Banyu Langsih Waterfall - Tuban - Jatim - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Banyu Langsih Waterfall - Tuban - Jatim


Yeeeyaaa... Waterfall, siapa sih yang enggak tau arti waterfall. Dari mulai anak akhil baligh sampe ababil yang udah nikah juga tau kalo waterfall itu nama beken dari air terjun.

Terus apa hubungannya sama artikel kali ini ya *mikir*. Ikutin aja artikel ini sampe tuntas deh, pasti ntar bakalan tau prolog yang enggak jelas dari gua ini mau nyampein isi seperti apa.

Banyu Langsih waterfall | Air terjun Banyu Langsih. Satu tempat yang baru pertama gua kunjungin kemaren ahad tanggal 20 (seminggu yang lalu). Sebenernya gua enggak tau kalo gua bisa nyasar kesitu. Awalnya sih gua cuma mau pergi ke rumahnya temen, tapi sama temen yang rumahnya gua kunjungin itu malah diajak ke air terjun yang namanya Banyu Langsih.

Air terjun Banyu Langsih sendiri sesuai yang dibilang temen yang rumahnya gua kunjungin adanya di Desa Boto. Menyoal nama Banyu Langsih, gua enggak tau secara pasti ya. Tapi setau gua banyu itu artinya air, sedangkan langsih sendiri merupakan kata yang baru gua tau jadinya enggak paham. Secara kasar, Banyu Langsih merupakan air yang langsih *dowengg* #sesat.

Waktu berkunjung ke air terjun itu, gua sama rombongan yang mau kesana dapet sambutan men... enggak tanggung-tanggung, gua disambut sama ratusan penyambut. Dan elu tau, siapa yang nyambut gua sama temen-temen gua? Gua disambut UJAN!... Jadi basah duluan wardrobe gua sama temen-temen gua sebelum nyemplung ke air terjun.

Pas berangkat ke air terjun Banyu Langsih, kitorang mampir dulu ke warung penjual legen sama toak. Minuman khas Tuban. Ada dua fraksi yang waktu itu beli minuman. Yang satu fraksi milih beli Toak dengan sekitar 4 orang anggota dan satu fraksi dengan anggota lebih banyak dari 4 orang milih buat beli Legen. Harga keduanya sih sama aja. Per botol minuman 1 liter dihargai Rp 7.000,00.

Fyi : Legen/Toak sendiri merupakan minuman khas Tuban yang bahannya dari sadapan nira pohon siwalan. Legen rasanya segar dan menyegarkan (Apalagi legen yang baru diambil penderas) dan setau gua legen halal hukumnya buat diminum karena tidak memabukkan.

Beda sama Toak yang setau gua haram diminum soalnya bisa ngebuat yang minum Toak jadi mabuk (mengandung alkohol). Meskipun Toak berbahan sama dengan legen, tapi karena Toak ngalamin pengolahan berbeda (dibiarkan terfenmentasi lebih lama dibanding Legen) mangkanya toak jadi minuman beralkohol yang setau gua haram itu tadi. Soal rasanya? Sampe saat ini gua enggak tau [titik].

Balik ke air terjun Banyu Langsih lagi, setelah gua sama temen-temen gua beli 2 botol (1 botol Legen dan 1 botol Toak) dan ujan udah redaan, rombongan gua langsung aja ngeloyor ke tuh air terjun.

Karena air terjun Banyu Langsih ada di Kabupaten Tuban yang terkenal sama jalan rayanya yang jos gandos, kalo elu mau pergi kesana dijamin gak bakalan kesulitan buat sampe kesono soalnya jalannya udah aspalan semua. Cuman aja, disono jalannya ruwet dan banyak belokan. Jadi ati-ati aja kalo sampe tersesat.

Sampe di air terjun Banyu Langsih, hal pertama yang gua lakuin langsung ngeluarin Samsung C332 yang langsung gua pake foto-foto yang gak jelas. Air terjun yang ada di Banyu Langsih sendiri enggak cuma satu air terjun seperti yang ada di Nglirip - Jojogan. Kalo gua enggak salah ada 3 tumpukan air terjun di Banyu Langsih, Desa Boto.

Uda ya penjelasan gua ini, laptopnya udah diminta sama yang punya. Bye... Silahkan nikmatin hasil jepretan kamera gua di Banyu Langsih Waterfall Desa Boto. Kabupaten Tuban :

http://kaazima.blogspot.com/
Sebelum sampe ke rumah temen, sempet nyasar ke tempat ginian :|

http://kaazima.blogspot.com/
Gelas tradisional minuman toak/legen, it's named CENTHAK . Terbuat dari potongan bambu.
 
http://kaazima.blogspot.com/
This is it! Ini yang namanya legen Mblo *ehh*. Gua sensor merk botolnyah.

http://kaazima.blogspot.com/
Ini lah dia, Banyu Langsih Waterfall. Kalo elu perhatiin, itu air terjun bertingkat ada tiga.

http://kaazima.blogspot.com/
Bebatuannya gede-gede . Soalnya emang berada didaerah perbukitan.

http://kaazima.blogspot.com/
Dua air terjun bagian bawah. Keduanya engga terlalu tinggi.

http://kaazima.blogspot.com/
Air terjun bawah sebelah kiri and air terjun utama terlihat samar.

http://kaazima.blogspot.com/
Air terjun bawah sebelah kanan Zoomed In.

http://kaazima.blogspot.com/
Keliatan air terjun yang bawah samar-samar.

http://kaazima.blogspot.com/
Aliran arus air terjun bawah bagian kiri.

http://kaazima.blogspot.com/
Tuh kan, ada dua air terjun dibawah. Yang atas enggak keliatan.

http://kaazima.blogspot.com/
Hahaha... ini gua sensor soalnya lagi pada berenang tanpa baju. Dibawahnya dua air terjun bawah. Dalem banget lho, awas kelelep.

http://kaazima.blogspot.com/
Keren kan? Siapa dulu fotografernya *ehh*.

Sebenernya gua pengen dapet foto air terjun yang paling atas sih. Tapi karena udah tergoda buat segera nyemplung ke air dan juga buat nyampe ke air terjun paling atas menurut gua susah. Jadi ya... Gua enggak bisa dapetin foto-fotonya buat dipajang dimari.


Selamat hari senin.

40 Komentar untuk "Banyu Langsih Waterfall - Tuban - Jatim"

oh legen itu minuman dari tuban ya? kirain dari daerah sekitar pantura aja...

gue kira ratusan penyambutnya apaan, ternyata UJAN... haha

wah... masih alami banget ya :o sepi gitu... kesini sendirian aja mblo? hahaha

saya malah penasaran dengan Legen nya. Apakah sama dengan jenis minuman ciu dari daerah saya? Dan apakah Legen bisa membuat saya terbang ke langit ke tujuh untuk memetik beberapa rahasia Tuhan yang selalu melahirkan tanda tanya sob?

itu aernya udah ada mereknya yak?? keren amat

wah, asari banget tempatnya, ceritanya jadi backpekker ya?

panorama alamnya bener2 masih terlihat alami yah mas

"Toak" kalo berdasarkan bahasa daerah Lombok artinya "Tua" :D
Kalo di sini, minuman dari nira namanya "Tuak", halal dan ga bikin mabuk :D

Aaaak kemarin Minggu juga gue main ke air terjun..
Keren air terjunnya :D

Berasa dingin dan nyaman melihatnya (@,@)/

Enak ra ... di sambut hujan. Di Tuban jarang hujan tho ... ? :3

Dulu pas kecil masih di kampung aku juga sering minum air nira yang dijual bapak-bapak pake bambu, manis-manis gitu :)
Ngeliat fotonya jadi ingat masa-masa di kampung dulu :)

seger dah klo kesana , beredendam pagi'' ... WOW ademm

subhanallah masih ada ya tempat asri kaya gitu ... ditempat gue udah tercemar limbah pabrik zim -_-

Brrrrr berasa pengen berbasah ria di aer terjun...
-(^,^-) (-^,^)-

enak banget tuh kalau berenang disitu..haha

btw, phon siwalan itu seperti apa ya? baru dengar nih :D

Berkunjung kawan..keren nie artikelnya..salam kenal..;D

mata langsung fresh ngeliat gambar itu, untung lu gak nunjukin foto lu .
soalnya itu bikin mata gua sepet *eh haha.
"toak" itu tuak ya ? kalo di gua itu memabukkan loh .

wah, asri gitu ya walopun air terjunnya nggak yang tinggi gitu..taku pingin ke air terjun yang tinggggi,
alam memang indaaaaah, terus juga masih lum banyak pengunjung gitu ya:)

kalo di bali namanya tuak .__.
itu sejenis arak gitu kan
yagitu deh gue gatau jg :|
dih itu kaya prosotan gt waterfallnya wkwk

ahihihi.. disambut ratusan penyambut dong... dari Tuban aslinya toak itu mah

harusnya sama kamu ya biar enggak sendirian *ehh

wah, maksud dari ke langit ke tujuh itu sendiri kurang paham ya... kalo yang aku ketahui sih, legen itu minuman semi toak yang belum memabukkan peminumnya gitu

iya airnya, legen atau toaknya belum

sepertinya begitu untuk kemaren aja,,, ayo berkunjung ke banyu langsih

air terjun mana? ahhh kok g ajak2 sih..

kalo tuak itu mungkin yang di Tuban dinamain Legen :)

di Tuban kadang jarang kadang sering... yo mantep tho... sambutan istimewa lho :D

balik ke kampung lagi aja :)
biasanya emang dijajain seperti itu,., pake bambu2 yang dinamain Centhak kalo di Tuban

yoyoi mamen,,, pasti itu. dingin malah

wah... bahaya tuh kalo sampe udah tercemar limbah.. emmm,, pindah ke Tuban aja gita :D

ayooo... monggo2 berbasah di air terjun banyu langsih :)

dalem banget tapi tuh sungai... tunggu di blog ini aja deh, entar insyaallah ada kok artikel tentang siwalan :)

toak itu yang memabukkan, disini yang namanya toak juga memabukkan kok.. kalo yang enggak memabukkan itu legen.. beda tempat beda pula ikannya *lhoh*..

Pasti jomblo ya... takut naksir sama aku ya...

ayo sama aku aja ke air terjunnya :D

indah banget, pengunjungnya masih sepi, dan karena masih sepi maka tempatnya masih asri dong :)

emang mirip prosotan kok bang, mau bukti? coba aja kesana,,, mungkin sama antara toak dan tuak, perbedaan cuman pada masing-masing bahasa aja :)

cuma pengen tahu, asli kuper, f y i itu apaan ya hahaha

kasihh tau gag eyaa... emmm kasih tau deh... Fyi itu ==== for your information, paham anak2

Uapik lokasine,, kepingin dolen kesana.., dari arah bektiharjo terus kemana ya mas..???

bektiharjo ke arah barat mas,,, menuju arah merak urak

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top