Ideologi Pancasila Versi Ngeles - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Ideologi Pancasila Versi Ngeles


Ideologi Pancasila, diantara kalian, saya, kita yang bersekolah di Negara Indonesia pasti pernah mendapatkan materi tentang ini bukan? Gimana materinya menurut kalian, suka? Dongkol? Atau malah mending tinggal tidur aja? Ahh, semua terserah kalian.
Tapi bagaimana kalau misalnya materi tentang Ideologi Pancasila ini menjadi bahan Mid Semester dan kalian harus menjawab segala sesuatu tentang Ideologi Pancasila ini secara panjang lebar? Berikut contoh jawaban seputar Ideologi Pancasila versi ngeles oleh saya sendiri.

1. Apa yang dimaksud dengan Ideologi Pancasila? Dan sebutkan pula berbagai macam ideologi yang lain !- Merupakan pandangan hidup (ideologi) yang menjadi dasar bagi Bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Ideologi Pancasila merupakan ideologi khas yang bersumber pada keluhuran budaya bangsa. Dalam Ideologi Pancasila, hak pribadi individu sangat dihargai tanpa mengesampingkan hak-hak umum. Beberapa ideologi lainnya; 1) Komunisme; Ideologi yang menjadikan kepemilikan hanya sebagai hak negara. 2) Liberalisme; Ideologi yang "mendewakan" kepemilikan pribadi diatas segalanya. 3) Kapitalisme; Ideologi yang sangat mementingkan keuangan/condong pada penguasaan uang. Dll.
2. Apa yang dimaksud dengan Demokrasi Pancasila?- Demokrasi Pancasila, adalah suatu sistem perpolitikan yang dianut Bangsa Indonesia yang mana sistem ini memadukan sistem politik demokrasi yang bebas, adil dengan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia. Dalam sistem Demokrasi Pancasila ini kelebihan (sisi positif) sistem demokrasi dicoba untuk ditambah dengan kelebihan (nilai positif) Ideologi Pancasila. Dan juga sebaliknya. Contoh; Dalam pemilu yang demokratis, di Indonesia tidak diperbolehkan menyinggung SARA sebagai suatu komoditi politik. Hal ini beda dengan apa yang terjadi  pada Amerika pada pilpres yang demokratis beberapa waktu yang lalu.
3. Kenapa kita perlu mempelajari dan mendalami tentang Pancasila? Jelaskan!- Karena Pancasila merupakan tata cara pandang kebangsaan yang dianut Bangsa Indonesia. Dengan mempelajari dan mendalami Pancasila berarti kita turut dalam mengawal dan sebagai persiapan bagik kita, para generasi penerus bangsa untuk menjalankan tongkat estafet pembangunan bangsa ini berdasarkan pada ideologi yang dianut. Yakni Pancasila.
4. Apa yang dimaksud HAM? Sebutkan pasal-pasal tentang HAM didalam UUD 1945!- Hak Asasi Manusia (HAM) ialah hak yang dimiliki setiap manusia yang lahir di dunia ini sejak lahir. HAM ini dimiliki oleh setiap manusia tanpa terkecuali. Beberapa contoh HAM; Hak berserikat, berkelompok, mengeluarkan pendapat, hak berpolitik dll. Dalam UUD 1945, pasal-pasal yang mengatur tentang HAM adalah pasal 27, 28, 29 dan pasal 31.
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :a) Lembaga Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif!- 1) Lembaga Eksekutif; Presiden, jajaran menteri. Adalah lembaga yang betrtugas sebagai pengatur roda pemerintahan dengan kewajiban menjalankan hasil (produk) hukum yang diputuskan lembaga legislatif. 2) Lembaga Legislatif; Bertugas dalam pembahasan, pembuatan dan pengesahan suatu produk hukum yakni DPR. 3) Lembaga Yudikatif; Lembaga yang bertugas sebagai "punismenter" atas pelanggaran hukum yakni Polisi, Jaksa, MA.
b) Pemilu yang LUBER dan JURDIL!- Pemilu LUBER JURDIL adalah pemilihan umum yang dilaksanakan secara langsung, umum, bersih, rahasia, jujur dan adil. Definisi LUBER JURDIL ialah pemilu yang didalamnya pemilih (konstituen) memilih sesuai kata hatinya tanpa kontaminasi lain pihak.

(Jadi berasa seperti anggota DPR kalau membahas seperti ini) Sekian dulu Ideologi Pancasila versi ngeles pada artikel kali ini. Segala penjelasan dan konten yang ada disini murni pemikiran sebagaimana yang saya pahami tentang Ideologi Pancasila. Jadi, kalau ada yang kurang berkenan dengan yang saya tulis diatas mohon koreksinya.

#deadline tugas tanggal 01.12.12 09.00AM.
#semoga Timnas Indonesia besok bisa memenangkan pertandingan melawan Timnas Malaysia. Aminn.

Tuban, 30.11.12
Qr Code Kaazima.blogspot.com

10 Komentar untuk "Ideologi Pancasila Versi Ngeles "

Wah kalo gue mah mending tidur aja #tsaah
Pertamax bukan ya?

ngeles kayak bajaiyyyyyyyyyyyyyyyy :D
.

kalo lo bahas masalah pancasila, gk bakal ada pangkal ujungnya...karena ribet banget..hahah

Siapa yang pertama kali mencetuskan pancasila? Engkaong karno pak guru hehe *bener kaga ya*

enggak dapet pertamax lagi, tapi dapet solar :P

emang berani tidur pas diajar?

wah,,, menghina ini nampaknya wkwkw

masa disamain bajaj sih

panca kebo ada tak? biar gak ribet mikirin pancasila haha

eehh maap.. bukan menghina nglawak gagal gw kayaknya wkwkwk.

hhahaha... belum bisa ngelawak tuh :P

bajaj emang gimana ngelesnya yak [belum pernah naik bajaj] XD

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top