Mengenang Hari Kesaktian Pancasila - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Mengenang Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila - Logo Garuda Pancasila
Hari Kesaktian Pancasila - Logo Garuda Pancasila 

Hari ini hari Rabu, 1 Oktober 2014 diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Bukan tanpa alasan mengapa tanggal 1 Oktober dijadikan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Kejadian pada 49 tahun yang lalu, tepatnya 30 September 1965 lah penyebabnya.

Kejadian yang saya maksud adalah G30S/PKI. Merupakan sebuah kejadian mengerikan yang menurut kabar selama ini beredar dilakukan oleh golongan Partai Komunis Indonesia. Terlepas dari kebenaran mengenai dalang G30S/PKI itu, kebenaran yang sebenar-benarnya masih menjadi perdebatan oleh para akademisi mengenai siapa penggiat dan apa motif yang melatarbelakangi.

Awal mula Hari Kesaktian Pancasila diperingati tiap tanggal 1 Oktober, adalah pada saat era pemerintahan Orde Baru (Presiden Soeharto) berkuasa. Pemerintahan Orde Baru menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila berawal dari insiden pada tanggal 30 September 1965.

Kejadian yang terkenal dengan gerakan G30S/PKI atau juga disingkat Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh) itu merupakan peristiwa selewat tanggal 30 September - awal 1 Oktober 1965. Partai Komunis Indonesia dituduhkan atas kejadian ini, PKI dituduh mencoba melakukan upaya kudeta terhadap pemerintahan. Dalam kejadian itu, PKI dituduh telah melakukan pembunuhan terhadap tujuh perwira tinggi militer Indonesia dan beberapa orang lainnya.

Ketujuh perwira militer yang menjadi korban gugur dalam kejadian G30S/PKI adalah Jenderal A Yani (Anumerta), Letjen S parman (Anumerta), Letjen Haryono (Anumerta), Letjen Soeprapto (Anumerta), Letjen Sutoyo (Anumerta), Mayjen Panjaitan (Anumerta) dan Kapten Piere Tendean (Anumerta).

Meskipun dalang sebenarnya dari kejahatan ini masih diperbedatkan, otoritas militer dan kelompok religi terbesar pada saat Orde Baru kala itu menyebarkan kabar bahwa insiden G30S/PKI merupakan usaha Partai Komunis Indonesia untuk mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis.

Sebagaimana kita ketahui, ideologi Pancasila yang khas Indonesia itu sampai kapanpun tidak akan dan tidak boleh diubah!

Dalam Mengenang Hari Kesaktian Pancasila, beberapa elemen bangsa Indonesia melakukan kegiatan do'a bersama, beberapa elemen lainnya mengenang Hari Kesaktian Pancasila dengan mengibarkan bendera setengah tiang, seperti yang dilakukan di Surabaya.

Terlepas dari masih menjadi polemik mengenai pelaku G30S/PKI, dan terlepas dari bagaimana cara berbagai elemen masyarakat dalam mengenang dan memperingati Hari Kesaktian Pancasila, satu hal yang pasti yang seluruh bangsa Indonesia idamkan adalah ketenteraman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semoga!

Referensi :
- detikCom
- okezone

Tag : Everything, id., Rabu
4 Komentar untuk "Mengenang Hari Kesaktian Pancasila"

Kalau sudah tanggal 1 OKTOBER ini kita tidak akan hilang ingatan akan dahsyatnya Pemberontakan G30 S PKI. Dari semua Jendral yang menjadi korban kebiadaban G30 S PKI , jangan lupakan sosok puteri kecil Alm Ade Irma Suryani yang berusia 5 tahun. Ia turut menjadi korban karena menjadi tameng ayahnya. Kita, bangsa Indonesia, jangan lupakan pengorbanan gadis cilik Ade Irma Suryani

dengan mengenang para Pahlawan yang telah gugur membela Pancasila moga menjadikan kita bagian dari warga negeri yang lebih baik dan bersemangat lagi mengisi kemerdekaan ini :D

yup, anak dari alm ade irma suryani juga 'moncer' pada kejadian g30s/pki ini. harapan saya sih, semoga Indonesia menjadi damai, tidak ada lagi pertikaian n pemberontakan lagi. Aminnn

aminn... semoga dah bisa menjadi seperti itu.... dan semoga damailah Indonesia

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top