Istilah-istilah Multimedia - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Istilah-istilah Multimedia


Nama : Ahmad Mu'azim Abidin
NPM : 141212...
Angkatan : TIF/12A


Istilah-istilah Multimedia :

1. Multimedia : Merupakan penggabungan dari teks, gambar, gambar bergerak (video) dan suara secara langsung/bersamaan pada sebuah file multimedia. Multi berarti banyak, media berarti perangkat atau alat untuk mempresentasikan informasi.

2. Teks : Jenis media untuk menyampaikan informasi secara tulis. Media teks ini menjadi salah satu media yang paling berperan pada penyampaian sebuah informasi pada file multimedia.

3. Gambar : Jenis media yang memanjakan user dengan tampilan yang lebih bervariasi dibandingkan media teks. Gambar bisa berasal dari foto maupun hasil sketsa/menggambar. Tak jarang, media gambar diintegrasikan dengan medai teks sebagai penjelas apa yang disampaikan oleh sebuah gambar pada file multimedia.

4. Gambar Bergerak (Video) : Merupakan sekumpulan gambar/foto yang mempunyai saling hubung dan kontinuitas antara satu "frame" gambar dengan frame gambar selanjutnya. Video memiliki satuan kualitas berdasarkan seberapa banyak frame/gambar yang saling terhubung salam satuan waktu tertentu (fps : frame per second).

5. Suara (audio) : Media yang dipergunakan untuk menstransmisikan informasi dalam bentuk suara yang telah direkam sebelumnya. Suara yang direkan ini dihasilkan baik oleh vokal maupun instrumen yang meghasilkan suara sebagai informasi. Satuan yang dipergunakan file audio sebagai bagian file multimedia adalah bitrate per second (bps).

6. Animasi : Mirip seperti video, animasi juga merupakan gambar bergerak pada suatu file multimedia. Perbedaan animasi dan video lebih pada pemahaman umum tentang animasi yang merupakan hasil penggambaran dari tiap frame sedangkan video lebih kepada foto atau kumpulan foto yang dihasilkan secara alami dengan bantuan alat perekam video : Kamera pocket, kamera video handphone dsb.

7. Multimedia Interaktif : Jenis multimedia yang mengajak user untuk memasuki dunia multimedia dengan cara memberikan intervensi/kontrol. Contoh : Game PES dsb.

8. Multimedia Hiperaktif : Jenis ini diatas jenis multimedia interaktif. Dimana user bisa berpindah dari satu elemen ke elemen lain yang terstruktur dan terkait. Contoh multimedia hiperaktif adalah file multimedia pada World Wide Web.

9. Multimedia Linier : Jenis multimedia yang tidak mengajak file multimedia untuk dikontrol oleh user. Jenis multimedia linier seperti ini antara lain dipergunakan dalam penyajian acara sarana hiburan seperti film.

10. JPEG : Merupakan standar atau format file multimedia dalam bentuk grafis (gambar/foto).

11. MPEG : Jenis ekstensi file multimedia berupa audio/video.

12. Presentasi Multimedia : Kegiatan mempresentasikan/menyajikan suatu file multimedia pada khalayak.

13. Render : Pengubahan (pembuatan) file image/gambar menjadi file animasi/video. Render = membuat, pembuatan. Untuk merender file image menjadi file audio/video dibutuhkan software khusus semacam Blender, AutoCAD dsb.

14. DPI (Dot Per Inch) : Titik per inchi atau dot per inci merupakan standar kualitas dari suatu file multimedia berupa grafis (gambar/foto). Semakin besar tingkat DPI maka semakin rapat/terlihat jelas karakter yang ada pada gambar/foto.

15. FPS (Frame Per Second) : Merupakan satuan banyaknya file gambar/foto yang saling terhubung menjadi sebuah video dalam satuan detik. Semakin besar nilai FPS semakin bagus/tidak patah-patah kualitas playback dari file video.

16. Piksel : Komponen warna yang membentuk suatu foto/gambar. Semakin besar nilai piksel maka semakin bagus kualitas file multimedia seta semakin besar media penyimpanan yang harus kita sediakan untuk menampung file multimedia dengan piksel yang banyak.

17. HD/1080P : Merupakan standar resolusi suatu file multimedia paling baik saat ini. Resolusi HD/1080P ini akan membuat file multimedia gambar/video nampak seperti aslinya (sepeti apa yang dipandang mata).

18. Lightscribe : Teknologi penulisan/penggambaran kepingan luar dari suatu compact disk (CD) maupun DVD.

19. Convert : Suatu tindakan mengubah ekstensi file multimedia dari satu bentuk ekstensi ke bentuk lainnya. Contoh dari ekstensi .mp4 akan diconvert menjadi berekstensi .mp3. Beragam software converter ada yang berbayar dan ada pula yang gratis.

20. CD/Compact Disk : Kepingan cakram (disk) yang bisa dipergunakan sebagai media penyimpanan file multimedia. Penulisan file multimedia kedalam CD dinamakan burning.

21. DVD : Pengembangan dari Compat Disk. Pada DVD, data yang disa dimipan lebih besar dan kualitas yang lebih bagus dalam penyimpanan menggunakan DVD.

22. OCR : Optical Character Recognising, suatu metode pengenalan karakter yang ada pada file gambar. Dimana huruf/karakter dalam bentuk image akan dicoba dikenali dan diubah kedalam bentuk teks.

23. Merger : Penggabungan dari dua atau lebih file multimedia menjadi sebuah file multimedia baru kolaborasi dua atau lebih file multimedia sebelumnya.

24. Broadcasting : Penyiaran file multimedia kepada khalayak ramai. Penyiaran ini bisa menggunakan media televisi maupun media video berbasis web.

25. Queue : Mengantrikan sebuah file multimedia untuk dimainkan pada software pemutar file multimedia seperti : Winamp, Apple Quick Time, WMP dsb. Pengantrian atau Queue akan membuat sebuah file multimedia akan dimainkan setelah selesai file sebelumnya.

Selain belajar Istilah-istilah Multimedia, kalian bisa belajar sedikit mengenai C++ di blog ini lho... Ini dia beberapa artikel yang bisa membantu belajar dan memahami C++ :

23 Komentar untuk "Istilah-istilah Multimedia"

wahh...komplit ya zim...gue gak ngerti beginian...tp bolehlah buat dipelajarin...ajarin gue zim...plisssss., :3

lumayan banyak istilahnya.
tapi mudah untuk diingat :D

bahasa robocop ini ya :D .

wuih... anak if juga ya

salam kenal ;D

wah asik ya kalo yg nguasai ilmu multimedia ^^

kawan boleh saya copi buat saya baca biar tau tentang istilah2 multimedia?

komplit nih istlah2 nya..

mantap deh

ajarin yg sebelah mana hayoo.. itu diatas udah bisa mewakili ke #sesatan saya insyaallah

ini belum semuanya lho... lebih banyak istilah-istilah lain dari multimedia yang mungkin jika ditulis semua beserta penjelasan bakalan jadi buku tebel

kayaknya enggak hanya robocop deh

iya bang, tif punya

salam kenal juga :)

juga menguasai ilmu yg lainnya pasti lebih asyik :)

monggo bro, feel free aja... semoga bermanfaat, copyleft

semoga bermanfaat bro... aminn


#toss

Istilahnya sering kita denger saben harinya...cuma terkadang kita ndak tau arti dan kepanjangannya...
Skrng jd..ngerti sedikit2 nih mas:)
Trims ya udh berbagi ke kia kita...

tau gak ahmad
aku sebetulnya lebih seneng istilah
sepak bola

lucu dan aneh
"pemain subur", "memperkuat lini depan", "menggaet pemain", "benteng pertahanan"

hahaha

lightcribe, FPS, OCR, Queue...cuma itu yg aku belum pernah dengar,, skrg udah paham.
tapi ampun deh kalau belajar C++, ane bukan ahli pemograman..wkwkw. tapi kalau html mungkin masih agak berminat, untuk menunjang blog..hehe

sumfeh! nggak paham sama C++ karna emang dasarny saya ank IPA -__-

ajarin yg sebelah kanan..agak kekiri dikit..jgn terlalu kekiri..kekirinya dikit aja...

*megap megap*
well, tx y udah di share, kapan2 gue mampir kemari kalo pengen nyari tahu tentang istilah-istilah multimedia.

aku malah gak ngerti banget deh!

Terimakasih ilmunya, banyak manfaatnya..... =D

akku ikutan copas yah,.
ada tugas ni dri pak prapt... :D

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top