Budidaya Jamur Tiram #1 Day - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

Menulis Lagi... Lagi Menulis.

Budidaya Jamur Tiram #1 Day

Budidaya Jamur Tiram #1 Day : Surga yang tercecer, itulah mungkin gambaran betapa suburnya tanah air Indonesia kita. Tongkat kayu dan batu pun jadi tanaman pada tanah subur tiada duanya yang dimiliki Indonesia. Betapa kayanya negeri ini.

*

Berbekal hal tersebut, dimulailah proyek budidaya Jamur Tiram yang dilakukan oleh kakak perempuan saya beserta suami pada hari Rabu tanggal 17/04/2013. Meskipun saya tidak turut serta dalam perencanaan proyek "raksasa" ini, tetapi sebagai anggota keluarga yang baik hati dan serta tidak sombong *eh, saya tetap ikut dalam pelaksanaan proyek yang saya (seenak saya) beri kode nama TIRAM PROJECT ini.

Proyek budidaya Jamur Tiram ini bukanlah budidaya total dari awal membuat pembibitan, perawatan sampai pemasaran Jamur Tiram. Akan tetapi merupakan proyek budidaya / perawatan (kalau budidaya sapi namanya penggemukan) "pembesaran" Jamur Tiram dari yang awalnya berupa serat-serta berwarna putih sampai menjadi Jamur Tiram siap jual.

Beli Batik Tulis Gedog Tuban disini nih  www.batikhsmholehtuban.com  

Karena bibit Jamur Tiram yang akan dirawat dan dibesarkan sampai di rumah masa kecil saya pada hari Rabu pas saya berada di rumah masa kecil saya di Desa Kedungjambe tersebut, jadilah saya ikut dalam awal pembudidayaan Jamur Tiram #1 Day dengan turut menurunkan (dowloading) bibit jamur yang siap dirawat dan dibesarkan yang beberapa waktu lalu dipesan oleh pasangan suami-istri yang merupakan kakak saya.

Ini dia TIRAM PROJECT : DOWNLOADING - Budidaya Jamur Tiram #1 Day.

1. Menurunkan bibit Jamur Tiram dari "Ondel-ondel" (Ondel-ondel merupakan nama kendaraan roda tiga yang biasa dipergunakan untuk angkutan umum di beberapa kecamatan di Kabupaten Tuban dan sekitarnya : Bukan Ondel-ondel yang boneka Betawi ) yang membawa bibit Jamur Tiram dari petani pembuat bibit jamur yang berada di Desa Saringembat, tetangga desa Kedungjambe. You know how many it's contain? Bibit jamur yang harus saya turunkan dari "Ondel-ondel" adalah 1000 botol. Dengan berat per botol kira-kira 1 kg, jadi harus bekerja menurunkan kurang lebih 1 ton bibit jamur untuk ditata pada rak perawatan / pembesaran yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Untung dikerjakan bergotong-royong oleh 4 orang, jadi tidak harus bekerja sendirian.

Budidaya Jamur Tiram, Proses Budidaya Jamur Tiram.
Bibit Jamur Tiram diangkut "Ondel-ondel" sebanyak 1000 botol.

2. Menata bibit Jamur Tiram pada rak perawatan / pembesaran jamur yang sudah disediakan. Proses menata 1 ton bibit Jamut Tiram tidak bisa dilakukan sembarangan, ada tata cara penataan letak antar larik botol bibit Jamur Tiram agar nanti pada saat panen menghasilkan Jamur Tiram yang mempunyai kwalitas bagus. Penataan botol bibit Jamur Tiram harus dilakukan berselang-seling. Jika satu larik bibit Jamur Tiram tutup botol diarahkan ke arah barat, maka penataan botol larik diatasnya dibuat dengan tutup botol diarahkan ke arah timur dan seterusnya berselang-seling. Hal ini tak lepas dari perencenaan dimasa mendatang jikalau bibit Jamur Tiram sudah besar dan siap keluar dari botol pembibitan agar tidak saling himpit.

Rak Pembibitan Jamur Tiram, Rak Budidaya Jamur.
Beberapa rak yang sudah ditempati botol bibit Jamur Tiram.

3. Penataan hampir selesai, tapi... Ternyata rak yang dipergunakan sebagai tempat untuk menata bibit Jamur Tiram tidak mencukupi untuk menampung 1000 botol bibit dengan berat 1 ton. Terpaksa saya dan suami dari kakak perempuan saya membuat satu buah rak baru untuk menampung sekitar 250 botol bibit Jamur Tiram yang tidak tertampung pada 3 buah rak yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Proses pembuatan rak ke empat tidak bisa langsung selesai dalam satu hari, harus dikerjakan selama 2 hari karena tidak bisa sembarangan membuat rak tempat menata bibit Jamur Tiram.

Gambar Jamur Tiram, Budidaya Jamur Tiram.
Bibit Jamur Tiram yang sudah ditata pada rak pembesaran : Arah penataan yang salah.

Proses Budidaya Jamur Tiram masih panjang dan akan berlanjut pada artikel berikutnya Insyaallah. Semoga usaha Budidaya Jamur Tiram yang ber kode nama TIRAM PROJECT  bisa berjalan lancar sesuai keinginan dan bisa menghasilkan Jamur Tiram berkwalitas yang nantinya bisa meningkatkan perekonomian keluarga saya pada khususnya dan masyarakat Desa Kedungjambe pada umumnya. Aminnn...

11 Komentar untuk "Budidaya Jamur Tiram #1 Day"

wah..jos...siap di kirimi iki aku

Wihh keren bibitnya di dalem botol gitu yak ._. Ditunggu nih part 2nya

pernah liat di tv sih tentang budidaya jamur tiram ini, kayaknya seru tuh, tapi ada pupuknya gtu juga kan?? hhmm 1000 itu lumayan bnyak, pastu bnyak juga uangnya tuh, sukses ya :)

nama kendaraan nya ondel2 ya, btw bukannya jamur tiram itu dari jerami padi ya ??

wah denger denger klo nyiram jamur caranya disemprot pake selang ya?

Amiin..
wah bntar jdi pngusaha sukses ne..hehe

proyek keluarga ni zim??
Kalo jamur tiram diekspor berapa kode Hs nya ayoo?? :D

Belum pernah liat budidaya jamur gini sih ditempatku...
Semoga proyeknya sukses zim...

wah kakak sama suami keren lah deh, berbekal pepatah btapa subur dan kayaknya negeri dan tanah Indonesia jadi melahirkan ide buat bisa usaha macam itu. semoga berhasil dan jamurnya beranak pinak dan tabungannya beranak cucuuu..:D

gitu ya prosesnya. tau makannya aja sih hahaha
memang enak itu jamur. apa lagi kalau di goreng pakai tepung. hmmmm

sodara aku juga budidaya jamur tiram :D

jamur enak ya? rasanya kayak gimana sih --'

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top