Cloud Work, Kerja Di Awan! Bag I (Google Drive) - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Cloud Work, Kerja Di Awan! Bag I (Google Drive)

Jangan heran dulu dengan titel yang nyeleneh ini, juga jangan bilang basi terhadap postingan ini jika sudah pada tahu pembahasan yang akan aku tulis disini. Sekaranglah saatnya kita berlomba-lomba dalam penciptaan dan pemanfaatan teknologi untuk penyebaran informasi demi kepentingan bersama. Berlomba dalam penyebaran yang harus serba cepat tentunya.
Cloud Work, merupakan istilah yang aku tulis secara suka-suka disini karena istilah inilah yang aku anggap unik. Penggunaan cloud sebagai area kerja memang merupakan keniscayaan yang tak mungkin kita hindari. Banyak layanan cloud yang bisa kita gunakan untuk bekerja di awan, salah satunya Google Drive (drive.google.com).
Layanan gratisan dari google ini bisa diandalkan kemampuannya dalam coud work dan cloud storage. Dengan peyimpanan 5 GB gratis bagi tiap user, google drive memberi pelayanan yang sangat memuaskan. Mulai storasi awan sampai editing dokumen awan.

Kelebihan Google Drive :

  1. Kapasitas penyimpanan yang besar dan gratis yakni 5 GB gratis.
  2. Beragam tipe dokumen bisa kita buat menggunakan layanan Google Drive.
  3. Jika kamu pakai akun gmail, Google Drive terintegrasi dengan akun gmail tadi. Begitu masuk ke gmail, tinggal pilih Drive pada menu paling atas. Kamu tak perlu repot login lagi.
  4. Kemudahan berbagi file dan kolaborasi file dengan orang lain. Jika menggunakan Google Drive, kamu tak hanya bisa bekerja sendiri, tetapi juga bisa bekerja dalam tim yang tentu saja harus punya akun Google Drive atau Gmail.
  5. Kamu juga bisa mengedit dokumen milik orang lain yang dishare secara publik. Dokumen yang kamu edit tadi akan disimpan di Cloud akun kamu, dan dokumen master akan tetap seperti semula alias tak berubah.
  6. Penyimpanan otomatis. Setiap perubahan pada dokumen yang kamu edit akan otomatis disimpan oleh Google Drive untuk menjaga dokumen kamu up to date.
  7. Bisa berkolaborasi dengan aku :D hhheheh.
Skema Google Drive. Image by imuzcorner.blogspot.com

Kekurangan Google Drive :
  1. Harus selalu mempunyai koneksi ke Internet karena ini merupakan layanan Cloud.
  2. Rawan terhadap pelanggaran HAKI jika kita tidak berhati-hati dalam pemberian izin share ke publik.
  3. Namanya juga gratis, semua aturan tergantung pada Google, entah itu mau menghapus konten kita atau malah menghapus akun kita jika terbukti melanggar aturan mereka.
Diatas hanya beberapa keunggulan dan kekurangan cloud storage dan cloud work yang ditawarkan Google lewat Google Drive, terus ikuti blog ini untuk tahu info-info tentang Google Drive dan info-info lainnya, silahkan kamu coba sendiri layanan ini dengan mengunjungi laman drive.google.com.

Tag : id., Senin
0 Komentar untuk "Cloud Work, Kerja Di Awan! Bag I (Google Drive)"

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top