Puasa Arafah Tahun Ini - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Puasa Arafah Tahun Ini

“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Puasa Arafah merupakan ibadah puasa sunnah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pada tahun ini, puasa Arafah dilaksanakan tanggal 04 Oktober 2014 pada penanggalan masehi. Tepat hari ini.

Yawmul Arafah
Yawmul Arafah (sumber gambar iBerita)
Sebagaimana hadits yang saya kutip dari Shahih Muslim diatas, siapa sih umat Islam yang tidak tertarik untuk mengerjakan puasa Arafah ini? Puasa Arafah bisa menghapus dosa setahun yang lalu dan yang akan datang lho. Hanya puasa satu hari, begitu besarnya ganjaran yang akan kita dapat. Tentu tidak serta-merta niat puasanya agar mendapat pahala, niatkanlah puasa untuk menjalankan sunnah, dan niatkanlah untuk mendapat ridho Allah. Masalah ganjaran/pahala yang didapat biarkan itu urusan Allah yang maha adil.

Dalam pelaksanaan puasa Arafah, yang perlu diperhatikan adalah penetapan 10 Dzulhijjah sebagai hari raya Idul Adha. Kenapa begitu? Karena puasa Arafah ini dilaksanakan tepat satu hari sebelum Idul Adha. Puasa Arafah ini biasanya juga berbarengan dengan pelaksaan ibadah wukuf di Arafah oleh jama'ah haji.

Pada tahun ini, pelaksaan hari untuk berpuasa Arafah menggalaukan beberapa pihak. Pemerintah Saudi Arabia melalui Ummul Qura menetapkan Idul Adha tahun ini jatuh pada Sabtu, 4 Oktober 2014. Sedangkan wukuf di Padang Arafah dilaksanakan pada Jumat, 3 Oktober 2014. Sementara pemerintah Indonesia lebih lambat satu hari dalam menetapkan Idul Adha. Dengan demikian berarti puasa Arafah di Indonesia tahun ini tidak berbarengan dengan pelaksanaan wukuf.

Ketidak barengan itulah yang menjadi masalahnya. Beberapa pihak kurang ngeh kalau puasa Arafah tidak berbarengan dengan pelaksanaan wukuf. Saya sendiri, mau berbarengan dengan pelaksanaan wukuf atau tidak, selama pemerintah sudah menetapkan tanggal 5 Oktober sebagai hari raya Idul Idha, maka tanggal 4 Oktober adalah pelaksanaan puasa Arafah. Tidak perlu galau.

Dan lagi, untuk meredam polemik perbedaan puasa Arafah tahun ini, pihak MUI menjadi penengah agar tidak galau. Berikut ini petikan wawancara pimpinan MUI pusat Anwar Abbas dengan JPNN.

"Apakah itu 9 Dzulhijah-nya jatuh pada 3 Oktober atau 4 Oktober, mengacu pada keputusan yang dipilih masyarakat masing-masing,".

Beliau memberi penjelasan kalau pelaksanaan ibadah puasa Arafah bukan mengacu pada pelaksanaan wukuf. Puasa Arafah dilaksanakan mengacu pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa Arafah tidak terkait dengan pelaksanaan wukuf. Ibaratnya seperti ini, misal di Makkah (khususnya di Arafah) terjadi bencana alam besar sampai-sampai wukuf tidak bisa dilaksanakan, apakah pelaksanaan puasa Arafah juga ikut diundur?

Jadi, meskipun Puasa Arafah Tahun Ini tidak berbarengan dengan pelaksanaan wukuf, hal itu tidak harus dijadikan polemik dan tidak harus menjadikan galau :)

Selamat berpuasa!

Referensi :
- JPNN
- Rumaysho

Tag : Everything, id., Sabtu
0 Komentar untuk "Puasa Arafah Tahun Ini"

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top