Turut Menjaga Kelestarian Bumi Dengan Teknologi - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

Menulis Lagi... Lagi Menulis.

Turut Menjaga Kelestarian Bumi Dengan Teknologi

Milenium 2000 ini, serentak manusia penghuni bumi khawatir akan bencana besar: Pemanasan Global, bahasa kecenya Global Warming. Sebagian besar dari kita sudah tahu penyebab pemanasan global ini, mulai dari sampah bercarbon, polusi pembakaran bahan bakar minyak, dan aktivitas manusia yang menjelajah luar angkasa sehingga atmosfir menjadi berlubang.

Pemanasan Global membuat suhu dibumi semakin meningkat, menjadi lebih hot dari sebelumnya. Tempat bersalju abadi, yang seharusnya terus bersalju mulai meleleh, ketinggian air laut meningkat karena lelehan salju abadi itu menambah debit air laut. Pemanasan global membuat banyak manusia menjadi sadar akan pentingnya menjaga kelestarian bumi.

Gletser Antartika (sumber JPNN/NASA)
Gletser Antartika (sumber JPNN/NASA)
Manusia mulai kembali ‘ke masa lalu’, mencoba kembali bersahabat dengan alam. Sekarang sudah banyak digalakkan gerakan menanam pohon. Ada yang menanam pohon secara bersama-sama dalam satu event, ada yang diwajibkan menanam pohon ketika menikah, dan macam-macam aksi menanam pohon dengan kemasan beraneka ragam. Kesemuanya untuk menghindari bencana pemanasan global.

Saya sendiri juga pernah ikut dalam event menanam pohon untuk melestarikan hijau bumi. Waktu itu masih kelas 2 MTS (setingkat SMP), bersama dengan warga desa dan relawan dari Ma’had asal Surabaya, kami semua bahu-membahu menanam pohon di desa Ngawun, Kecamatan Parengan. Lahan yang ditanami adalah bekas hutan yang sudah gundul. Mengenaskan melihat kenyataan gundulnya hutan Indonesia. Namun penyesalan sudah terlambat, hanya do action yang masih belum terlambat!

Beda dulu, beda sekarang. Dulu saya memang masih bisa ikut serta menanam pohon untuk penghijaun, tetapi kini rasa-rasanya menanam pohon seperti itu sangat mustahil. Karena sudah pindah ke kota, event-event menanam pohon yang ada dikota (kebanyakan) dikhususkan untuk kelompok-kelompok tertentu saja. Orang luar, kalaupun boleh/bisa ikut dalam event, mungkin dia akan merasa aneh sendiri. Tidak kenal sama orang-orang disekitarnya.

Kalau begitu kamu tidak turut menjaga kelestarian bumi lagi dong?

Masih. Tapi tidak dengan cara menanam pohon untuk penghijauan. Banyak jalan menuju ke Roma, banyak jalan pula untuk menjaga kelestarian bumi.

Karena mustahil untuk langsung ikut menanam pohon dalam penghijauan, cara saya turut dalam menjaga kelestarian bumi adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Beberapa hari belakangan, untuk menjangkau ke tempat-tempat yang dekat (perpustakaan umum Tuban, tempat nongkrong), saya menggunakan sepeda ‘pancal’ untuk mencapainya. Sehat, juga ramah lingkungan.

Selain mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, cara saya lainnya adalah dengan memanfaatkan teknologi. Bagaimana cara memanfaatkan teknologi untuk menjaga kelestarian bumi?

Menjaga Kelestarian Bumi Dengan Teknologi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya dengan mengurangi penggunaan kertas untuk mencetak dokumen. Biarkan saja suatu dokumen berbentuk soft copy jika tidak benar-benar perlu untuk dicetak. Saat ini membaca dokumen soft copy sudah sangat mudahnya. Tidak perlu membawa laptop yang berat-berat itu, membaca dokumen soft copy sudah dapat dilakukan melalui perangkat teknologi bergerak seperti tablet dan smartphone. Mengurangi mencetak dokumen berimbas pada mengurangi penebangan pohon sebagai bahan baku pembuatan kertas. Hanya ini saja? Tentu tidak, masih banyak cara lainnya.

Menjaga kelestarian bumi, juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi open source. Itu lho, teknologi informasi yang bebas untuk di distribusikan tanpa harus membayar lisensi apapun kepada pembuatnya.

Contoh penggunaan teknologi open source saat ini adalah Linux sebagai sistem operasi komputer. Penggunaan open source akan menghemat anggaran keuangan. Dengan berhemat anggaran keuangan, uang yang dulunya untuk membeli perangkat lunak berbayar bisa dialih alokasikan untuk mendukung gerakan penghijauan bumi.

Penggunaan open source Linux juga mudah dimaintenace, sehingga dapat menurunkan pengeluaran biaya perawatan komputer. Hitung-hitungan kasar, jika menggunakan komputer bersistem operasi Windows, pengguna harus bersiap berhadapan dengan virus komputer. Jika tidak expert, maka pengguna membawa komputernya ke tukang servis, harus bayar. Berbeda kalau menggunakan komputer bersistem operasi Linux, pengguna tidak perlu dipusingkan dengan adanya virus komputer.

Teknologi open source Linux ini hampir tidak mungkin diinfeksi virus yang kebanyakan menyerang Windows. Karena tidak terserang virus komputer, maka tidak ada biaya dikeluarkan untuk membayar tukang servis komputer. Jadi bisa berhemat, atau dialih alokasikan untuk program penghijauan.

Teknologi lainnya yang bisa juga untuk membantu menjaga kelestarian bumi adalah Website. Teknologi open source untuk membuat website antara lain WordPress. Dengan menggunakan WordPress, pengiriman informasi yang dulunya lewat selebaran bisa digantikan lewat tulisan di web. Hemat kertas pastinya. Selain itu juga dapat menjangkau audiens yang lebih luas.

Open Source: WordPress, Linux
Open Source: WordPress, Linux (sumber blog.hathix.com)
Hemat kertas sudah, open source Linux untuk komputer sudah, open source WordPress untuk website sudah.

Pemanfaatan teknologi untuk menjaga kelestarian bumi sangatlah banyak ragamnya. Bukan hanya dengan ketiga cara diatas, masih banyak cara lainnya yang bisa dilakukan. Paling tidak, ketiga cara itulah yang sampai sejauh ini saya lakukan untuk turut menjaga kelestarian bumi. Dan akhir dari tulisan ini, saya juga mengajak kalian untuk turut menjaga kelestarian bumi, bagi yang setuju dengan yang saya lakukan, bisa mengikuti cara diatas, toh tidak susah kan?

Itulah gerakan kecil dari saya untuk menciptakan kenyamanan hidup di planet bumi yang kita cintai bersama ini.  Mari Turut Menjaga Kelestarian Bumi Dengan Teknologi! Bukan hanya 30 hari, tapi lebih dari itu, selama kita hidup di bumi ini, mari bersama #saveEarth :)

Kenapa harus menjaga kelestarian bumi? Agar Age of Extinction tidak segera terjadi!

Referensi :
1. Jpnn : Awas! Salju Abadi Antartika Mencair Lebih Cepat
2. Viva News : Peluncuran Roket Merusak Lapisan Ozon

#30DaysSaveEarth

4 Komentar untuk "Turut Menjaga Kelestarian Bumi Dengan Teknologi"

sebagai makhulk hidup kita harus menjaga lingkungan agar tidak mudah rusak ya mas, dan melestarikannya :)

ikutan lomba yuk di situs dicuekin.com :)

oke, aku udah lama sob sadar dengan kelestarian bumi, tapi kalau dengan teknologi...belum banyak tau, apalagi dengan linux. baru tahu kalau linux ngga diserang virus. that's awesome

yoi broh w e p ... harus dilestarikan biar kehidupan terus berlanjut

linux lebih terjamin dari serangan virus bro, kalaupun ada virusnya, sangat sedikit sekali. Kenapa? soalnya linux dikerjakan oleh banyak orang, yg kemungkinan saja yg mengerjakan itu si tukang buat virus untuk sistem operasi Windows ::D

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top