Ee Bahasa Jawa Toh - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Ee Bahasa Jawa Toh


Jangkr(i)k nger(i)k
Jangkr(i)k nger(i)k
nger(i)k n(i)ng ngisor dingkl(i)k
krik krik krik krik krik krik krik krik krik krik krik krik krik

Diatas adalah sepenggal lirik yang biasa aku dan teman-temanku nyanyiin saat masih anak-anak. Lagu yang entah apa judulnya tapi yang jelas bagi kami anak-anak (jawa) didesaku, lagu ini adalah lagu ceria yang sering didendangkan bersama-sama dengan lantang.
Lirik diatas itu akan sangat beda pengucapannya antara kami yang keturunan jawa dengan kamu atau siapa saja yang bukan keturunan jawa.
Coba saja kamu baca lirik diatas, khusus bagian yang bertanda kurung bagaimana cara kamu melafalkannya? (i) dengan huruf i kah?
Kalau kami dahulu semasa anak-anak (dan sekarang pun masih sama) tidak seperti itu dalam pelafalan lirik diatas. Tulisan berkurung (i) itu dengan lantang akan berubah pelafalannya menjadi (e) saat kami menyanyikannya.

Jangk(e)k nger(e)k
Jangk(e)k nger(e)k
nger(e)k n(e)ng ngisor dingkl(e)k
krik krik krik krik krik krik krik krik krik krik krik krik krik

Begitulah lirik yang penulisan dan pelafalannya akan sangat berbeda. Begitu pulalah bahasa jawa yang biasa kami gunakan. Antara penulisan kalimat dan pengucapannya seringkali berbeda. Tapi itulah indahnya negara, bangsa kita!
Indonesia dengan beragam suku dan budayanya dengan ke khasan masing-masing yang memperkaya khazanah perbudayaan kita.

*contoh lain ; putra dilafalkan putro (jawa).
*jangkrik = jangkrek ≠ juangkrek.

25 Komentar untuk "Ee Bahasa Jawa Toh"

postingan aku ada juga bahasa jawa..
aku suka mee jawa...(hiiikkkk gue curhat ni?)

hheheh enggak papalah :)
mana link postingan yg pake bhs jawa

http://juejaynee.blogspot.com/2012/09/witin-tresno-jalaran-soko-kulino.html
na ini dia

hehe pingin deh sebenernya belajar bhs jawa. banyak temen2 dibali juga yg jawa :)

bahasa jawa itu ndak rumit lho yg buat sehari-hari.. ayo mas yoga belajar bahasa jawa

udah kesana :)

komenku disana dibaca ya hhhe

waaah aku gak mudeng maenan bahasa jawa :P
iku maksude opo ? hee

kalo jancok itu bahasa mana bos hahahaha?

iku maksute opo yo, opone sing iku *ehhh

huahuahua,,, iku bahasa nasional jatim kayak'e

cok cik cak wkwkwk

gue ga ngerti sama sekali bahasa jawa.

itulah asalan kita itu patut berbangga menajdi bagian kecil di negara ini.

ooo, gitu toh.
hehe saya gak ngerti bahasa jawa. melayu tulen soalnya.hhehe :S

ke suroboyo engko tak warai hahaha

sippp... yg harus kita semua ngerti ya gimana cara saling menjalin persatuan

tetanggaan sama ipin upin yah va :P

gundul-gundul pascul cul...tempelengan....hahahaha...sampyan Jawa pundi mas????salam kenal nich...sudah follow balik

Njalin silaturohim Kang disini...salam kenal....

aku tuban jawa timur mas, lha mas'e jawa pundi nggeh?,,

kyknya cocok balik ke masa lalu terus nyanyi lagu2 permainan ini keras2 deh :D

boso jowo paling terkenal yo "jancok" mas... wkwkwkwkwk :D
Baca ini mas ayo majukan budaya jawa.. yo pora? Kraton, Band Asal Singapore Yang Memadukan Musik Jawa dalam Musik Metal
iki iyo mas.. Mendiang Romo, Band Yang Mempopulerkan Musik Jawa Dalam Genre Metal.
Mantep to?

follow ke 46 sukses mas.. mantep to? wkwkwk

udah meluncur cak,, oke lah sip :)

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top