Sampah Vs Kita - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Sampah Vs Kita


"Dilarang membuang sampah di lokasi ini"
...

image by http://ainanug.blogspot.com
Sampah, semua orang (mayoritas) pasti akan berpikiran tentang hal-hal yang menjijikkan, kotor, bau jika dihadapankan pendapat mereka dengan frasa yang satu ini. Benar begitu adanya memang, mayoritas sampah yang ada disekitar kita belum dikelola dengan baik sehingga memunculkan permasalahan mindset diatas.

Namun sebagai insan blogger yang kreatif coba untuk berpikir lebih kritis, apa sampah memang dilahirkan dan tercipta untuk menjadi suatu hal yang menjijikkan? tentu tidak. Sampah juga bisa menjadi hal yang lebih bermanfaat jika dikelola dengan cara yang kreatif (aku salah satu yang belum memanfaatkan sampah secara kreatif).

Contohnya berikut ini:

1. Sampah kertas
Mungkin ini sudah basi, sudah banyak yang menulis perihal sampah kertas yang bisa didaur ulang dengan cara dilebur menjadi bubur kertas. Kreasi yang bisa dihasilkan dari bubur kertas inipun bermacam-macam. Untuk kreasi dan tata cara pengolahan sampah kertas ini silahkan tanya pada om aku di google.com dengan keyword "kreasi dan cara pemanfaatan sampah kertas". Sekedar info, aku pernah mencobanya tetapi malah blender yang aku pakai jadi rusak. hhhehe.

2. Sampah plastik
Kreasi yang paling sederhana yang pernah aku buat dari sampah jenis ini adalah kincir angin. Cukup bermodal plastik bekas minuman gelas serta menggunakan bantuan silet untuk memotong sampah minuman gelas sesuai desain kincir angin. Kalau tidak suka karya kincir angin yang polosan, bisa diwarnai menggunakan cat atau marker permanen. Selain kreasi sederhana ini juga banyak kreasi lainnya tergantung kreatifitas masing-masing.

3. Sampah organik
Dedaunan, kotoran hewan, sisa sayuran yang dimasak ibu yang tidak terpakai bisa dijadikan kompos untuk penghijauan tanaman. Mending kan, selain mengurangi sampah, juga sekaligus mengurangi pengeluaran untuk pembelian pupuk non organik yang malah pada komposisi tertentu bisa membahayakan kehidupan manusia dan lingkungannya.Selain digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk kompos, sampah dedaunan juga bisa digunakan untuk dijadikan beragam kreasi yang eksotis dengan cara pemanfaatan tulang daun (lebih lengkap tanya ke om ku lagi saja ; kreasi sampah tulang daun).

4. Komentar sampah
Nah, kalau sampah yang satu ini agak pelik dan ribet permasalahannya. Ketika suatu artikel atau informasi (khususnya di blog) mendapat tanggapan yang positif, tentu akan memberikan semacam energi positif kepada penulis artikel tersebut. Sebaliknya, kalau komentar yang muncul lebih banyak komentar sampah (spam) secara tidak langsung akan membuat penulis suatu artikel akan enggan untuk berkarya lagi. Ini yang berbahaya!

Pemanfaatan komentar semacam ini?
Nampaknya belum ada cara yang ampuh untuk memanfaatkannya. Lebih baik sabar saja dan ambil hikmahnya, paling tidak orang yang menulis komentar sampah itu tadi sudah ikut menyumbang 1 biji unique visitor bagi penulis (korban).

Penanggulangannya?
Nampaknya juga belum ada cara penanggulangan yang ampuh. Malah, akan menjadi perdebatan dan polemik yang panjang jika membahas penanggulangan jenis sampah yang satu ini. Jika disatu sisi penulis artikel ingin marah, kepada siapa ia akan marah? toh biasanya spammer sudah berwajah tembok dan berhati baja yang sudah siap untuk mendapat cacian dari para korbannya.

Ada sebuah ide yang terlintas dibenakku adalah memberikan wadah bagi mereka untuk berkumpul dan berinteraksi dengan sesama spammer. Mungkin unik sekali kalau sebuah wadah baik itu forum  atau blog yang isinya hanya komentar-komentar seadanya (spam). Konkritnya bagaimana zim? Aku juga belum tahu.

Berdoa saja semoga para spammer yang banyak berkeliaran pada suatu artikel lebih membawa manfaat daripada madharatnya.

Sekian saja artikel tentang sampah kali ini yang semoga artikel ini tidak menjadi sampah karena terlalu panjang lebar. Khusus untuk nomor 4 disini aku tidak bermaksud untuk menyudutkan pihak-pihak tertentu, ini murni suatu pembelajaran bagi semuanya saja karena aku dulu juga pernah melakukan komentar sekenanya (spam) tetapi alhamdulillah sekarang sudah tidak lagi. hhhe.

Mari ubah mindset kita tentang persampahan untuk merubah lingkungan terdekat kita menjadi lebih asri dan nyaman untuk ditempati (terutama aku mengajak diriku sendiri).

40 Komentar untuk "Sampah Vs Kita"

aku juga pernah tuh sob manfaatin sampah kertas jadi bahan pengganti tanah buat pot tabulampot :D

ciyus? apa gak mati tuh sob tanemannya,,, #apalagi.kalo.pake.kertas.minyak

ngambil sisi positif dari sebuah kondisi,
It's good mind. kecuali sampah no.4
coz sudah ada ptunjuknya "Qul khoiron auliasmut=
berkatalah yang benar atau no coment! :)

terkadang gak sadar lho kalo udh nyepam hhehehe yg dibilang tidak benar menurut orang lain, menurut spammer mungkin benar aja demi eksistensinya

Kalo menurut saya sih sampah no.4 itu langsung dihapus dan dibuang ke laut aja sob..
harus tegas dengan spammer :)

heheheh permasalahannya takut kena hukum karma, secara aku dulu kan pernah nyampah hhhehe

Sampah meskipun kebanyakan menjujikkan dan mengotori tapi kalau kita kreatif dan melihat sisi positif dari sampah tersebut kita bisa mendapatkan manfaat darinya termasuk yang no 4 juga

iya bang, , tinggal kreatif2nya kita aja gimana manfaatin

salam kenal, folbek ya sob.., thx *smile

nah ini diatas gue termasuk nomor 4 gak ya~ wkwkwk . .
kreatif sampe bisa ngaitin ke komentar wkkwk-__-
tetep yaaa semua ada hikmahnya dan manfaatnya :))
sampah aja bermanfaat .nahloh kita manusia harus lebih bermanfaat dari sampah :)

wah kalo sampah masyarakat di bang kemana mad hahahaha

Hahaha,bisa aja d kaitkan dengan Komentar sampah..ckckckc
Semoga Limbah Sampah d negeri ini semakin Berkurang AMIN !!

Tidak selamanya sampah itu menjijikan, begitu banyak orang diluar sana yg hidupnya tergantung sama keberadaan sampah, tak terkecuali sampah komentar : ))

bener juga sih kadang benda-benda yang kita anggap jijik itu bisa mendatangkan sesuatu juga.

dulu gue pernah pengen nyoba ngumpulin sampah kertas dirumah, tapi ga jadi. Ternyata lo udah nyoba dan hasilnya sukses bikin blender lo rusak.

sampah komentar? "nice postingan, kunjungan balik, follow ya" kasihan juga mereka, moga cepet sadar aja.

nice postingan***sampah komentar ni..

postingan kalu berkaitan sampah..emm nanti aku mau nulis ginian.
wkwkw tapi isinya sampah masyarakat..

hahaha... bener juga lo ...
biasanya sih yang suka nyampah tuhsi OUTBOND MALANG ...
yah mau gimana lagi , kita cuekin aja deh yaah:P

gue juga pernah bahas masalah gini "nicepost" judulnya ..

sori baru bisa nongol ..
abis jalan sama celline nih gue :P

lewat blog bang kita2 harus sedikit lebih bermanfaat hhehe

salam olahraga eh salam manusia manfaat :D

buang ke rumah mu ajja nem,, biar jadi koleksi pribadimu hhhhehe

aku aminin bang AMINN terutama yg sekarang lgi kasus di senayan :) moga cepet ter B O N G K A R !

iya bang :)

memang kalau kreatif apa sih yang enggak, sampah pun bisa jadi bermanfaat dengan sentuhan manusia2 kreatif

kalau blender rusak itu kasihan emak aku,, aku sih gak ikut punya blender kok :D

itu komentar sebenernya bisa dikategorikan lain kalau ada sedikit tambahanannya alias bukan komentar begitu apa adanya *upsss

ayoo2 ditunggu yak postingannya :D

nanti aku komen disana lho, komen non spam :)

gak asik ah, celline diambil sendiri. mustinya tuh ya bagi2 dong *anak.orang.kok.dibagi2 ....

tuh outbond kasian juga lho, masa tiap hari komen2nya gitu mulu gak bosen apa.... hhehehe

n tambahan, kehadiran "elo" udh lama aku nantiin, smpe2 di wc aku juga mikirin kamu, sambil ngupil hhhahahha

sampah dr dlu memang susah nanangninya. udah beberapa cara utk melenyapkannya, tapi balik -lagi-balik lagi. :(

sampah yg mana vas?

emang gitu sih, yg namanya sampah sulit ilangnya tapi takkan sulit jika bersama berantas sampah hhehehe :)

Bagus sekali Mas...memang sampah udah menjadi dua yakni sampah nyata dan sampah maya alias SPAMER.Setidaknya kita lebih menghargai artikel atau tulisan orang lain dengan memberi sedikit tanggapan baik dan postif dari artikel yang kita baca.

Mas..thks ya :)

udah, gak ada cara buat daur ulang komentar sampah. Nyelapkan aja langsung dari peradaban. Tapi buat koleksi kayaknya bagus juga deh. ckck ^_^

komentar sampah --> Hapus komentar --> komentar ini telah di hapus oleh admin
hahaha

hhehehe sama2 mas, sory kalo naruh link ke blog kamu gak bilang2 n tetaplah pada koridor komentar yg baik :)

sadis amat yah mbaknya yg satu ini :@

coba dulu buat halaman khusus buat spammer pasti lebih lucu n unyu2 deh *eh

adminnya baik kok, gak kayak gitu2 amat :D

sampai skrg pun masih aman2 belum ada yg dihapus (belum ada korban) hhehe

kalo sampah nomer 4 ??? no coment -___-
biarin aja mereka dgn kreatifitas anehnya itu hehe

jangan dibiarin, musti dibina #ngencengin dasi

Sampah nomer 1-3 memang bukan musuh bagi kita karena menurut saya kita takkan lepas dari mereka, kalau sampah nomer 4 barulah musuh kita semoga tak ada SPAM yang terus menerus agar mudah di basmi :D

turunkan spam, turunkan spam, tolak spam *upsss

ahahaha semuanya musuh kalo kita tidak bisa menanganinya secara baik :)

Sebenarnya masalah sampah-sampah ini klise tapi cara jitu cuma satu ya buang sampa pada tempatnya [solusi klise juga].
tapi kata teman saya "karena semua tempat mirip tempat sampah jadi buang saja" << [ini yang ngak bener]
eh bai de wei Komentar saya termasuk sampah ngak ya? :)

nampaknya enggak spam nih,, susah juga emang kalo ngebahas kayak ginian

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top