Pengantar Bisnis (Tugas) - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Pengantar Bisnis (Tugas)



SOAL!

1. Apakah keuntungan yang di peroleh jika kita bekerja untuk orang lain di dunia usaha atau bisnis di perusahaan-perusahaan besar ?

Keuntungan yang akan kita peroleh dengan bekerja pada orang lain pada suatu bidang usaha adalah kita bisa merasakan bagaimana pahit-manisnya membangun/membuat sebuah usaha untuk terus survive menghadapi pesaing dan menghasilkan profit tanpa kita harus mengeluarkan modal pribadi dan tanpa takut dengan resiko kebangkrutan sebuah usaha milik orang lain yang menjadi tempat kita bekerja. Selain itu kita juga bisa memperoleh relasi kerja yang nantinya akan bisa menjadi relasi usaha milik kita sendiri jika suatu saat kita memutuskan untuk berhenti bekerja pada orang lain dan membangun bisnis/usaha kita sendiri.

2. Bagaimana cara pemerintah mempromosikan kewirausahaan/bisnis ?

Beragam cara dilakukan pemerintah untuk mempromosikan kegiatan kewirausahaan atau bisnis agar lebih banyak penduduk Indonesia yang memilih membangun usaha sendiri (berwirausaha) daripada menjadi pegawai pada pemerintahan atau pada swasta. Beberapa cara promosi yang dilakukan pemerintah antara lain melalui beragam event pameran kewirausahaan, diskusi kewirausahaan dan seminar-seminar dengan tema yang mempromosikan keunggulan berwirausaha. Selain itu juga dilakukan ajang pemberian penghargaan kepada para pelaku wirausaha yang berprestasi sebagai stimulus pembangkit gairah masyarakat untuk berwirausaha dan juga sekaligus mempromosikan kewirausahaan/bisnis.

3. Sebutkan apa saja faktor faktor yang umumnya di gunakan untuk mendukung adanya suatu kegiatan produksi ?

Faktor yang dipergunakan dalam mendukung kegiatan produksi antara lain : Faktor tenaga kerja, faktor modal, faktor sumber daya fisik, faktor kewirausahaan (entrepeneurship) dan faktor sumber informasi.

4. Jelaskan kelompok apa saja yang di anggap sebagai pemegang kepentingan dan pemangku kepentingan yang dianggap paling penting untuk bisnis ?

- Pemerintah : berhubungan erat dengan kelancaran bisni/perusahaan yang akan kita dirikan dalam hal terkait perizinan untuk mendirikan perusahaan.
- Pemilik Modal : terutama bagi para pelaku usaha yang belum memiliki modal. Para pemilik modal rela memberikan pinjaman modal kepada para wirausahawan dengan beberapa prosedur yang harus dijalani  dan dipenuhi wirausahawan.
- Supplier : jika perusahaan yang kita dirikan bukanlah produsen, maka supplier ini merupakan salah satu pemangku kepentingan yang penting bagi bisnis kita. Karena tanpa supplier sangat sulit untuk melangsungkan life cycle perusahaan.

5. Sekolah-sekolah umum, asosiasi sipil, dan lembaga amal termasuk organisasi nirlaba, apa organisasi nirlaba itu ?

Organisasi nirlaba adalah organisasi kemasyarakatan yang didirikan untuk fokus pada sebuah aksi tertentu yang dibangun tanpa keinginan untuk memperoleh laba. Dana kegiatan yang dilakukan oleh organisasi nirlaba didapatkan dari para donator yang secara ikhlas menyumbang untuk keberlangsungan suatu organisasi nirlaba.

6. Apa yang dimaksud dengan profit ?

Profit = Untung, merupakan hitung-hitungan matematis yang dipergunakan untuk menggambarkan kondisi dimana sebuah perusahaan/bisnis mendapatkan nilai masukan (pendapatan) lebih banyak dibandingnya nilai output (pengeluaran).

7. Sebutkan salah satu cara untuk sukses dalam bisnis ?

Bekerja giat, keras, disiplin dan pantang menyerah.

Iklan >> Toko online Batik Tulis Gedog Tuban : Batik Tulis Gedog HM. Sholeh

8. Apakah yang dimaksud dengan stakeholders ?

Para pemegang kekuasaan atau mereka yang terkait atas suatu hal/keadaan tertentu. Contoh stakeholder dalam lingkup kelancaran kegiatan perkuliahan adalah mahasiswa, dosen, asisten dosen sampai rektor.

9. Apa maksud dari outsourcing ?

Outsourcing adalah kegiatan mengalihkan sebagian atau keseluruhan dari proses produksi sebuah perusahaan kepada perusahaan rekanan yang memiliki spesialisasi tertentu yang tidak dimiliki oleh perusahaan pemberi outsourcing. Sistem alih daya adalah nama lain dari sistem outsourcing dalam dunia bisnis.

10. apa perbedaan antara pendapatan dan laba ?

Pendapatan merupakan seluruh hasil yang didapat dari perusahaan/atau bisnis sebelum dipotong oleh beragam ongkos yang dipergunakan dalam proses produksi. Pendapatan masih berupa hasil kotor. Sedangkan laba, seperti profit yaitu keuntungan dalam hal ini merupakan pendapatan dikurangi biaya-biaya yang dipergunakan selama proses produksi/selama proses mendapatkan pendapatan.


Pranala luar : id.wikipedia

6 Komentar untuk "Pengantar Bisnis (Tugas)"

soalnya kok banyak ya mas 10, biasanya soal cuman 3 tapi jawabanya 5 lembar, hehe
tetep nulis tentang tuban mas, nanti aku ikuti terus tulisannya

ini tugas ya?
siapa yang ngasih tugasnya? [salah fokus] '-'V

insyaallah nanti nulis tentang tuban :)

soalnya sepuluh, jawabannya pendek2.. serasa jadi anak smk lagi hehe

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top