Sedikit Mengenal Sistem Informasi Geografis - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Sedikit Mengenal Sistem Informasi Geografis

Artikel berjudul Sedikit Mengenal Sistem Informasi Geografis ini merupakan isi dari bab pendahuluan makalah berjudul Instalasi MapServer dan Menampilkan Peta pada Web Browser di Windows 8.1 64 Bit yang saya presentasikan pada dosen pengajar mata kuliah Sistem Informasi Geografis pada hari Ahad, 31 Mei 2015.

---

Sistem Informasi Geografis (SIG) atau yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai Geographic Information System (GIS) merupakan sebuah sistem informasi yang dipergunakan untuk membuat digitalisasi terhadap peta. Pembuatan peta yang sebelumnya dibuat pada kertas (dan media lain selain komputer), dengan Sistem Informasi Geografis ini dapat dibuat menggunakan program komputer khusus yang didesain untuk menangani informasi spasial (berhubungan dengan keruangan).

Sebagai sebuah sistem informasi, aplikasi Sistem Informasi Geografis memiliki kemampuan untuk membuat, menyimpan, mengelola, serta menampilkan informasi geografis atau informasi spasial. Dalam penggunaannya, Sistem Informasi Geografis ini dapat digunakan untuk kebutuhan investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangungan, juga untuk perencaaan rute.

Sebelum digitalisasi terhadap peta, sekitar 35.000 tahun yang lalu para pemburu Cro-Magnon menggambar hewan mangsa mereka pada dinding gua yang berada di Lascaux, Perancis. Selain hewan mangsa, juga turut digambarkan garis yang diyakini sebagai rute migrasi dari hewan Cro-Magnon buruan mereka itu. Catatan mengenai hal ini sesuai dengan arsip grafis yang terhubung pada basis data atribut, yang merupakan dua elemen pada sistem informasi geografis modern.

CGIS (Canadian Geographic Information System – Sistem Informasi Geografis Kanada) merupakan sistem geografis modern awal yang dipergunakan untuk memetakan berbagai informasi pertanahan, pertanian, pariwisata, alam bebas, dan penggunaan tanah di Kanada menggunakan skala 1:250.000. Tahun 1967 merupakan awal pengembangan dan penerapan SIG oleh Roger Tomlinson (yang kemudian dijuluki sebagai “Bapak SIG”) dari Departemen Energi, Pertambangan, dan Sumber Daya di Ottawa, Ontario.

Dengan berkembangnya kemampuan komputasi komputer. Dari yang dulunya hanya berupa aplikasi desktop, perkembangan terkini mengharuskan sebuah aplikasi untuk dapat dijalankan melalu jaringan. SIG juga turut beradaptasi terhadap kebutuhan ini. Salah satu perangkat lunak SIG yang memungkinkan data spasial dapat ditampilkan melalui web browser adalah MapServer. Aplikasi MapServer disponsori oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration) untuk proyek ForNet (proyek manajemen sumber daya alam). MapServer yang pertama kali dikembangkan di Universitas Minesotta, Amerika Serikat ini saat ini dikembangkan oleh berbagai pengembang dari berbagai negara karena bersifat Open Source (berkode sumber terbuka).

Peta Jawa Timur Memanfaatkan Aplikasi MapServer - Sistem Informasi Geografis
Peta Jawa Timur Memanfaatkan Aplikasi MapServer

Pustaka : Wikipedia Indonesia, Dokumentasi MapServer

Tag : id., Kamis, Kuliah
3 Komentar untuk "Sedikit Mengenal Sistem Informasi Geografis"

ijin nyimak gan, sepertinya agan lagi buat skripsi ya?

Aku kuliah di Sistem Informasi, pas tahun ajaranku buka 2 mata kuliah pilihan, GIS dan Akutansi. Aku sih pilih Akutansi. Tapi dikit-dikit paham tentang GIS. :D Sahabatku soalnya ambil GIS. Keren loh kalau bisa menguasai ini.

wih keren.. bisa ajarin gis yg dikit2 itu? ajarin dong.... hihihi

sistem informasi akuntansi itung2annya gede2 semua. bikin pusing

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top