Halloween, Buat Apa Sih? - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Halloween, Buat Apa Sih?

"Eh, elo kemaren ngerayain halloween gak?" Gue jawab aja "Enggak" asal jawab, terus gue balik nanya "Emang kenapa sama halloween?" Tuh bocah alay jabarin kesono kemari lengkap semuanya soal perayaan halloween menurut yang dia tau. Terus gue tanya dia lagi (kan emang gue gak ngerti, kata pepatah malu bertanya sesat dijalan) "Terus apa untungnya ngerayain gituan buat gue?".

Pertanyaan gue yang kedua itu brai, gak dijawab ama dia, malah tuh bocah ninggalin gue sendirian di warung sambil gue masih isep rokok eceran kesukaan gue. Padahal baru 2 pertanyaan aja kan brai, tuh bocah alay sampe kabur entah karena gak bisa jawab atau karena emang dia gak ngerti n cuma ikut-ikutan aja ngerayain halloween. Huahuahua :P.

halloween attack to my blog

Gue, yang emang super duper gak ngerti perayaan yang katanya setiap tanggal 31 Oktober dirayain itu gak mau kehilangan momen dong ya, gue kejar tuh bocah biar mau ngejawab n ngejelasin ke gue apa yang gak gue tau soal ini. Eh, pas gue manggil, dia tetap aja gak noleh, jadi terpaksa gue kejar dia. Perjuangan panjang nan melelahkan mengejar ilmu dari bocah alay itu berakhir juga brai #halahlebay. Ceritanya tangan dia udah gue pegang, tinggal maksa dia dikit biar mau ngeladenin kesablengan gue, e lha dalah tiba-tiba aja turun ujan yang cuman nyiramin gue aja n tuh bocah sama sekali gak kehujanan!! ternyata brai, gue itu cuman mimpi hahahaha #gaklucuya?.

Halloooo!!! apa ada yang belum tau halloween kayak gue? nih gue comotin dari id.wikipedia tentang perayaan "hantu" satu ini.
Halloween atau Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dan terutama dirayakan di Amerika Serikat. Tradisi ini berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara
Lhoh kan, halloween itu biasanya dirayain orang di negeri paman sam, lha kok kenapa kita di Indonesia (kita? elo aja kali) yang gak ada hubungan apapun sama mbah sam ikut ngerayain perayaan "hantu" ini? Biar dibilang keren karena ikut-ikutan orang bule? atau, biar bisa ngebuat gue koprol keliling kabupaten terus sambil megang TOA n bilang wo0ow gitu? Jawab aja sendiri yah yang kemaren udah ikutan ngerayain.

Masih dari id.wikipedia lagi brai comotan berikut ini.

Asal usul istilah
Halloween merupakan kependekan dari All Hallows' Even (eve dan even sama-sama berarti petang/malam) yang berarti malam sebelum hari raya All Hallow yang sekarang disebut Hari Raya Semua Orang Kudus (All Saints Holy Day). Huruf "n" di akhir kata Halloween berasal dari kata even. Pada zaman dulu, tanggal 1 November dipakai sebagai hari festival keagaamaan di berbagai tradisi paganisme Eropa hingga Paus Gregorius III dan Paus Gregorius IV memindahkan perayaan All Saints' Day menurut kalender santo dari tanggal 13 Mei ke tanggal 1 November. Tanggal 13 Mei dulunya dirayakan sebagai hari raya paganisme untuk festival Lemuria.
Nah lhoh, kok bawa-bawa nama pemimpin agama tertentu yah brai, ini gimana ceritanya kalo gue atau elo-elo yang beragama islam ikut ngerayain perayaan yang dilakuin orang-orang non agama kita? Boleh gak sih?

Mari kita telaah secara "awuran" sebisa kita aja brai, gak usah tinggi-tinggi bahasan kita.

1. All Saints Holy Day, yang artinya perayaan semua orang kudus. Menurut gue sih yang bukan termasuk orang kudus maupun golongan orang kudus mending gak usah ikut aja lah brai, apalagi di comotan diatas ada frasa "Paganisme".

2. Paganisme, ini suatu paham seperti layaknya agama brai, orang yang ngikutin paham ini dinamain pagan (id.wikipedia) dan, paganisme ini menyembah berhala. Jadi, secara tidak langsung kita yang (kita lagi? elo aja) yang ngikut ngerayain halloween bisa dibilang .... elo tau sendiri lah maksud gue.

Jadi intinya, kita boleh aja untuk mengikuti apa itu yang dinamain halloween, dari sudut pandang anak muda. Namun musti kita ingat juga, sebagai anak muda yang kritis kita kan gak boleh cuman sekedar ikut-ikutan aja tanpa tau sejarah perayaan halloween itu sendiri. Salah-salah malah kita jadi korban perayaan halloween, minimal korban duit buat dandan ala serem-sereman lah.

Udah ya, halloween itu menurut gue gak ada kegunaannya malah buang-buang duit aja. N tulisan gue ini gak ada maksud mendeskriditkan agama tertentu atau suku tertentu brai, kalo ada yang kurang berkenan sama penjelasan ngawur gue diatas, gue atas nama diri gue sendiri (yaiyalah, masa atas nama marzuki alie) minta maap pada elo-elo yang ikut tersesat pada ajaran gue n yang udah ngebaca tulisan ini sampai kelar. Terima thengkiyu brai :D :P


belajar #artwork, gimana menurut elo


*artikel pertama aku dengan Elo dan Gue.




22 Komentar untuk "Halloween, Buat Apa Sih?"

saya gak ngerayain buat apaan coba

ya sekarang aku udah tahu dari kamu :D
.

wakakakakakak ngakak bahasanya om ...
lanjutkan om nice post saya juga gak ngerayain, malahan gak tau kalo ada hari perayaan halowen (salah gak nulisnya)

komen balik om
http://blog.mukhlisbersama.web.id/2012/11/ketika-artikel-diblog-ini-di-copy-paste.html

kita sama sob,, mending manggil arwah hantunya aja sekaligus daripada kita (kita?) yg pura2 jdi hantu

#salaman

berarti gak begitu sia-sia artikelnya :D

wah ada2 aja yah :D, mendingan gak usah sekalian :D,,,,,, cukup tau aja hellowen itu apa,,,baru tau juga nih saya :D

saya jg gak tau halloween itu apa, nih bru tau gegara bca tulisan kamu,,hhe
lgian dsni gak ada kq yg ngerayain begituan.
tpi sya heran loh kalau emg ad org Islam atau selain agama itu merayakannya.
Coba aja malam takbiran, pada ikut gak? -__-

gua jg ga ikutan soalnya ga ngerti trus ga minat juga hehe .
ko diatas 31 september tapi dibawahhnya 31 oktober :)

hhehe :) sama kek aku bro. baru tau juga

Malam takbiran pada gak mau ngerayain tuh, paling2 alasennya gak gaul ato apalah.. btewe kita sama dung, sama2 gk ngerayainnya :D

hhhehe udah aku ganti kok :) tq udh ngasih tau

nah, sama lagi ma aku, sama2 gk ngerayain '___' mending gk usah sih :D

Perayaan buat ngusir hantu katanya geto :D

aneh deh, ngusir hantu kok malah pake pakaian kyk gituan #bedasamadiindonesia

sip bgt. ga cuma halloween loh. valentine juga tidak seharusnya dirayakan :)

wah, kalo soal yg itu tuh, semua jomblo pasti pada setuju tanpa dikasih uang suap hhhehe :) XD

oke sob, meluncur kesana... gak ada yg salah kok nulisnya .. halloween sama halowen sama aja hhhe

kalau gw pasti cuma nonton film horor di depan tv hihi

aku malah gak berani kyk gitu,,, secara dikos sendirian. mending nongkrongin kompi :)

itu kebiasaan barat.
gue ga ngerayaain. Yang disuruh agama gue aja masih sebagian yang gue kerjakan, buat apa ngerayain yang lain lagi.

setuju, lbh banyak yg belum dikerjain kok apa yg disuruh agamanya.,.

apalagi kalo ngerayain beginian mesti keluar duit yah bay hhhehe

anak kosan itu sensitif sama pengeluaran

gue gak ngerayain. dibali anti yg kyk begituan bang :)

kalo dibali ada ritual ngusir setan juga ya sob,, yg pake ogoh2 itu lho #soktau :D

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top