Launcher MiHome di Android Lenovo A1000 - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Launcher MiHome di Android Lenovo A1000

A launcher presents the main view of the device and is responsible for starting other apps and hosting live widgets [Wikipedia].

Sebelum melangkah lebih jauh mengenal Launcher MiHome, ada baiknya kita mengenal apa itu launcher terlebih dahulu. Dari Wikipedia, sebagaimana petikan diatas, launcher merupakan penyedia antar muka utama dari sebuah perangkat gadget yang bertanggungjawab menjalankan aplikasi-aplikasi lain, dan menyediakan tempat untuk berbagai widget.

Gampangnya (menurut saya), launcher adalah aplikasi saat tombol home ditekan. Sebuah perangkat Android, pada saat tombol home ditekan, pasti akan menampilkan tampilan layar utama. Nah, tugas dari launcher ini adalah untuk meng-handle tugas menampilkan tampilan layar utama itu, dan juga menyediakan tempat untuk widget.

Untuk Android Lenovo A1000, dan untuk perangkat lain bersistem operasi Android pada umumnya, aplikasi launcher tersedia begitu banyaknya. Bahkan saking banyaknya, bisa-bisa kalian menjadi bingung menentukan launcher apa yang bakal dipakaikan untuk gadget kesayangan. 

Launcher-launcher yang banyak itu, kebanyakan ditawarkan secara gratis, namun beberapa launcher juga menyediakan versi berbayar yang tentu memiliki kemampuan lebih. Kesemua launcher menawarkan kelebihan masing-masing. Ada yang berkemampuan 3D view, efek transisi yang mewah nan cantik, tidak sedikit pula yang menonjolkan sisi sederhana dari sebuah launcher, sehingga launcher menjadi ringan pada saat dijalankan di perangkat gadget Android.

Launcher MiHome adalah salah satu launcher yang menawarkan sisi sederhana dari sebuah launcher. MiHome yang saya pasang di Lenovo A1000, dalam penggunaan selama hampir 1 minggu belakangan ini benar-benar ringan. Ketika Lenovo A1000 saya operasikan, efek transisi MiHome dijalankan secara sempurna seperti launcher bawaan Lenovo A1000 yang terpaksa difreezekan.

Hal yang menarik dari MiHome, launcher ini tidak membedakan tampilan layar utama dengan tampilan layar daftar aplikasi. Kalian tidak akan menemukan tombol untuk masuk ke tampilan layar daftar aplikasi. Karena, secara otomatis semua aplikasi yang sudah diinstal di Android, akan ditampilkan (dengan cantik) di tampilan layar utama. 

Jumlah slide tampilan layar utama launcher MiHome bisa ditambah atau dikurangi sesuka hati. Untuk Lenovo A1000 saya, tampilan slide berjumlah tujuh buah slide dan bisa ditambah slide lagi.

Bagi pengguna awam (seperti saya waktu itu), akan kebingungan menghilangkan shortcut di tampilan layar utama. Kenapa? Karena jika kalian berencana menghilangkan sebuah shortcut aplikasi di layar utama, hal itu sama saja dengan meng-uninstall aplikasi tersebut. Solusi agar sebuah shortcut aplikasi bisa dihilangkan dari layar utama, bisa menggunakan fungsi hidden apps yang disediakan MiHome. 

Kalau kalian jeli, dari screenshot yang ada dibawah, tampilan Launcher MiHome mirip dengan tampilan salah satu smartphone premium: Apple iPhone. Memang benar demikian itu. Launcher MiHome, dibuat oleh produsen ponsel Xiaomi asal Tiongkok yang terkenal dengan tampilan produk sekilas nampak mirip dengan tampilan Apple iPhone. 

Launcher MiHome ini salah satu launcher yang patut kalian coba.

User experience saya terhadap launcher MiHome di Android Lenovo A1000 ini: 95/100

Pros:
+ Ringan, tidak boros baterai dan tidak membuat Lenovo A1000 jadi lemot.
+ Efek animasi cuaca yang cantik.
+ Mudah dikustomisasi.

+ Tampilan sederhana, mirip Apple iPhone.
+ Tersedia banyak pilihan wallpaper, thema, nada dering yang bisa didownload gratis dari launcher ini.
+ Jumlah layar utama sangat banyak, dan mudah ditambah maupun dikurangi.

Cons:
- Widget jam dan cuaca hanya mendukung kota-kota di Tiongkok, belum mendukung kota di Indonesia.

Launcher MiHome di Android Lenovo A1000: Tampilan Layar Utama (Home)
Launcher MiHome di Android Lenovo A1000: Tampilan Layar Utama (Home)

Launcher MiHome di Android Lenovo A1000: Tampilan Layar Utama (Slide 2)
Launcher MiHome di Android Lenovo A1000: Tampilan Layar Utama (Slide 2)

Launcher MiHome di Android Lenovo A1000: Tampilan Lock Screen
Launcher MiHome di Android Lenovo A1000: Tampilan Lock Screen

Launcher MiHome di Android Lenovo A1000: Tampilan Edit Mode (Cubit Dua Jari)
Launcher MiHome di Android Lenovo A1000: Tampilan Edit Mode (Cubit Dua Jari)

Launcher MiHome di Android Lenovo A1000: Tampilan Edit Mode (Cubit Tiga Jari)
Launcher MiHome di Android Lenovo A1000: Tampilan Edit Mode (Cubit Tiga Jari)

Bagaimana? Tertarik menggunakan Launcher MiHome untuk Android kalian? Silahkan dicoba :)

0 Komentar untuk "Launcher MiHome di Android Lenovo A1000"

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top