Donor Darah Yuk... - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Donor Darah Yuk...

Selamat hari kamis... :) Jangan lupa nanti jam dua siang ada praktikum pemrograman dasar.


Donor Darah Yuk... Saya ingin berbagi sedikit mengenai pengalaman saya menjadi pendonor darah pada kantor cabang PMI Tuban.

http://kaazima.blogspot.com/
Darah Penyelamat Jiwa : Persyaratan untuk menjadi pendonor darah.

Ini merupakan pengalaman kemarin ketika saya donor darah untuk yang kedua kalinya pada kantor Palang Merah Indonesia (PMI). Pengalaman yang menurut saya begitu berkesan karena pada donor darah  tersebut selain saya memberi (donor; darah), saya juga menerima "sesuatu" dari kegiatan donor darah yang saya lakukan. Sesuatu yang sebelumnya tidak pernah saya bayangkan.

Awal mulanya sih saya kemarin berkegiatan mengurus Sim C di Polres Tuban. Namun karena pengurusan Sim yang terpotong-potong (jam 8-11 tes praktek) dan tes jalan raya (jam 12-selesai). Maka saya putuskan untuk menuju ke kantor PMI cabang Tuban yang tidak jauh dari Kantor Polres Tuban dalam rangka donor darah sebelum kembali ke kos menunggu jam 12 tiba.

http://kaazima.blogspot.com/
Alamat kantor cabang PMI Tuban : Jl. Pramuka No. 2

Dengan perasaan gembira (karena lulus tes praktek Sim C), setelah keluar dari area Polres, saya langsung menuju kator PMI dan masuk kedalam ruang loket pendaftaran donor darah digedung yang lokasinya berada di Jl. Pramuka No. 2 Tuban.

Diloket tersebut saya menyodorkan kartu pendonor yang sudah saya punya. Dan tak lama kemudian petugas PMI dengan warna pakaian khas putih (sucinya) mengantarkan saya pada ruang pengambilan darah.

http://kaazima.blogspot.com/
Suasana ruang donor PMI cabang Tuban : Bersih, luas dan sepi.

Pada ruangan yang baru pertama saya masuki ini (sebelumnya saya donor dikantor PMI cabang Bojonegoro) kesan pertama yang saya rasakan adalah ruangan yang megah dan bersih. Berbeda sekali dengan kondisi kantor PMI Bojonegoro yang meskipun sama-sama bersih namun ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan kantor cabang PMI Tuban ini.

http://kaazima.blogspot.com/
Tampak depan kanan dari kantor cabang PMI Tuban : Arsitektur megah dengan kesan kuno (dari gambar kalender).

Secara standar, setelah mendaftar dan berada diruang pengambilan darah saya diminta rebahan pada kasur yang sudah disediakan untuk "menikmati" pengambilan darah yang akan diambil dari lengan kanan. Dan pada waktu donor yang kira-kira selama 15 menit, fikiran saya melayang-melayang berfikiran tentang PMI cabang Tuban yang dengan gedung megahnya namun begitu kosong melompong. Sedikit sekali yang antre untuk donor darah (bahkan kemarin hanya saya sendiri yang donor).

Pada saat-saat itu pula saya sedikit bertanya pada petugas tentang donor darah.

"Kalau belum makan (sarapan) boleh donor atau tidak bu?". Tanya saya.
"Kalau masih pagi sih boleh, namun kalau siang ya harus makan dulu. Takutnya nanti tidak kuat, malah pingsan". Jawab petugas setengah baya yang saya tanya.

Emmm, ilmu baru nih. Ternyata donor darah itu boleh dilakukan meskipun seorang pendonor belum sarapan atau belum makan. Jadi, bagi yang ingin donor darah dipagi hari jangan khawatir dilarang mendonorkan darah kalian hanya karena kalian belum sarapan pagi.

http://kaazima.blogspot.com/
Tampilan muka depan kantor cabang PMI Tuban : Foto langsung, lebih bagus menurut saya dibandingkan foto pertama. Arsitektur kuno.

Setelah 15 menit, kantong darah pun penuh dengan darah saya yang begolongan O lalu jarum suntik pada lengan kanan saya dicabut. Bekas jarum suntik yang ditancapkan untuk mengambil darah tadi berikan kapas dan saya diminta merekatkan antara tangan dan lengan supaya kapas tidak jatuh dan darah yang keluar dari bekas jarum suntik segera mampet.

Darah mampet, oke beres! Tinggal menunggu petugas untuk melepas kapas yang tadi dikempit untuk dilepaskan dan diganti dengan plester. Donor darah selesai :)

http://kaazima.blogspot.com/
Setelah darah mampet, diplester agar tidak infeksi atau hal lain yang tidak diinginkan.

Ehhh, namun tunggu dulu. Ternyata donor darah saya kemarin belum selesai. Setelah plester direkatkan, secara standar harusnya kartu pendonor saya dikembalikan dan saya diberi obat penambah darah sekaligus snack (snacknya dimakan, obatnya diabaikan.hehehe). Keduanya (kartu donor dan snack) sudah disiapkan diatas meja, tinggal ambil pikirku.

http://kaazima.blogspot.com/
Selain mendapat snack, juga diberi sepucuk kalender :)

Tetapi ternyata tidak begitu. Petugas PMI ini malah masuk kedalam ruang kantor dan meminta saya untuk menuggu dahulu. Saya akan diberi kalender kata petugas tadi. Beliau masuk kedalam ruang kantor, keluar dengan membawa gulungan kalender untuk diberikan kepada saya. Senang dan berkesan sekali rasanya donor darah kemarin di PMI Tuban. Mendapatkan ilmu baru tentang hukum makan dahulu sebelum donor, dapat snack dan yang terakhir dapat sebuah kalender. 

http://kaazima.blogspot.com/
Tampilan awal kalender dari PMI cabang Tuban : Tidak pernah berfikiran akan mendapatkan kalender dari kegiatan donor darah kemarin.

Tetapi dibalik kesan positif yang saya dapatkan, saya juga mendapat kesan negatif. Apa iya, masyarakat Tuban jarang ada yang mau donor darah sehingga kantor semegah itu menjadi melompong atau saya yang salah jam sehingga pada saat kemarin saya donor, kantor tersebut begitu kosong. Entahlah...

Di akhir artikel ini saya ingin mengajak semua lapisan masyarakat untuk turut dalam berpartisipasi mendonorkan darah pada kantor cabang PMI dikota masing-masing. DONOR DARAH YUK....

Shallallahu'ala Muhammad, Shallallahu 'alaihi wasallim. Selamat hari maulud nabi.

Setetes Darah Anda Sangat Berarti.

53 Komentar untuk "Donor Darah Yuk..."

saya ga bisa donor darah zim.. padahal darah saya golongannya langka nih, AB.. HB rendah mulu, ga pernah bisa tiap mau donor :(

wah, kamu udah terbiasa donor darah ya?
aku belum pernah sama skali yang namanya donor darah..
pengen sih sebenernya buat donor darah, tapi aku darah rendah..

mungkin orang yang kayak seperti lo hampir punah zim, makanya harus dilestarikan. gue aja sampai sekarang belum pernah ngerasain gimana nikmatnya darah gue disedot, boro-boro donor, golongan darah gue aja gue ga tau.

gue jaid curiga kenapa lo jadi mau donor, lo pasti ngincer snacknya kan, uang lo dikanting udah habis, makanya jalan terakhir biar bisa ngasih makan anaconda diperut lo dengan cara donor darah? semoga aja ga seperti yang ada dipikiran gue.

Aku belum pernah donooor T_T
ditolak mulu kalo donor T_T

Perasaan ane belom pernah donor danar tuuh..!!
HAduuh jadi tersentuh , pengen nyoba niy :D

gue pengen, tapi takut. hehehe...
lagian gue belum cukup umur..

Mubazir (lah?) banget tuh kantornya gede, tapi kosong isinya. Semoga kedepannya banyak yang mau berdonor darah lagi. Yey

aku blum pernah donor darah, tapi kalo ada waktu nanti aku donor darah deh hehe..nice sharenya kawan

Regards
-venomia-

sabar... yang penting sudah ada keinginan donor darah berarti itu sudah bagus.. paling tidak lebih baik

waduh, darahnya dinaikin dong... minum penambah darah atau apa gitu :)
biar suatu saat bisa ikutan donor darah..
aku baru 2 kali ini kok

hmm bisa jadi juga karena kurang sosialisasi untuk donor darah dari PMI Tuban...jadi banyak masyarakat Tuban yg belum ngeh sama fasilitas dan pentingnya donor darah...kalau di kampus saya ada program rutin donor darah dari PMI (jadi PMI jemput bola ngedatengin para calon pendonor darah) dan alhamdulillah engga sepi2 amat..

kadang pengen juga sih donor darah, tapi aku takut sama jarum :(

aku pengen donor darah,tapi ga boleh-,-"

aku belum pernah Donor darah ,
aku jadi ngilu baca post ini hih serem
takut aku di donor ngilu badanku baca post ini *diulang biar greget

kurang cukup umur nih aku ,
wih klo dikasih snack bgituan dengan gratis enak deh setiap tahun pingin donor hohoho

sampe saat ini aku belum tau darahku masuk ke golongan apa Zim, hadeww
aku juga takut sama yg namanya jarum suntik, sampe skg blm pernh namanya donor darah :(

hebat kamu Zim, berani. salut deh, smg bermanfaat bagi sesama )

aku belum pernah donor darah Zim, km hebat ya berani, smg bermanfaat bagi sesama, sampe saat ini aku juga ga tau golongan darahku apa.. hadeww

belum pernah donor darah dan gak tau apa golongan darah saya -_____-"

wah dapet bonusnya banyak banget zim. dan itu enaknya lulius sim C. ditempat gue susah banget dapet sim C kalo ngga nyogok, gue aja harus bolak-balik dua minggu.

Gue jadi pengen donor juga nih. kalo udah berani deh. hoho

Waaahh mulia bgt lu ikhlas donor darah tanpa disuruh, hhmm smoga darah lu brmnfaat buat org lain, tapi syg bgt aku paling tkut sma yg namanya jarum, nah itu t yg sllu jdi prtimbngn aku klu mau dnor drah :'(

kalau aku pengen donor, tapi tunggu berat badan nambah 3 kg dulu deh. soalnya dari SMA sampai smester 7 berat badan cuma 53 kg :D

gue sama seperti bayu, sampai sekarang belum pernah ngerasain namanya darah gue di sedot langsung. dulu pernah sih tapi itu nyamuk -__-

Wah..kalo aku belum pernah donor darah.
Maklum , tekanan darah rendah..

Btw rajin2 aja donor darah..
Hal yg mulia :)

wah, kalendernya bagus! kmrn aku dapet jelek banget. aku dah 10 kali ikutan donor nih...

waah awakmu mari gaw e sim C donor darah to? paling o kuwe bentuk tobat mari nyogok polisi ben sim mu dadi to

emang kurang keren kamu itu kalo belum donor darah....

oohhh.. tidak seperti itu adanya, aku mah donor darah kemaren karena lulus sim c tes pertama sama karena sudah janji pada diri sendiri

lha kok... kenapa ditolak kalo mau donor?
baru tau kalo ada yang ditolak

Aminn...

moga aja setelah ini kantor PMI cabang Tuban jadi rame :)

ayo... donor darah

mungkin juga bisa seperti itu... di PMI cabang Tuban, dikalender yang kemarin diberikan kepada aku juga ada foto PMI pas waktu jemput bola di SMK N 1 SINGGAHAN :)

semoga setelah ini jadi banyak yang mau donor darah

ayolah mulai, jangan takut jarum... kamu pasti bisa

siapa-siapa yang enggak ngebolehin

ah, ayolah... gak papa kok donor darah itu...

wah2.. golongan darahnya aja enggak tau :|

donor donor,, ayo donor darah biar tau rasanya menjadi donatur darah :)

Alhamdulillah diberi keberanian :)

wah... sampeyan bukan orang satu2nya yang belum donor darah atau belum tau golongan darahnya... seingetku di komentar artikel ini ada 3 orang plus sampeyan..

Ayo donor darah :)

hohoho... cepetan donor.. masa cowok nunggu berani dulu sih kalo mau donor darah

AMinnn :)

wah, harus dilawan dong takut jarumisisme... ayo dilawan, pasti bisa :)

waduh... kalo aku udah diatas itu berat badanku :)

ahihihihi... keren,,, donor darahnya langsung sama penerimanya .. langsung ke nyamuk :D

iya :)

wah2, kenapa tuh kok bisa tekanan darah rendah ya mbak'e... harus diobatin tuh

ora i,, sim ku durung dadi... sing neng nduwur iku lulus praktek 1.. praktek 2 gagal, durung dadai simku

waoWW... aku kalah 8 rek... iya dong bagus dong, kan di Tuban geto lhoHH

Mulia sekali tingkahmu nakkk...
Lanjutkan,,!!!!
Indonesia akeh bocah pinter hati mulyo kotok koe insyaolloh roto sak nduunyo aman tentram bagio matt,,
:D

Lanjutkan!!! ahiihi
semoga saja banyak yang seperti sampeyan omongin :D

lanjutkan pokoknya

iya jujur mpe skg aku ga tau golongan darahku apa hehehhee

wah2... harus segera tahu golongan darah kamu nih kamunya

pengen sih saya ikutan donor darah, tapi saya takut sama jarum suntik mas

harus enggak takut dong mulai sekarang

Bisa Kirim Foto Kalender di Setiap Lembarny??

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top