Kendaraan Dinas Baru Ya? - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

Menulis Lagi... Lagi Menulis.

Kendaraan Dinas Baru Ya?


Kendaraan Dinas Baru Ya? - Pagi ini ketika berangkat kuliah secara tidak sengaja bersimpangan dengan sebuah mobil SUV buatan Honda tipe CR-V terbaru berwarna hitam total pada sekujur bodi. Kendaraan yang sekilas dilihat menampilkan ciri khas menyirip seperti sirip ikan Hiu pada bagian atasnya membuat konsentrasi berkendara saya sedikit banyak berkurang.

Kendaraan Dinas Honda CR-V.
Honda CR-V - Ilustrasi oleh Google.

Bukan karena keindahan bentukan mobil, atau bukan karena selama ini saya memimpikan memiliki kendaraan seperti itu. Tetapi karena satu hal krusial yang menyangkut anggaran daerah. Plat nomor kendaraan bertubuh kekar itu S 7 ER berwarna merah yang berarti kendaraan dinas. Pembeliannya dibebankan pada apbd Kabupaten Tuban.

Padahal seingat saya sebelumnya plat nomor S 7 ER terpasang pada mobil dinas merk Toyota tipe Kijang Innova keluaran terbaru. Apakah mobil Toyota Kijang Innova keluaran terbaru yang sebelumnya menjadi kendaraan dinas diganti dengan mobil Honda CR-V keluaran lebih terbaru berwarna hitam tadi, secepat itukah mobil dinas berganti update lebih ter-terbaru?

Batik tulis gedog Tuban, klik www.batikhmsholehtuban.com.

Saya sendiri tidak begitu tahu mengenai pergantian ini, apakah kendaraan lama diganti dengan kendaraan baru tadi pagi (plat nomor S 7 ER sebelumnya dipergunakan) ataukah kendaraan tadi pagi kendaraan baru tanpa menggantikan pengunaan kendaraan Toyota Kijang Innova sebelumnya (plat nomor S 7 ER sebelumnya belum dipergunakan). Tetapi yang saya tahu baik mobil Toyota Kijang Innova maupun mobil Honda CR-v yang digunakan sebagai mobil dinas pasti penganggaran biaya untuk membelinya sangat mahal dan membebankan anggaran.

Belum lagi mengenai efektivitas penggunaan kendaraan dinas "boros anggaran" tersebut. Contoh saja, jika pejabat publik yang menangani bagian transportasi umum tiap saat menggunakan mobil dinas mewah saat bepergian, bagaimana ia bisa membuat kebijakan transportasi publik yang sesuai dengan kondisi amburadul transportasi publik sebenarnya?

Sudah saatnya para pejabat pengambil keputusan untuk tidak bermanja ria diatas banyaknya kesemrawutan bidang yang dibawahinya. Jika ia membawahi transportasi, sudah saatnya saat akan berangkat ke sebuah tempat yang bisa dijangkau transportasi umum ia tanggalkan kenyamanan kendaraan dinas dan berganti mempergunakan kendaraan umum.

Tidak banyak yang saya harapkan dari move on nya pejabat publik dari mempergunakan kendaraan dinas menjadi mempergunakan kendaraan umum, hanya satu keinginan kecil jika pejabat publik bersangkutan merasakan secara langsung kesemrawutan bidang yang ia bawahi, ia bisa mengambil kebijakan yang sesuai fakta, bukan sesuai siapa yang minta...

8 Komentar untuk "Kendaraan Dinas Baru Ya?"

keren mas mobilnya, namanya juga pejabat mas, kalau pejabat mobilnya bagus itu representasi dari rakyatnya yang juga makmur, ya tho

Azim lagi demam mengkritik Pemerintah nih ...
Hm ... pemikiran mu sama dengan saya.
Yah, mau bagimana lagi seandainya jadi presiden mungkin bisa mengatur hal tersebut :D

yah emang kayak begitu sudah merajalela, bisa bisa dari mobil denas bisa menjelma menjadi mobil pribadi yang punya mobil dinas. errr...

Presidennya kurang ketat

waduh, bisa begitu juga ya heheheh... tapi mungkin representasi rakyat harus lebih dari kepemilikan mobil dinas aja

ayo, makanya jadi presiden... susah kalo ikutin perkembangan kyk diatas tuh, kadang2 enggak nyampe deh otakku ngikutin mereka dngn kendaraaan dinas yg baru gitu

kemungkinan juga bisa kayak gitu, semoga saja bisa sesuai peruntukannya deh ya....

sepertinya enggak bisa menyalahkan presiden, penggunaan anggaran bukan pada presiden kalau untuk daerah otonomi

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top