab  I              Pengenalan Publikasi Elektronik……...........………...…..  1
          I.I.          Pengertian Publikasi…………………….............……….......  1
          I.II.        Macam-macam Publikasi………...……….............……........   1
          I.III.       Publikasi Elektronik Sebagai Jawaban
                        Perkembangan Zaman……………………...........………..... 2
Bab  II            Kelebihan dan Kelemahan Publikasi Elektronik…....…..  4
          II.I.        Kelebihan Publikasi Elektronik……………………......….....  4
          II.II.       Kelemahan Publikasi Elektronik…………………..........….... 5
Bab  III           Penutup.....……………………………………............…... 6
III.I        Kesimpulan……………...………………………….............. 6
III.III     Daftar Pustaka......................................................................... 9





Bab I
Pengenalan Publikasi Elektronik


I.I. Pengertian Publikasi
       Publikasi merupakan suatu kegiatan dimana seseorang atau kelompok mengumumkan hasil dari penelitian, diskusi atau suatu hal yang perlu untuk diketahui oleh publik. Tingkat perlu tidaknya sebuah publikasi dilakukan  tergantung dari masalah dan pemecahan yang dihasilkan dari apa yang akan dipublikasikan.
            Publikasi selain bertujuan untuk penyebaran informasi juga bertujuan untuk penggalangan dana pada beberapa kasus tertentu. Ini tak lepas dari publikasi itu sendiri yang selalu berhubungan dengan orang banyak dan ini dimanfaatkan secara legal untuk sekalian mencari dana guna keberlangsungan suatu perkumpulan.

I.II. Macam-macam Publikasi
            Publikasi dari suatu hal tentu dilakukan dengan media yang paling efektif dan efisien serta dapat menjangkau audiens yang dituju dengan cepat. Publikasi dari waktu ke waktu terus berkembang. Dua macam publikasi saat ini :

·         Publikasi Manual/Tradisional. Publikasi ini biasanya menggunakan media kertas untuk menyampaikan informasi yang ingin disampaikan. Penggunaan kertas dalam publikasi bisa berbentuk koran, majalah atau selebaran. Secara khusus, publikasi dengan koran disertai grafis dimulai sejak tahun 1980-an.
·                Publikasi Elektronik. Ini merupakan pengembangan mutakhir dari sitem publikasi. Dengan publikasi elektronik, publikasi yang akan kita sampaikan menjadi cepat sampai pada tujuan karena kita biasanya juga akan sekaligus memanfaatkan teknologi internet yang berkecepatan tinggi. Publikasi elektronik ini juga bermacam-macam dan bisa dibedakan menurut jenis file publikasinya. Diantaranya, publikasi berjenis .pdf, .doc, .txt, dan masih banyak lagi lainnya.

I.III. Publikasi Elektronik Sebagai Jawaban Perkembangan Zaman
            Jika menggunakan publikasi media kertas, informasi yang disampaikan akan lama sampai kepada tujuan informasi (audiens) yang berjarak jauh secara geografis. Hal ini membuat publikasi yang seharusnya segera sampai malah menjadi “basi” karena kelamaan dalam penyampaiannya.
            Mengatasi hal itulah digunakan publikasi elektronik yang dipadukan dengan pemanfaatan internet. Dokumen yang akan dipublisasikan tinggal disempurnakan lalu diupload di internet agar bisa sampai kepada audiens dengan cepat.
            Dengan publikasi elektronik ini, kita bisa memilih apakah hal yang kita publisasikan ini suatu hal yang rahasia atau tidak. Jika rahasia kita bisa memberi kata sandi untuk membuka sandi yang telah kita buat (biasanya digunakan pada publikasi internal jarak jauh).
       Selain pengamanan menggunakan kata sandi, kita bisa memilih beragam jenis file publikasi. Jika publikasi itu ingin tidak bisa diubah, bisa menggunakan format .pdf. Atau jika publikasi itu berbentuk gambar, gunakan saja format .jpeg, .gif dan sebagainya tergantung kebutuhan kita.
       Setelah pemilihan jenis format file, kita tinggal mempublisasikan file tadi di internet. Bisa lewat attachment e-mail, social media, situs berbagi file ataupun situs editing dokumen online terserah sepenuhnya pada kebutuhan dan keinginan kita (serta efektivitas dan efisiensi).

CMS (Content Management System)
Adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama (collaborative content management). Beberapa contoh cms yang digunakan dalam publikasi elektronik antara lain ; Joomla, Wordpress, Drupal.

LMS (Learning Management System)
Learning Management System (biasa disingkat LMS) adalah aplikasi perangkat lunak untuk dokumentasi, administrasi, pelacakan, pelaporan program pelatihan kelas secara terpadu dan terstruktur.

Perbedaan keduanya lebih kepada penggunaan oleh masing-masing individu. CMS lebih banyak kegunaannya, bisa untuk forum diskusi bebas, sharing file ataupun yang lainnya. Lain halnya LMS, meskipun LMS juga bisa dikategorikan CMS namun aplikasi LMS fokus pada aplikasi pengelolaan pendidikan.





Bab II
Kelebihan dan Kelemahan Publikasi Elektronik
           

Setiap hasil karya manusia tentu saja tidak lepas dari kekurangan yang menjadikan perhatian untuk pengembangan lebih lanjut. Itu juga yang terjadi pada sistem publikasi elektronik.
        Berikut kami berikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari sistem publikasi elektronik supaya membuat kita lebih bijak dan ikut mengembangkan publikasi elektronik untuk menjadi mendekati sempurna.

II.I. Kelebihan Publikasi Elektronik
·    Efektivitas dan efisiensi. Penyebaran informasi secara elektronik yang dilakukan lewat internet akan sangat cepat penyampaiaannya, dan ini membuat efektivitas yang sekaligus berimbas pada efisiensi penyampaian suatu hal kepada pihak yang kita tuju. Terutama jika publikasi itu memuat suatu ihwal penting yang harus diketahui oleh orang atau kelompok dengan jarak geografis yang jauh dari publisher (orang yang mempublikasikan).
·        Hemat biaya. Dengan penggunaan internet sebagai sarana penyebaran sistem publikasi elektronik (file publikasi elektronik), secara langsung juga mengurangi biaya jasa kurir yang selama ini digunakan jika menggunakan sistem publikasi tradisional.
·        Ramah lingkungan. Publikasi elektronik karena tidak memerlukan kertas dalam penyampaiannya, maka menjadikan sistem ini suatu sistem yang ramah terhadap lingkungan. Seperti yang kita ketahui, pembuatan kertas harus mempergunakan pepohonan khusus bahan baku kertas yang makin hari makin berkurang jumlahnya.

II.II. Kelemahan Publikasi Elektronik
·   Rawan kebocoran informasi. Karena penyebaran file publikasi elektronik yang seharusnya dilakukan peer to peer antar publisher dan receiver dilakukan lewat internet (bukan intranet), dikhawatirkan file publikasi penting dan rahasia tadi diketahui oleh orang tidak bertanggung jawab dan dipergunakan untuk tindakan melanggar hukum.
·    Pelanggaran HAKI. Bila sebuah dokumen yang dipublikasikan dalam bentuk elektronik sudah diupload di internet, maka semua orang pengguna internet mempunyai hak yang sama dalam pemanfaatan publikasi tadi. Jika itu publikasi umum, tidak masalah memang. Tapi jika itu, misal merupakan publikasi dari hasil skripsi yang sudah susah payah dikerjakan, lalu kemudian setelah dipublish secara elektronik dan di online-kan ternyata dibajak. Maka inilah yang menjadi permasalahan pelanggaran HAKI publikasi elektronik di internet.
·   Fomat file. Kalau dalam publikasi tradisional jelas format filenya adalah cetak. Maka pada publikasi elektronik terdapat beragam format file yang bisa digunakan oleh publisher. Penggunaan beragam format ini tidak bisa sembarang, karena berkaitan dengan program pembuka format file publikasi yang dipakai untuk membuka dokumen tadi. Namun biasanya, publikasi elektronik menggunakan format .pdf yang kaku alias tidak bisa diubah isi yang terkandung didalamnya secara langsung. Format ini juga merupakan format file universal yang bisa dibuka oleh sistem operasi apapun dengan software pembaca ekstensi .pdf yang beragam.





Bab III
Penutup


III.I Kesimpulan
Publikasi elektronik adalah suatu keniscayaan yang harus kita kuasai. Dengan publikasi elektronik kita turut menjaga bumi dari pemanasan global karena tidak perlu lagi menggunakan kertas dalam publikasi yang kita gunakan. Selain itu kita juga mendapat manfaat karena efektivitas dan efisiensi publikasi elektronik melalui internet sangat tinggi jika ditandingkan dengan publikasi tradisional.
Publikasi elektronik membutuhkan suatu adaptasi yang memakan waktu tidak sedikit. Namun lamanya waktu ini akan terbayar jika efektivitas, efisiensi serta penghematan biaya sudah bisa kita rasakan. File publikasi elektronik kita karena dibuat secara elektronis, keberadaannya bisa di copy paste dengan mudah dan bisa di arsipkan dengan lebih mudah pula serta tidak memakan banyak tempat penyimpanan fisik.
Publikasi elektronik yang dipadukan dengan internet harus kita kuasai jika tidak ingin mendapati malapetaka karena kesalahan pemilihan format dokumen publikasi elektronik yang akan kita lakukan. Format file yang baik untuk publikasi umum adalah jenis file yang isinya tidak bisa diubah secara langsung oleh penerima informasi tadi.
File berformat .pdf lah yang menurut kami paling cocok jika digunakan sebagai format file publikasi elektronik secara umum. Karena file yang ada di dalamnya tidak bisa diubah secara langsung, dan ini juga menghindari pembelokan informasi oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.
Demikian pembahasan serta kesimpulan dari makalah berjudul “ Publikasi Elektronik” ini. Publikasi elektronik secara online adalah sebuah keniscayaan. Punyai ilmunya supaya tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan menimpa kita karena kurang paham tentang publikasi elektronik.

III.II Daftar Pustaka

·         Vitriana, Novita. Internet dan Perpustakaan, diakses tanggal 07 Oktober 2012.
·        Wikipedia. Publikasi Elektronik. http://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Publikasi_elektronik, diakses tanggal 07 Oktober 2012.
·         Wikipedia. Koran http://id.wikipedia.org/wiki/Koran, diakses tanggal 07 Oktober 2012.
·      Wikipedia. Amazon Kindle http://id.wikipedia.org/wiki/Amazon_Kindle, diakses tanggal 07 Oktober 2012.
·  Wikipedia. Buku Elektronik  http://id.wikipedia.org/wiki/Buku_elektronik, diakses tanggal 07 Oktober 2012.
·         Wikipedia. Majalah Elektronik http://id.wikipedia.org/wiki/Majalah_elektronik, diakses tanggal 07 Oktober 2012.
·  Wikipedia. Media Elektronik http://id.wikipedia.org/wiki/Media_elektronik, diakses tanggal 07 Oktober 2012.
· Lien, Diao Ai. Mengapa Publikasi Elektronik Karya Ilmiah? http://aurajogja.wordpress.com/2006/09/02/mengapa-publikasi-elektronik-karya-ilmiah/, diakses tanggal 08 Oktober 2012.
·         Hardian, Yoga. Sumber Informasi Koran http://yoga_hardian.blog.ugm.ac.id/2012/03/02/sumber-informasi/headline-koran/, diakses tanggal 08 Oktober 2012.
· Kompas Online. Messi dan Ronaldo "Berbagi", Barca Vs Madrid Seri http://bola.kompas.com/read/2012/10/08/02474429/Messi.dan.Ronaldo.Berbagi.Barca.Vs.Madrid.Seri, diakses tanggal 07 Oktober 2012.


0 Komentar untuk "Makalah Publikasi Elektronik "

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top