Mengenal Lebih Dekat Pulau Komodo - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Mengenal Lebih Dekat Pulau Komodo

Indonesia kaya dengan anugerah alam yang indah dan tak akan ada habisnya untuk dieksplorasi. Selain keindahan alam dengan keanekaragaman hayati, Indonesia juga dikenal dengan budaya dan kehangatan-keramatan masyarakatnya yang bisa dengan mudah menerima keberadaan kita serta dengan mudah menjadi sahabat kita pada saat kita berkunjung pada daerah mereka.

Kekayaan alam dimulai dari yang 'biasa' hingga kekayaan alam yang menjadi keajaiban dunia karena hanya di Indonesia keberadaan alaminya berada. Salah satu dari kekayaan alam Indonesia yang sudah diakui menjadi keajaiban dunia adalah Pulau Komodo (New 7 Wonders November 2011). Sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur yang mempunyai fauna khas bernama sama dengan pulau itu: Komodo.

Berbicara mengenai Komodo dan Pulau Komodo, tentunya akan banyak petualangan yang sangat berbeda dan excited dibandingkan dengan petualangan ditempat lain yang bisa kita lakukan. Nah, apa saja petualangan yang bisa kita lakukan di pulau para Naga ini? Berikut ini destinasi petualangan Sahabat Petualang: Terios di 7 Wonders Pulau Komodo.

Melihat Sang Naga: Tidak mudah untuk dapat melihat Sang Naga Komodo dari jarak dekat. Di Pulau Komodo kita harus mendaki Gunung Ara setinggi 538 mdpl selama 3-4 jam. Sementara di Pulau Rinca, kita harus melakukan trekking  selama 1,5 jam. Itupun tidak dijamin akan melihat Komodo secara langsung. Jika kita beruntung, sahabat petualang dapat melihat Komodo yang sedang berkelahi, menyerang mangsa atau sedang berjalan perlahan sepanjang jalan yang dilalui Sang Naga.

Mengenal Komodo di Pulau Komodo
Sang Naga: Komodo.

Selain Sang Naga Komodo yang bisa kita lihat di alam liar mereka, kita juga bisa melihat sekelompok Rusa, Banteng atau Kuda liar di padang rumput savana. Pemandangan yang tentu saja akan membayar mahal perjuangan trekking yang kita lakukan :)

Pinky Beach, Pantai Merah Muda: Jangan hanya berfokus pada Sang Naga Komodo! Ada spot wisata pantai yang sangat menarik dan patut kita kunjungi ketika berada di Pulau Komodo yaitu Pantai Merah. Apa keistimewaan Pantai Merah ini?

Di Pantai Merah kita akan menikmati pantai indah yang berpasir merah muda. Warna pasir akan berubah menjadi merah muda saat ombak menyapu. Sungguh luar biasa! Pantai berpasir merah muda seperti ini dalam perkiraan hanya ada 7 di dunia lho... Dan salah satunya di Indonesia: Pulau Komodo - Nusa Tenggara Timur.

Pantai Merah: Hamparan pasir merah muda setelah ombak menerjang
Pantai Merah: Hamparan pasir merah muda setelah ombak menerjang.

Terumbu karang di bawah laut Pantai Merah juga tidak kalah menakjubkan dengan beragam spesies ikan hias berwarna warni seperti Butterfly Fish dan Clown Fish dengan jumlah yang diperkirakan mencapai 1000 species ikan, 260 species terumbu karang, dan 70 species sponge. Sungguh luar biasa!

Diving dan Snorkeling: Bagi sahabat petualang yang doyan diving dan snorkeling, spot dibawah laut Pantai Merah patut dimasukkan sebagai target utama untuk diselami. Bagaimana tidak, beragam spesies ekosistem bawah laut yang berjumlah sekitar 1000 species ikan, 260 species terumbu karang, dan 70 species sponge terhampar dibawah keindahan laut Pantai Merah yang elok. Jangan lewatkan keindahangan bawah laut Pantai Merah jika sahabat benar-benar seorang diver sejati. Kalau saya sendiri bukanlah seorang diver, untuk berenang saja hanya gaya batu yang saya kuasai, lalu bagaimana bisa diving dan snorkeling? #nasib hehe.

Sambutan Lumba-lumba: Ketakjuban sahabat petualang saat diving dan snorkeling dibawah laut Pantai Merah bukan hanya karena kekayaan ekosistem bawah laut yang dimiliki oleh perairan Pantai Merah, Saat sahabat masih berada di perahu, bersiaplah takjub bila disambut oleh kawanan Lumba-lumba. Dan bila beruntung dapat pula melihat Penyu Hijau atau Ikan Paus berenang di perairan ini. Luar biasa bukan?

Kalong bertebangan di Pulau Kalong
Kalong bertebangan di Pulau Kalong: Are you ready Ngalongers?

Bermalam bersama ribuan Kelelawar: 'Ngalong', sebuah istilah dalam Bahasa Jawa dengan arti orang yang aktif berkegiatan dimalam hari. Ngalong berasal dari nama hewan sejenis kelelawar namun memiliki bentuk fisik yang lebih besar yakni Kalong. Sahabat akan melihat ribuan kelelawar di Pulau Kalong, sebuah pulau yang berada dekat dengan Pulau Rinca. Bagaimana caranya? Tentu dengan menginap diperahu motor! Malam yang pastinya excited bagi orang-orang dengan predikat 'Ngalongers' :D

Pulau Komodo ternyata bukan hanya memiliki keindahan alam berupa Naga Komodo yang menjadi pemenang New7Wonders pada tahun 2011 yang lalu. Tetapi lebih dari itu Pulau Komodo memiliki beragam keindahan alam dan spot pariwisata yang bisa kita jelajahi. Agar lebih membuka mata kita, betapa kayanya alam ibu pertiwi. Mari kita eksplorasi dan kembangkan kekayaan alam yang dianugerahkan pada Bangsa Indonesia!

Oiya, tanggal 14 September 2013 ini akan ada acara Sail Komodo 2013 dan pada tanggal 17-20 September 2013 akan diadakan acara Komodo Travel Mart 2013 di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur.



To Daihatsu, semoga berkenan menjadikan tulisan ini sebagai salah satu dari lima pemenang untuk berpetualangan ke 7 destinasi "Keajaiban Nusantara". Amin.


Referensi:
http://www.indonesia.travel/id/destination/106/taman-nasional-komodo
http://www.bbc.co.uk/indonesia/berita_indonesia/2011/11/111112_komodo7wondersfinally.shtml
http://www.indonesia.travel/id/destination/833/pink-beach
http://labuanbajoflores.com/pulau-kalong-taman-nasional-komodo-flores-ntt-indonesia.html

12 Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Pulau Komodo"

Eh, keren pantainya... Kalo nggak kena air gitu kelihatan putih tapi kalo kena air kelihatan merah mudanya.

aaaaakkk...ajak aku ke sanaaaaa....
aku pengen ke pinky beach terus foto-foto ._.
good luck ya..semoga menang

Yeay, semoga berhasil yaaa.
Saya jadi kepengen ikutan ke pulau komodo gegara liat pantainya T_T

wuah foto-fotonya keren abis bro ,, jadi pengen kesana gue haha, eh moga menang ya lombanya amin :D

Indonesia alamnya emang kaya banget, baru satu pulau aja keindahannya berfariasi yang ditawarkan. Dengan negara yang terdiri dari banyak pulau, gak kebayang ada berapa tempat-tempat indah.
Semoga menang, zim !

baru tau gue mau liat komodo harus mendaki gt. Kirain kesana lngsung bisa liat. Pantainya keren itu. Gue bingung kok bisa pink gt ya?

Wah jadi pengen next travel ke sana, tapi mungkin ongkosnya juga ya dari palembang, thanks ya udah share kebanggaan Indonesia yg satu ini ;)

dari dulu pengin banget ke pulau Komodo, moga2 kesampaian deh aminnn
pantainya bagus Zim
foto burungnya juga keren
eh btw ini tulisan ikut lomba to? mg menang ya

pinky beach? :o maasyaa Allah baru denger ada pantai kayak gini
keren bangeeet. semoga menang yaa lombanya ;)

Ini postingan ikut lomba yaaaa,, good luck yah semoga menang, Pulau Komodo, hmmm belum pernah kesana tapi ngebaca postingan kamu ini aku jadi pengen,, tertarik sama pinky beach nya...pantai yang pernah aku kunjungi selama ni dan tahunya cuma pantai berpasir putih nah kalau ada pantai yang berpasir pinkk wuiihh itu mah namanya unikk banget.. Indonesia emang kaya alannya so luph Indonesia^^

Ayo menangkan 250K Voucher Sodexo sesimpel Like Fanpage, Follow Twitter, dan Isi Survey yang terdapat di website ACTIVORM. Activorm adalah Activation Platform untuk Social Networks Marketers, Online Marketing Ads, Internet Marketing dan sekaligus memberikan Prize bagi fans

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top