Pengenalan Java dan Lingkungan Kerja - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Pengenalan Java dan Lingkungan Kerja


TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN JAVA
MODUL 1

Nama :
NPM :
Angkatan :

1. Pengertian pemrograman komputer dan pemrograman Java :

  • Pemrograman komputer adalah penulisan serangkain instruksi pada platform atau bahasa pemrograman tertentu untuk membuat program dengan fungsi spesifik.
  • Pemrograman Java adalah penulisan instruksi yang bisa dijalankan oleh komputer (maupun perangkat lain) menggunakan OOP (object Oriented Programming) Java.

2. Karakteristik Java :

  • Object Oriented Programming (OOP). Java adaalah platform pemrograman yang bisa dibuat secara modular karena berorientasi pada objek.
  • Mudah didistribusikan. Dengan adanya libraries networking terintegrasi, Java adalah bahasa pemrograman untuk aplikasi terdistribusi.
  • Aman. Keamanan Java sebagai bahasa pemrograman untuk internet yang terdistribusi.
  • Portabel. Program maupun kode sumber program yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java tidak perlu dikomplikasi ulang jika berpindah mesin (komputer).
  • Sederhana. Sintaks pemrograman Java tidak jauh berbeda dengan pemrograman C++, namun pada Java sintaks telah banyak diperbaiki dibandingkan C++.

3. Perbedaan bahasa pemrograman Java dan C++ :
Keduanya memiliki perbedaan dari inheritance atau turunan/sistem pewarisannya. Hal ini terkait perbedaan tujuan dari kedua bahasa pemrograman, yakni :

  • Java : Dirancang sebagai bahasa pemrograman yang mempunyai dukungan terhadap jaringan. Yaiut program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java bisa dijalankan melalui jaringan internet. Java sendiri dibunsel desain libarary yang luas sebagai abstraksi yang lengkap dari suatu platform. Java berorientasi objek (OOP) dan dipercaya sebagai mesin virtual yang mudah dan tentu saja aman.
  • C++ : Didesain untuk sistem pemrograman yang mengembangkan bahasa pemrograman C. Karenanya prosedur C++ didesain untuk eksekusi program yang efisien.

4. Perbedaan Compiler dan Intrepeter :

  • Compiler : Program yang dipergunakan sebagai tranlator atau penterjemah kode sumber program untuk dijalankan oleh mesin (Komputer). Compiler mengeksekusi instruksi dalam program (kode sumber) sekaligus.
  • Intrepeter : Hampir sama dengan Compiler, Intrepeter juga menterjemahkan kode sumber program agar bisa dijalankan dalam mesin (komputer). Namun bedanya adalah Intrepeter mengeksekusi baris per baris kode sumber sesuai logika yang ada.

5. JDK dan JRE dalam pemrograman Java :

  • JDK (Java Development Kit) : Kotak perkakas (kit) untuk membuat suatu aplikasi dalam bahasa pemrograman Java. Terdapat JVM (Java Virtual Machine) pada Java Development Kit yaitu :

-- JAVAC : Sebagai peng-compile (Compiler) kode sumber program dalam bahasa pemrograman Java.
-- Java : Untuk meluncurkan aplikasi Java.

  • JRE (Java Runtime Environment) : JRE sebagai syarat kode sumber program bisa dijalankan pada suatu mesin komputer. JRE mengeksekusi binary dari tiap class dan dikirim ke JVM lalu diproses ke prosesor. Pada setiap JRE selalu terdapat JVM didalamnya.

6. Variabel PATH dan CLASSPATH :

  • PATH : Membuat variabel PATH hampir sama dengan langkah membuat variabel JAVA_HOME. Biasanya terdapat PATH yang sudah ada dan tidak perlu variabel baru karena akan menghapus file variabel yang sudah ada sebelumnya.
  • CLASSPATH : Untuk memberi tahu sistem komputer dimana tempat/direktori file class yang telah dibuat berada. Misal : Jika ingin menggunakan konektor JDBC, direktori JDBC berada harus dimasukkan kedalam variabel CLASSPATH agar bisa diakses oleh sistem.
Pengenalan Java dan Lingkungan Kerja, Logo Java
Sumber : Google



2 Komentar untuk "Pengenalan Java dan Lingkungan Kerja"

wah ketika si programer berbicara... :D
Dah lama gak mampir kesini, titip jejak dulu ah.. minta kopi hangatnya dong :P

c c c c terus....
aku mesti nek mrene iling vitamin

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top