Ini Pengalaman Sial atau Tidak? Flashing Lenovo A1000 - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

Menulis Lagi... Lagi Menulis.

Ini Pengalaman Sial atau Tidak? Flashing Lenovo A1000

Di penghujung tahun 2013 kemaren, tepatnya tanggal 26-27 desember 2013 kejadian yang bisa dikatakan 'sial' ini menimpa saya. Gara-gara kejadian ini, waktu itu ingin rasanya berontak-seberontaknya, melepaskan permasalahan yang terjadi dengan cara berkoar-koar nanya lewat Facebook.

Tapi masalahnya, kejadian ini terjadi pada malam hari, sekitar pukul 10 malam. Mana ada orang yang mau bantuin dijam segitu, kalaupun ada yang mau bantuin, apakah dia bisa diandalkan. Ahhh... Mending saya menyelesaikannya sendiri, pikir saya.

Semuanya berawal karena rasa bosan. Bosan dengan tampilan background sebuah tablet android yang beberapa waktu lalu (alhamdulillah) bisa saya beli. Tablet Android Lenovo A1000 yang bersistem operasi Android Jelly Bean a.k.a 4.1. Bagi sobat blogger yang punya gadget dengan sistem operasi Jelly Bean mungkin juga mengalami hal yang sama: bosan dengan warna background hitam, tak menunjukkan keceriaan sama sekali.

Karena bosan itulah, mulai saya mencari cara untuk mengubah background. Googling, nemu sama tutorial mengganti warna latar seperti yang saya inginkan. Girang bukan main perasaan saya, ternyata bisa diganti.

Kegirangan mengetahui background yang hitam itu bisa diganti, tidak berlangsung lama. Soalnya, harus dilakukan Root terlebih dulu agar bisa mengubah background di Android 4.1. Wah, padahal saya sudah berjanji pada diri sendiri untuk tidak macam-macam dengan tablet pertama yang saya miliki ini. NO ROOT, JUST GENUINE FIRMWARE ONLY.

Apakah saya menyerah? Atau saya melanggar janji saya pada diri sendiri?

Ternyata saya melanggar janji. Entah dibisikin setan model apa, saya malah terus melangkah me-root Lenovo A1000. Proses rooting berjalan lancar tanpa kendala, beralih ke mengubah file system (ini yang nantinya membuat 'sial'), Saya ikuti tutorial yang sebelumnya saya dapati dari googling itu, sampai pada langkah paling riskan. Deggg... Setelah sebuah file system saya hapus. Dengan niatan diganti dengan file system yang sudah dimodifikasi, hasilnya malah membuat tablet mati. MATI TOTAL!!!

Kejadian ini tentu memukul perasaan saya. Sudah melanggar janji pada diri sendiri, eeeh, malah ditambah tabletnya mati total. Ingin sekali rasanya menyalahkan diri sendiri, juga ingin rasanya bertanya ke ahli 'ginian', tapi hari sudah larut malam. Saya mengurungkan niat bertanya. Saya harus bisa mengatasinya sendiri: bathin saya.

Malam itu saya tidak tidur agar bisa 'membangkit'kan tablet satu-satunya. Nyari tutorial di Kaskus, tapi malah bingung dengan istilah-istilah yang mereka pakai. Ada ROM, Flashing, Flash Tool, MTKDriver dll..

Berbekal nekat, saya tetap melanjutkan operasi pembangkitan. Download ROM (yang digunakan sebagai sistem operasi) yang filenya berukuran gede-gede, download Flash Tool, MTKdriver, semuanya saya download. Tanpa berfikir entah itu nantinya berguna atau tidak. Yang penting Leny (nama panggilan untuk Lenovo A1000) bisa hidup lagi.

Singkat cerita, semua file yang dibutuhkan sudah terdownload, tinggal langkah flashing yang harus dijalankan. Tanpa pengalaman sebelumnya, dengan berbekal tutorial di Kaskus diramu kenekatan, saya mencoba flashing Leny. Dan, hasilnya beberapa percobaan awal adalah GAGAL. Flashing Tool tidak mendeteksi Tablet Lenovo A1000 yang sudah saya sambungkan lewat kabel usb.

Flash Tool Lenovo A1000. Tabib 'pembangkit' Lenovo A1000
Flash Tool Lenovo A1000. Tabib 'pembangkit' Lenovo A1000 saya.

Tidak menyerah, saya mencoba membaca tutorial dengan lebih teliti. Owalah, ada langkah yang salah ternyata. Seharusnya Leny baru disambungkan ke komputer pas Flashing Tool sudah siap dijalankan, lah saya tadi udah nyambungin Leny duluan. Padahal Flashing Tool belum siap dijalankan untuk mentransfer ROM ke si Leny.

Dan akhirnya... C'est La Vie! Tablet saya bisa hidup lagi. Dengan custom ROM Allegro yang saya download dari forum berbahasa Rusia.

Tampilan custom ROM Allegro untuk Lenovo A1000 ini cantik, tapi sayangnya pada saat saya gunakan, ROM ini malah men-disable fungsi telepon yang dimiliki Leny. Karena hal ini, akhirnya saya memilih untuk mendownload file ROM lagi. Kali ini yang aseli.

Cantiknya Tampilan ROM Allegro Lenovo A1000
Tampilan ROM Allegro: Cantik.

Dengan ROM yang asli, semua fungsi tablet Lenovo A1000 berjalan dengan lancar. Alhamdulillah, saya membathin. Berarti tablet pertama dan satu-satunya yang saya miliki bisa bangkit dan digunakan lagi.

Namanya sudah tidak asli dari pabrikan, ada saja masalah Lenovo A1000 yang sudah bangkit itu. Lenovo A1000 yang sudah tersedia pembaruan firmware officialnya, tidak bisa diupdate via Over The Air (OTA). Payah. Berarti saya harus menerima versi android 4.1.2 saja. Tidak bisa minta ke versi yang lebih tinggi.

Tampilan default Android Jelly Bean 4.1 di Lenovo A1000
Hanya hitam, ini yang membuat saya merasa bosan.

Tapi, meskipun begitu, saya sangat bersyukur dengan ke'sial'an yang saya alami diatas. Dengan kecerobohan saya yang mengganti file system itu, saya jadi belajar dan memahami apa itu yang dinamakan ROM, apa itu yang dinamakan FLASHING, dan apa itu yang dinamakan FLASHING TOOL.

Sebuah pelajaran 'borongan' yang sangat berharga dipenghujung tahun 2013. Pembelajaran dengan langsung praktek, yang melebihi pembelajaran hanya dengan teori saja.

Terima kasih Tuhan, Maha Benar Engkau, dibalik setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Dengan kejadian diatas saya benar-benar bisa merasakan apa itu yang banyak orang menamainya dengan kata: HIKMAH.

Dan satu pelajaran lagi yang mungkin bisa kita petik. Jangan takut mencoba, meskipun itu akan gagal diawal. Dan jangan terlalu tergantung pada orang lain. Percayalah, diri kita sendiri bisa menyelesaikan masalah tanpa masalah *kayakPegadaianDong*.

2013 yang spesial, 2013 dengan gadget baru :)



"Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Something Special on 2013 by @meifariwis"

12 Komentar untuk "Ini Pengalaman Sial atau Tidak? Flashing Lenovo A1000"

itu berkah, karena dapat ilmu dan pengalaman, :)

sengsara membawa nikmat ya sob... mantab deh bisa utak atik lenovo a1000... jempol dah

sengsara membawa nikmat ya sob... mantab deh bisa utak atik lenovo a1000... jempol dah

Ane senasib sama ente gan tapi leny ane belum bisa bangkit kasih tutorial detil dan link downlod nya gan please

Ane senasib sama ente gan tapi leny ane belum bisa bangkit kasih tutorial detil dan link downlod nya gan please

Gan ane juga senasib sama ente leny ane tapi belum bisa bangkit gan tolong kasih tutor detil sama link downlodnya dong gan please help me

Saya juga punya yang sama, Lenovo a1000. baru 2 hari dipakai, mati total. diservice, hidup, dipakai 3 hari mati total lagi. sampai 3 kali , saya bawa ke Lenovo service Center . jalan normal, sekalipun semua aplikasi yg sdh didownload ilang semua. Belum ada sebulan, sdh mati lagi... CAPEKKK.... diapain ya ???

sama bro., gara2 1click rooting........
Nyari frimware

brooh... kasih tau doong tutoril, tool, sama stock room nya juga. ane juga ngalamin masalah yg sama niih :(. thanx brooh. mohon bantuannya.

Pengalaman sama kaya ane bro, tapi klo ane gara" lenny ane hank

sori baru bisa balas gan, ane dapet disini http://www.kaskus.co.id/thread/52226fa61f0bc3f03d000002/official-lounge-lenovo-ideatab-a1000/

kalau seperti itu, menurutku lebih baik ditukar dengan unit baru aja mbak, pasti masih garansi kan?

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top