Bazaar Buku Murah Tuban 2013 - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Bazaar Buku Murah Tuban 2013

Bacalah buku, niscaya semakin engkau mengetahui bahwa engkau tidak mengetahui.
Dosen saya pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan pernah bertutur tentang habit yang dimiliki oleh orang-orang luar negeri pada negara maju. Bahwa dimanapun mereka berada pasti mereka selalu membawa buku (bacaan) untuk dibaca selama waktu senggang dari aktivitas mereka.

Ketika berada di kereta api; membaca buku, berada di pesawat terbang; membaca buku. Dan bahkan ketika akan tidur pun juga mempunyai kebiasaan membaca buku. Kebiasaan membaca buku yang patut ditiru oleh segenap lapisan masyarakat Indonesia. Karena dengan membaca buku (bacaan) lah wawasan kita akan semakin terbuka dan bisa bersaing dalam menghadapi era yang semakin menjadi satu ini atau istilah kerennya mengGlobal.

Bazaar Buku Murah Tuban 2013
Buku-buku pada Bazaar Buku Murah Tuban.
Tetapi nampaknya keinginana untuk menghabitkan membaca buku seperti yang dimiliki oleh masyarakat pada negara maju akan mengalami banyak kendala yang membutuhkan keseriusan dan ketegasan para stakeholder untuk membudayakan membaca buku. Salah satu kendala yang dihadapi untuk membudayakan membaca adalah harga buku yang relatif mahal. Apalagi harga buku perdana yang baru rilis dan menjadi best seller. Sudah pasti mahal dan terjangkau oleh sedikit kalangan saja.

Permasalahan lain untuk membudayakan membaca buku adalah televisi. Pihak pertelevisian pasti tidak akan tinggal diam jika para penikmat/penonton setia (sinetron, gosip) nya beralih menjadi pembaca buku yang tentu akan meninggalkan kesetiaan menonton sajian multimedia linier buatan mereka yang seakan berlomba-lomba memanjakan penonoton setia mereka untuk tidak berpindah channel. Pihak televisi dalam hal ini secara tidak langsung maupun secara langsung turut dalam pemenonbuyakan membaca buku pada masyarakat Indonesia. 

Permasalahan televisi mengenai sebagai salah satu penyebab sulitnya membudayakan membaca buku pada masyarakat Indonesia biarlah menjadi urusan pihak terkait yakni KPI dan Kominfo. Permasalahan harga buku yang mahal yang akan saya tonjolkan pada artikel ini dan saya berikan solusi (sesuai apa yang saya tahu dan apa yang saya pikirkan).

Find how Tubanese batik beautiful here www.batikhmsholehtuban.com

Sebuah kewajar memang, jika harga buku (terutama buku best seller) dihargai dengan harga mahal. Mengingat proses kreatif membuat sebuah buku bukanlah proses instan seperti memasak mie instan yang bisa dinikmati kurang dari 5 menit setelah pembuatan. Proses membuat karya cipta tulis  berupa buku memerlukan ketekunan dan proses panjang untuk menghasilkan karya yang berkwalitas, sesuai dengan kondisi zaman dan sesuai fakta terkait.

Namun meskipun begitu bukankah ada solusi untuk membuat harga buku yang mahal dan hanya terjangkau bagi sebagian kalangan menjadi terjangkau oleh semua kalangan? Dengan diberikan subsidi oleh pemerintah mungkin? 

Subsidi ini bisa diberikan kepada individu-individu yang memang doyan membaca buku ketika akan membeli sebuah buku berkwalitas yang tidak terjangkau olehnya. Bentuk subsidi bisa berupa pemberian diskon dan sebagainya. Atau bisa juga dengan cara pemberian hibah buku berkwalitas (yang berharga mahal) oleh pemerintah kepada perpustakaan-perpustakaan umum milik swasta maupun milik pemerintah sendiri. Hal ini untuk semakin membudayakan membaca buku dimasyarakat agar mempunyai pengetahuan dan daya saing global.

Butuh info Batik Tulis Gedog Tuban yang lengkap? [Klik disini]

Selain subsidi oleh pemerintah, salah satu cara untuk membudayakan membaca buku adalah dengan diadakannya acara-acara bazar buku murah berkwalitas. Dengan menghadirkan beragam koleksi buku berkwalitas dengan harga murah (terjangkau) tentu akan menstimulus masyarakat untuk menjadi pembaca buku (bacaan) yang aktif (hubungan bazar buku dengan keaktifan membaca adalah dengan membeli sebuah buku murah pada bazar buku, seorang pembaca lebih dapat dengan leluasa untuk membaca buku miliknya kapanpun dan dimanapun. Berbeda jika buku tersebut adalah buku pinjam dari perpustakaan misalnya). 

Bazaar Buku Murah Tuban 2013
Lokasi : Depan pintu masuk utama Gedung Budaya Loka Tuban.

Salah satu bazar buku murah untuk menstimulus masyarakat untuk berbudaya membaca yang kini sedang digelar adalah Bazaar Buku Murah 2013 yang digelar di Kabupaten Tuban. Bertempat di Gedung Budaya Loka Jl. Basuki Rahmat Tuban (dekat dengan SMAN 1 Tuban / dekat dengan Jl. Pahlawan).

Acara yang digelar mulai hari ini, tanggal 12-17 April ini diikuti oleh 50 penerbit nasional. Dengan begitu banyak penerbit yang ikut tentulah banyak pilihan buku berkwalitas yang bisa kita beli dengan harga terjangkau (murah).

Buku-buku yang ada pada event bazar kali ini menurut saya sangat lengkap. Mulai dari novel, sejarah, tips komputer, kesehatan dan percintaan semuanya tersedia dengan harga perbuku yang murah.

Bazaar Buku Murah Tuban 2013
Suasana hari pertama bazaar buku.

Nah sekarang, dengan adanya acara atau event bazar buku ini semoga pembudayaan membaca pada masyarakat Indonesia semakin merata dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang semakin cerdas dan berdaya saing global dengan budaya membaca buku (berkwalitas). Semoga.

Bazaar Buku Murah Tuban 2013
Gedung Budaya Loka Tuban, tempat diadakannya event buku murah 2013.
Bazaar Buku Murah Tuban 2013
Hanya membayar karcis parkir kendaraan. Rp 1.000,00 untuk sepeda motor.

Detail event :
Nama event : Bazaar Buku Murah Tuban 2013.
Lokasi : Gedung Budaya Loka. Jl. Basuki Rahmat (dekat SMAN 1 Tuban).
Waktu : 12-17 April 2013.
Penerbit : 50 Penerbit nasional.
Biaya masuk : Gratis.
Biaya parkir motor : Rp 1.000,00

19 Komentar untuk "Bazaar Buku Murah Tuban 2013"

wah kok sampai 17 april , jadi gak bisa hadir nih, buku sospol nya ada gak mas ?

wish! Tuban wis iso nggawe Bazaar Buku rekk :))
Lamongan kapan yo ? -__-

waaa seru tuh kayaknya. tapi sekarang buku sudah banyak yang di jadiin ebook

duhh..jauh bnget. padahal gue penikmat buku nih...

aku jarang main di acara ginian. dah ama gak baca buku sih...

yahh jauh.... dibekasi gak ada sih u.u
pasti disana banyak buku murah..

kayaknya ada mas, lengkap kok... hanya sampe tgl 17 april

sabar, semoga segeralah bero... need more time

tapi tidak atau belum banyak yg mempergunakan ebook, belum semasif penggunaan buku konvensional

kalau penikmat buku sejati beneran bisa2 jarak jauh g jadi penghalang lho

wah, padahal kemaren tak pikir kamu suka ginian

dibekasi bukannya malah bisa dapet buku murah2 ya ... kan deketnya jakarta, pusatnya penerbit buku *setauku

iya murahnya tapi buku yang lama.
kalo yang best seller masih mahal :\
btw, elu ngerequest header kan di blognya gokilanic?
kan gua admin tuh, nanti gua bikinin. okeh

sayang sekali tidak bisa hadir mas

semoga nanti kalau ada acara seperti ini ditahun2 depan bisa hadir mas

iya... ngerequest header, jadiin yg paling bagus lho ya, entar aku pasang diblogku

iya mas kalau pas waktunya. kalau di surabaya saya seneng , biasanya di bulan2 ini di gramedia expo

Gedung yang dipakai pameran inikan bekas gedung bioskop, saya pernah nonton di situ, saat masih SD

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top