Naik Sepeda Fixie Itu Susah, Tapi... - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Naik Sepeda Fixie Itu Susah, Tapi...

Tahu sepeda fixie? Adakah yang belum tahu seperti apa bentukan sepeda yang mulai booming tahun 2011 yang lalu ini?

***

Sepeda fixie adalah sepeda yang dulu di Amerika (negara asalnya), banyak digunakan oleh para pengantar pesan. Bahasanya kerennya Messenger Bike. Dinamakan messenger bike karena waktu itu banyak digunakan oleh pengantar pesan dalam menerobos kemacetan lalu lintas. Sepeda ini sangat powerfull melewati lalu lintas yang padat. Karena biasanya sepeda fixie terbuat dari frame yang ringan, sudah gitu berdesain sangat ringkas tanpa sistem rem kabel. Terus kalau mau nge-rem bagaimana dong? Baca kelanjutanya....

Tahun 2011, sepeda fixie mulai menjadi trend sepeda di Indonesia, desain sepeda fixie yang ringkas, dengan warna-warna mencolok dan eye catching menjadikannya banyak digunakan. Terutama oleh kalangan muda-mudi. Teman saya salah satu yang ikut tren sepeda fixie di tahun 2011an itu.

Meskipun berdesain ringkas dan daya movablenya bagus, mengendarai sepeda fixie itu susah. Terutama bagi pemula.

Susahnya naik sepeda fixie terutama pada saat mengayuh, serta pada saat mengerem.

Sepeda fixie biasanya didesain dengan rantai maju kena - mundur kena (istilah saya lho, hehe). Desain rantai yang seperti itu, mengharuskan pesepeda fixie untuk terus menempatkan kakinya di pedal dan mengayuh. Kalau sekalinya kaki lepas dari pedal, sepeda akan sangat sulit dikendalikan. Sepeda bisa-bisa terus nggeloyor tanpa bisa dihentikan. Ingat! Karena kayuhan pedal juga berfungsi untuk mengerem. 

Masalahnya tidak hanya pesepeda fixie tidak bisa mengerem kalau kakinya lepas dari pedal, sebaliknya kalau kaki pesepeda terus berada menempel pedal, akan mengakibatkan paha dan kaki menjadi sakit karena harus terus bergerak sesuai gerakan pedal. Jadi seperti buah simalakama kan?

Memang begitulah susahnya naik sepeda fixie, harus terus menggerakkan kaki untuk mengayuh pedal. Selain itu, harus siap-siap kaki pesepeda digerakkan oleh pedal :D

Bentukan Sepeda Fixie, Ringkas Tanpa Kabel Rem
Bentukan Sepeda Fixie, Ringkas Tanpa Kabel Rem (gpwallpaper.com)

Kesulitan kedua adalah pada saat mengerem. Jika pedal dikayuh ke depan, maka sepeda akan jalan maju. Sebaliknya, jika pedal dikayuh ke belakang, sepeda akan mengerem, dan juga bisa jalan mundur. Proses mengerem inilah yang sulit kalau belum terbiasa.

Meskipun naik sepeda fixie itu susah, tapi naik sepeda fixie sangatlah menyenangkan. Naik sepeda fixie juga sangat menyehatkan karena kaki harus terus bergerak. 

Let's go green with bike :)

0 Komentar untuk "Naik Sepeda Fixie Itu Susah, Tapi..."

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top