Memulai Kerja Praktik Semester 7 - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Memulai Kerja Praktik Semester 7

Teman-teman KKN di Desa Tegalagung. Foto KPnya belum ada!
Teman-teman KKN di Desa Tegalagung. Foto KPnya belum ada!

Semester 6 yang lalu, ditengah permasalahan membelit kampusku, aku, dan juga teman-teman lainnya mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN). Baik mahasiswa teknik (Teknik Industri, Teknik Informatika), mahasiswa Bahasa, dan mahasiswa jurusan PAUD mengikuti KKN ini. Selama bulan Agustus.

Selesai bulan Agustus. Selesai pula KKN yang aku lakukan di Desa Tegalagung yang tempatnya menyenangkan itu. Terlebih, makanannya enak: BELUT PEDAS!

Waktu terus saja berlalu.

Selesai KKN, memasuki semester 7 (cie mahasiswa semester akhir) seluruh mahasiswa Teknik Informatika disodori satu mata kuliah berupa Kerja Praktik (KP). Di kerja praktik, waktu yang diberikan oleh pihak kampus adalah minimal 1 bulan. Namun, untuk perhitungan saat ini, dari satu bulan itu yang efektif kira-kira hanya 3-4 hari kerja saja.

Senin - Selasa - Rabu. Itulah hari efektif kuliah praktik yang kulakukan di sebuah instansi pemerintahan di Kabupaten Tuban. Hari Kamis dan Jum'at libur dari Kerja Praktik karena perkuliahan masuk (sebenarnya hari Kamis tidak ada perkuliahan sih. hhe). Dikarenakan jadwal ini, aku dan 3 orang temanku memutuskan untuk meminta waktu Kerja Praktik selama 1,5 bulan. Yah, lumayanlah bisa efektif sekitar 18 hari.

Kami memulai Kerja Praktik semester 7 ini pada hari Senin pekan kemarin. Hari Senin tanggal 5 Oktober 2015 tepatnya. Kelompokku termasuk kelompok awal yang sudah mengajukan Kerja Praktik ke instansi dan Alhamdulillah langsung di ACC oleh Pak Edy: bagian sekretariat tempatku Kerja Praktik saat ini.

Pada hari pertama itu, kelompokku sama sekali belum tahu apa yang harus dilakukan. Tidak ikut apel rutin pagi hari, lalu manut (ikut) saja ketika dilakukan pembagian Kerja Praktik ke unit-unit yang ada di instansi itu. Selama hari pertama memulai Kerja Praktik, Aku kebagian tugas untuk menginput data ke sistem online. Temanku yang ada di unit bersamaku kebagian tugas mengetik dokumen. Dan dua orang temanku (perempuan) yang berada di unit Sekretariat menganggur, tidak ada tugas yang waktu itu bisa dikerjakan.

Dari tugas input data ke sistem online itu, aku baru tahu dan benar-benar yakin kalau sistem online di instansi pemerintah (tempatku Kerja Praktik saat ini) merupakan sistem online yang dibuat tidak begitu jauh (penampilan dan fungsionalitanya) dari apa yang selama ini menjadi tugas akhir dalam beberapa semester perkuliahan.

Jadi bisa dibilang, tugas akhir yang sudah kami lakukan (terutama bagian tugas akhir berbasis web) bisa digunakan untuk bersaing memperebutkan konsumen. Tetap semangat! Ternyata standar pengerjaan kita mendekati sistem yang kini dipakai sebagai sistem nasional di instansi ini kawan!


Selamat tahun baru hijriah ya teman-teman. Mumpung libur panjang dari Kerja Praktik, dan mumpung sedang ada keinginan untuk menulis serta 'menghidupkan' blog yang beberapa bulan sunyi ini. Hehe.

Tag : id., Kuliah, Ma/Sleng, Rabu
0 Komentar untuk "Memulai Kerja Praktik Semester 7"

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top