Gadget 2015 - Gadget 2016 - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Gadget 2015 - Gadget 2016

Di tahun 2015 ini, beragam gadget beredar di pasaran Indonesia. Portable media player, tablet, dan smartphone dengan tipe dan merk baru 'menyerbu' kue lezat yang bernama pangsa pasar Indonesia.

Khusus untuk smartphone, perangkat ini yang pada tahun 2015 seringkali aku mengikuti tren perkembangannya.

Di 2015 beberapa merk smartphone baru bersinar moncer. Infinix salah satunya. Merk smartphone lama come back ke pasaran Indonesia: Alcatel. Dan merk smartphone Tiongkok: Xiaomi juga turut moncer.

Infinix dengan Infinix Hot Note X551, Infinix Zero, Infinix Hot 2, dan Infinix Note 2 X600. Alcatel pada tahun ini moncer dengan produk Alcatel One Touch Flash Plus, dan Alcatel Flash 2. Sementara Xiaomi moncer dengan Mi4i, Redmi 2, dan Redmi 2 Prime. Untuk produk Xiaomi yang bergaransi distributor, ada seri Redmi Note 2.

Dari beragam tipe smartphone 2015 diatas itu, dapat ditarik beberapa kesamaan. Yakni hampir kesemuanya mempunyai spesifikasi RAM minimal 1GB dan rata-rata RAM 2GB. Memori internal minimal 8GB dan rata-rata 16GB. Resolusi layar beragam, namun rata-rata sudah HD 720p dengan dimensi antara 4,5" - 5,9". Kamera belakang dengan flash dilengkapi kamera depan untuk mengakomodir selfie.

Dari daftar yang aku buat diatas itu, Infinix Hot Note X551, Alcatel One Touch Flash Plus, dan Xiaomi Redmi Note 2 pernah ku coba. Bahkan Infinix Hot Note X551 saat ini menjadi smartphone utamaku menggantikan Alcatel One Touch Flash Plus yang hanya ku gunakan kurang dari satu pekan saja.

Satu alasan kuat menggunakan Infinix Hot Note adalah kapasitas baterainya yang besar dan dilengkapi fitur pengisian cepat (fast charging). Fitur dan spesifikasi yang ditawarkan standar saja. Namun untuk penggunaan harian sudah lebih dari cukup.

Alasan untuk melepas Alcatel One Touch Flash Plus adalah karena pengisian baterai yang lama. Selain itu warna yang disajikan layar smartphone ini kurang cocok bagi ku. Meskipun harus diakui, desain Alcatel ini lebih nyaman digunakan dibanding desain Infinix Hot Note.

Untuk Xiaomi Redmi Note 2 sekitar satu pekan ku gunakan. Fungsi yang ditawarkan Redmi Note 2 ini paling lengkap. Selain terdapat kompas (sama seperti Alcatel One Touch Flash Plus), smartphone ini juga menyediakan infra merah. Gunanya untuk mengontrol alat elektronik seperti AC, Televisi, TV Box, dll. Apa aku pernah mencoba fitur remotenya Xiaomi Redmi Note 2? Tentu pernah. Dan berhasil mengontrol AC Sharp menggunakan aplikasi ZaZa Remote. Mantap!

Ketiga smartphone diatas itu memiliki RAM 2GB dengan memori internal 16GB.

Menurutku, untuk tren Gadget 2016 mendatang, akan banyak merk 'baru' dengan menawarkan harga lebih terjangkau dan spesifikasi minimal memiliki RAM 2GB, memori internal 16GB. Dengan kondisi yang demikian itu, akan banyak kesempatan bagi ku (terutama), dan bagi kita semua untuk memperoleh keuntungan dari makin beragamnya pilihan gadget (khususnya smartphone) pada tahun 2016.

Entah itu untuk menggantikan/meremajakan smartphone yang saat ini kita pakai, atau untuk memperoleh keuntungan penjualan lewat jual-beli smartphone. Semoga saja tahun 2016 lebih baik dari tahun 2015. Amin!!!

Oiya, jangan lupakan merk Meizu lewat smartphone Meizu M2 Lite dan Meizu M2 Note. One Plus One. Dan juga Lenovo yang pada tahun 2015 mengeluarkan banyak tipe smartphone dengan spesifikasi rata-rata tulisan ini.

* tulisan santai, jangan terlalu serius yak!

0 Komentar untuk "Gadget 2015 - Gadget 2016"

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top