Teknologi Hijau Untuk Kehidupan Lebih Baik buatan Daihatsu - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

Menulis Lagi... Lagi Menulis.

Teknologi Hijau Untuk Kehidupan Lebih Baik buatan Daihatsu

Teknologi Hijau Untuk Kehidupan Lebih Baik buatan Daihatsu - Akhir-akhir ini bumi semakin panas saja ya rasanya? Cuaca tiap hari bahkan tiap jam selalu berubah-ubah, pagi hari hujan deras tapi siang hari panas terik. Hal ini jika terus menerus terjadi bisa membuat kita mengalami gangguan kesehatan. Flu paling tidak. Kondisi cuaca yang berubah-ubah ini tak lepas dari isu Global Warming yang santer terdengar dan menjadi isu global. Gaya hidup manusia yang kurang sehat dan kurang bersahabat dengan alam membuat Global Warming makin menjadi-jadi saja.

Apakah kita akan berdiam diri dengan pemanasan global ini? Kita harus move on agar bencana pemanasan global bisa diperlama. Tidak mungkin menyetop pemanasan global, yang kita bisa hanya berusaha sebisa mungkin memperlama bencana pemanasan global ini terjadi. Apa yang bisa kita lakukan untuk hal ini bisa dimulai dari hal kecil dengan mengurangi penggunaan bahan bakar (kendaraan motor roda dua atau mobil roda empat) berbahan fosil yang tidak bisa diperbarui pada kendaraan bermotor kita, dengan pengurangan penggunaan bahan bakar fosil ini bisa memperlama datangnya bencana pemanasan global karena gas buang CO2 yang dihasilkan kendaraan berbahan bakar fosil berkurang yang artinya polusi diudara jadi berkurang pula.

Salah satu usaha pengurangan penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil untuk menanggulangi efek pemanasan global telah dilakukan oleh sebuah produsen otomotif (mobil) terkemuka. Daihatsu. Dengan teknologi hijaunya mencoba turut memperlama kedatangan bencana global warming dengan teknologi hijau ramah lingkungan yang dimilikinya.

Mau tau apa saja teknologi hijau milik Daihatsu? Let's the music play *ehh... Mari kita lihat ngulik satu persatu teknologinya.

Teknologi Daihatsu berbasis Green Teknologi pertama : "Eco-IDLE" Technology :

Secara sederhana, teknologi "Eco-IDLE" technology ini dipergunakan untuk meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar kendaraan yang diproduksi oleh Daihatsu. Penghematan terjadi karena dengan sistem canggihnya ini kendaraan akan mematikan nyala mesin sementara waktu ketika terjebak dalam kemacetan. Teknologi Eco-IDLE merupakan solusi yang cocok untuk daerah perkotaan yang sering mengalami kemacetan semacam Jakarta atau Surabaya. 

Teknologi pertama : Eco-IDLE Technology : Daihatsu.


Detail teknis bagaimana "Eco-IDLE" technology bisa memberikan efisiensi pemakaian bahan bakar saya jabarkan sebagai berikut :

1. Pengabutan dengan sistem injeksi atau sistem semprot. Pengabutan sistem injeksi memudahkan bahan bakar untuk berkabut dan terbakar dengan sempurna didalam blok mesin Daihatsu. Nah, pembakaran yang sempurna inilah yang nantinya akan menghasilkan efisiensi pemakaian bahan bakar, efektivitas operasional mesin dan yang pasti ramah terhadap lingkungan alam.
2. Sistem power train atau pemindah daya yang diperbaiki. Perbaikan power train dilakukan pada optimalisasi rasio perbandingan gigi. Dengan optimalisasi ini beban mesin ketika mentransmisikan putaran menjadi berkurang dan hasilnya kinerja kendaraan lebih maksimal dan tentu saja ramah lingkungan (putaran mesin tersalurkan sempurna ke bagian transmisi).
3. Rasio kompresi dan I-EGR, pada laman resmi Daihatsu [sumber], rasio kompresi mesin berteknologi "Eco-IDLE Technology naik mencapai 10,5-11,3. Dan sistem I-EGR merupakan sistem EGR konvensional yang digabungkan dengan sistem kontrol ion.
4. Pengurangan bobot kendaraan, hal ini sudah tentu menjadikan kendaraan berteknologi "Eco-IDLE" buatan Daihatsu lebih efisien terhadap pemakaian bahan bakar dan ramah lingkungan. Penguranan bobot kendaraan dilakukan pada beberapa bagian, antara lain : Penggunaan plastik tipis pada bagian interior mengurangi - 20kg bobot kendaraan, pengurangan berat CVT dan bagian-bagiannya - 15 kg dan beberapa perampingan bobot lainnya.


Teknologi Daihatsu berbasis Green Teknologi kedua : 2-Cylinder Turbocharged Direct Injection :

Sesuai namanya, teknologi ramah lingkungan kedua ini mempergunakan dua buah silinder saja sebagai tempat daya kendaraan dihasilkan oleh hasil pembakaran bahan bakar. Penggunaan 2 silinder meskipun dengan konsekwensi cc yang rendah, tetapi dapat mempergunakan sumber daya komponen (pembuat silinder) yang lebih sedikit (serta berbobot lebih ringan tentu saja) dan menghasilkan tenaga atau power mesin maksimal dibandingkan mesin bersilinder diatas 2 buah silinder karena pembakaran yang lebih sempurna.

Teknologi kedua : 2-Cylinder Turbocharged Direct Injection : Daihatsu.


Efisiensi penggunaan 2-Cylinder Turbocharged Direct Injection mencapai 35km/l dalam modus JC08. Pemilihan penggunaan 2 silinder ini bukanlah pemilihan yang asal-asalan. Pemilihan penggunaan silinder ganda ini dikarenakan penggunaan 2 silinder akan mengurangi bobot mesin dan akan menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna dan efektiv secara PERMANEN dibandingkan mempergunakan  silinder berjumlah 3 keatas. Pengurangan jumlah silinder akan memaksimalkan kinerja pembakaran lebih maksimal yang didukung oleh sistem direct injection yang disokong baterai berkapasitas besar (Wide Baterai Capacitor - Mega Storage).

Wide Baterai Capacitor - Mega Storage sendiri akan memanfaatkan energi yang (sebelum teknologi ini ada) akan dibuang, dengan teknologi kapasitor penyimpanan Mega, sisa energi tersebut diserap dan disimpan oleh baterai untuk dipergunakan dalam menjalankan siklus kendaraan (penerangan, pembakaran, dll).

Teknologi Daihatsu berbasis Green Teknologi ketiga : Precious Metal-Free -- Liquid-Feed Fuel Cell :

Teknologi yang ketiga ini pada intinya adalah pengurangan penggunaan bahan baku produksi yang mahal dan pengurangan penggunaan bahan bakar fosil. Pengurangan pada penggunaan bahan baku produksi yang mahal (yang mengandung logam mulia) akan membuat produk kendaraan ramah lingkungan buatan Daihatsu bisa dijual dengan rentang harga yang terjangkau oleh beragam elemen masyarakat. Sedangkan pengurangan penggunaan bahan bakar fosil akan digantikan oleh bahan bakar baru Hidrazin Hidrat Cair (N2H4 - H20) yang cocok dipergunakan oleh negara dengan sedikit sumber daya seperti Jepang.

Teknologi ketiga : Precious Metal Free - Liquid Free Fuel Cell : Daihatsu.


Teknologi hijau  Daihatsu yang ketiga "Precious Metal-Free -- Liquid-Feed Fuel Cell" mengurangi ketergantungan bahan baku produksi kendaraan dari pemakaian unsur logam mulia yang berharga mahal dan berakibat pada mahalnya harga jual unit produk berteknologi hijau dipasaran. Mengurangi penggunaan logam mulia ini oleh Daihatsu juga dilakukan pada teknologi 2-Cylinder Turbocharged Direct Injection sebelumnya dengan pengurangan jumlah silinder yang digunakan.

Hidrazin Hidrat Cair (N2H4 - H20) adalah bahan bakar yang terbuat dari Nitrogen dan Hidrogen yang dikembangkan oleh Daihatsu. Keunggulan  bahan bakar generasi baru ini adalah mudah terbakar pada suhu normal, memiliki kepadatan energi yang tinggi dan yang paling penting tidak menghasilkan gas buang berupa CO2. Bahan bakar inilah jawaban dari penggunaan bahan bakar fosil yang kurang ramah lingkungan.

WoOOoW, ternyata tiga teknologi hijau yang dimiliki oleh Daihatsu begitu memperhatikan basis green teknologi yang diadaptasinya ya. Mulai dari teknologi "Eco-IDLE" Technology yang bisa mematikan mesin kendaraan secara otomatis, teknologi 2-Cylinder Turbocharged Direct Injection yang mengurangi bobot kendaraan untuk mencapai kinerja maksimal dan yang terakhir teknologi Precious Metal-Free -- Liquid-Feed Fuel Cell yang selain ramah lingkungan juga ramah terhadap kantong bagi yang ingin memiliki mobil ramah lingkungan dengan harga terjangkau.

Langkah "pemerlamaan" bencana global warming dari Daihatsu yang patut kita apresiasi dan kita dukung. Semoga dengan teknologi-teknologi ramah lingkungan yang dikeluarkan Daihatsu ini, bumi kita bisa terhindar dari global warming untuk waktu yang lebih lama. Dan semoga teknologi hijau yang dikembangkan oleh Daihatsu tidak hanya berhenti sampai tiga teknologi diatas, semoga ada kelanjutan dari ketiganya dan ada teknologi ramah lingkungan lagi yang akan tercipta oleh para ahli kendaraan Daihatsu. Semoga.


25 Komentar untuk "Teknologi Hijau Untuk Kehidupan Lebih Baik buatan Daihatsu"

Ulasanya mantap gan simple dan mudah di pahami. Salam hijau & keep blogging, sukses buat agan ^_^

Koment & kunjungan baliknya di


http://lifeexpeditionblog.blogspot.com/2013/04/manusia-dan-teknologi-hijau.html

ikutan juga ya bang.. Hehehe

salam kompetesi ya...!!!

wah ikutan lomba ya bang, moga2 ajah menang aminnnnnn...
itu kalo menang dapat mobil kah? atau dapet bannya doang, atau dapet mesinnya doang? hehe kepo gue

Widih keren nih daihatshu care sama alam. Banyak lagi variannya..

Bahasa lo enak zim. Semoga sukses ya lombanya

adududuh keren sih tulisannya tapi gw gak ngerti yg beginian mblo,, sukses ya lombanya,,kalo menang traktir gw yak :D

waiki ulang tahun kan? :D
SELAMAT ULANG TAHUN BOS!!! hahahaa \m/

bener zim..ditempatku juga tuh..tadinya hujan lebat eh sekarang panas banget..
ini juga aku lagi batuk pilek... :(

polusi juga dimana-mana...terutama dari asap kendaraan...
kalo aja semua wilayah diindonesia mobilnya diganti dengan mobil ini...
mungkin polusi bisa sedikit diatasi...

sukses buat daihatsu..dan sukses untuk ahmad muazim abidin... :)

mari kita dukung teknologi hijau :)

Aminn... sukses juga buat panjenenganipun...

Aminnn... semoga bisa menang beneran

Aminnn bay,, semoga menang beneran yg ini :)

yoi lah, dari ketiga teknologinya satu tujuan, care sama alam... efisiensi pemakaian bahan bakar, bahan baku produksi dan hasil yg maksimal dengan tiga teknologi ramah lingkungannya

Aminnn... hahaha mahasiswa matematika nggak ada kaitannya sama teknologi otomotif ya...

intinya daihatsu punya teknologi berbasis green yg membantu memperlama bencana global warming :)

mukuchiii kuku' wkwkwk

iya bro, kemaren,,, makasih ya

hhehe,.... korban pemanasan global nih yeee :P

seandainya mobil dengan ketiga teknologi diatas sudah dipabrikasi massal, insyaallah pemanasan global bakalan bisa diperlama.. Apalagi precious metal free nya yang bakal bikin mobil ramah lingkungan buatan daihatsu juga ramah buat kantong calon pembeli mobil :)

Aminn... semoga bisa menang :)

yoi bero,... siap, lewat artikel ini...

salam blogger :)

go green with 3 technology that daihatsu has

ikutan lomba juga ya? ane nggak tuh....

dari sini ane doakan... smeoga menang ya,... aaamiiiin...

go green tech daihatsu

ikut lomba juga ya gan? Slamat berkompetisi secara sehat :D
semoga postingan kita ini tidak semata-mata hanya memenuhi perlombaan saja, namun juga dapat menjadi bentuk kepedulian kita terhadap kondisi bumi ini serta batu loncatan untuk menjadikan bumi dimasa yang akan datang tempat yang nyaman untuk di tinggali. oleh kita, anak serta cucu kita kelak. Ayo kita dukung Daihatsu, dengan Teknologi Hijau, buat Bumi Kembali Berkicau ^_^

ditunggu kunjugan baliknya ya ;) :
http://akachopa.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-jadikan-bumi-kembali.html

keren reviewnya gan :)

mampir kesini juga ya http://mhdharis.blogdetik.com/2013/05/03/daihatsu-sahabatku-teknologi-hijau-sahabat-bumiku/

postingannya komplit ,runut dan detail. kereen

salam kenal, mampir ya di tulisanku http://windiland.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-penerapan-mobil-ramah.html

semoga menang, aaamiiin 1000x hahahah~

keren bro, tapi otomatis mahal

ikut lomba juga ya gan? Slamat berkompetisi, postingannya komplit & kereen
salam kenal, mampir ya di tulisanku
http://cindagadakara.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-cita-rasa-daihatsu.html

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top