Rambu Isyarat Polisi - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Rambu Isyarat Polisi

Selamat hari selasa. How beautiful today for you? Semoga hari selasa ini menyenangkan bagi semuanya. Baik bagi yang sudah punya pacar maupun yang masih jomblo *ehh*.

***

BTT (back to topic). Rambu Isyarat Polisi merupakan rambu yang dibuat/dilakukan dengan gerakan-gerakan tangan menggunakan aturan tertentu untuk mengatur lalu lintas. Rambu-rambu dengan jumlah 12 + 1 ini merupakan standar Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) untuk pengaturan jalan raya.

Kegunaan rambu isyarat ini selain untuk mengatur lalu lintas agar lancar, biasanya beberapa dari rambu isyarat ini juga dipergunakan pada tes jalan raya sebagai syarat untuk dapat memiliki sim golongan C. Jadi, ada perlunya (sangat diperlukan) bagi pengendara kendaraan yang ingin mendapatkan sim C  (maupun pengendara jalan raya pada umumnya) mempelajari isyarat-isyarat berikut ini.

Isyarat tangan kanan dari 90 derajat menuju 45 derajat
disertai tiupan peluit Priiit Priiit...  Priiit Priiit... Priiit Priiit...:
KENDARAAN DARI DEPAN DIHARUSKAN
MENGURANGI KECEPATAN.

Tangan kanan petugas seperti gambar diatas disertai
 tiupan peluit Priiit... : SEMUA KENDARAAN
(ARUS LALU LINTAS) HARUS BERHENTI.

Gerakan pada gambar diatas disertai tiupan
peluit Prit Prit Prit...Prit Prit Prit...Prit Prit Prit... :
KENDARAAN DARI ARAH KANAN HARUS DIPERCEPAT.

Gerakan seperti diatas plus tiupan peluit Priiitttt.... :
KENDARAAN DARI DEPAN HARUS BERHENTI.

Isyarat tangan kiri dari 90 derajat menuju 45 derajat
disertai tiupan peluit Priiit Priiit...  Priiit Priiit... Priiit Priiit...:
KENDARAAN DARI BELAKANG DIHARUSKAN
 MENGURANGI KECEPATAN.

Gerakan seperti diatas plus tiupan peluit Priiitttt.... :
KENDARAAN DARI BELAKANG HARUS BERHENTI.

Pritt Pritt... Pritt Pritt... Pritt Pritt... Pritt Pritt... pus gerakan seperti
diatas: KENDARAAN DARI ARAH KANAN HARUS JALAN.

Gerakan diatas dan tiupan peluit Priitt.... : KENDARAAN DARI
ARAH HADANGAN HARUS BERHENTI
.

KENDARAAN DARI ARAH DEPAN DAN BELAKANG HARUS
BEHENTI
: Gerakan diatas plus  tiupan peluit Priittt.... 

Pritt Pritt... Pritt Pritt... Pritt Pritt... Pritt Pritt... pus gerakan
seperti diatas: KENDARAAN DARI ARAH KIRI HARUS JALAN.

Pritt Pritt... Pritt Pritt... Pritt Pritt... Pritt Pritt... pus gerakan seperti
diatas: KENDARAAN DARI ARAH KANAN DAN KIRI HARUS JALAN.

Gerakan pada gambar diatas disertai tiupan peluit
Prit Prit Prit...Prit Prit Prit...Prit Prit Prit... :
KENDARAAN DARI ARAH KIRI HARUS DIPERCEPAT.

Dan isyarat yang satunya adalah gerakan buka-kepal tangan Petugas Polisi tanpa tiupan peluit yang artinya KENDARAAN HARUS MENYALAKAN LAMPU UTAMA DISIANG HARI.

Lhoh... Kok jadi artikel seperti ini ya? *bingung*. Artikel ini sekedar berbagi info dari saya yang tadi pagi menjelang siang baru saja mendapat Sim C dari Polres Tuban setelah beberapa kali gagal dalam ujian tes jalan raya I dan tes jalan raya II yang diantaranya disebabkan karena saya tidak (belum) mengenal, memahami dan mengerti Rambu Isyarat Polisi diatas. [sumber gambar].

47 Komentar untuk "Rambu Isyarat Polisi"

sayangnya hal seperti itu banyak yang gak tau XD

kalo gak ngerti ginian bisa2 bikin kekacauan dijalan raya ya zimm...
ditempatku gak ada rambu2 lalulintas zimm.. :D
bukan kota besar sihh...

aku jarang lihat polisi gerakin tangan seperti itu ? apa polisinya males gitu ahah

kalo rambu2 biar gak gangnam style di tengah jalan apa'an ble

baru tau apa para supir ngerti?

ada test ini juga yah kirain cuman tes rambu jalan doang

cie..cie yang udah dapet sim.. :D
wah, makasih nih infonya..
soalnya saya juga pengen ngurus SIM.. :D

Hahahaha jadi berasa baca atlas bagian belakang kan ada tuh gmbr2 tuh hahaha

bener tuh,, kalo enggak ngerti terus maen slonang-slonong aja ya banyak kekacauan di jalan raya... waduh, lha terus iki piye, piye iki kalo enggak ada rambu lalu lintasnya

mungkin sudah tertata rapi lalu lintasnya.. kan udah ada lampu bang jo

itu hanya ada dalam ala mimpi orang seperti jomblo freelance seperti kamu aja

ada dong, terserah polresnya juga sihh

iya sama2 :)
alhAmdulillah yah, punya sim itu sesuatuuuu banget yang membahana cetarnya :P

monggo diuruss :)

brp duit Zim bikin sim di Tuban? saya ampe skrg blm punya sm sekali hiks

tapi kok saya jarang liat pak polisi make rambu isyarat itu ya kalo di jalan -_-

aku kayaknya juga harus mulai nyari tuh SIM C. udah 17 tahu, udah boleh nyari, kan? hehehe

Siippp info menarik buat saya yg mau tes sim c dan (kalo bs) a . Kpn2 posting yg tes sim a juga donk. [н̲̅e̲̅н̲̅e̲̅н̲̅e̲̅]˚˚°

Gerakan-gerakan dari pak polisi itu bisa dinalar kok, pengendara harusnya tahu maksudnya dengan sekali lihat.
Btw, salam kenal. :)

ciye ciye yg mau bikin SIM, apa udah dapet ???

berguna sekali sob..
apalagi gue, suka bepergian.. :P
salam kenal :)

Waa.
Lengkap ni, cocok dibaca buat yang mau ujian sim C.
biar pada lulus gak pake nyogok.

klo di tempat yang rame dan macet biasanya polisinya bertugas kayak gini, klo rambu2 lancar biasanya polisi duduk di pos, ehheheh

pantesan mijon ganti iklannya yak .

(ada yang inget gak ?)

Haha, sya sih klau ketemu polisi di jalan lebih baik sya hindari dr pd kna TILANG

nah maka dari itu lahirlah artikel ini

kalo aku kemaren sih sekitaran 150ribuan, tapi balik sampe 4 kali ke polres :D

pak polisinya udah digantiin lampu lalu lintas kok, jadi ya jarang gerak2an kek diatas tuh

udah tuh,, tapi musti punya ktp dulu kayaknya

insyaallah kalo aku juga udah dapet sim A :)

Salam kenal :)

memang bisa dinalar bang, cuman kalo pas tes sim biasanya peserta tes pada kehilangan penalaran :D

ahhh.. nggak dibaca beneran ya... udah dapet dong, emangnya situ yang jomblo g punya sim c :P

iya banget bang... kemaren aku buat sim tapi nyari info seperti diatas tuh susah. mangkan aku coba berabagi disini biar bisa pada dapet sim secara legal

hhehheheh iya tuh, kebanyakan emang seperti itu :D

mungkin juga,, gerakannya hampir mirip

makanya jngan ngelanggar peraturan atuhhh

makasih bro bermanfaat buat skripsi ane

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top