Pengenalan Sistem Operasi (Instalasi Windows) - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

Selamat hari santri *kiss* pak presiden...

Pengenalan Sistem Operasi (Instalasi Windows)



TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM KOMPUTER DASAR
MODUL 8
PENGENALAN SISTEM OPERASI (INSTALASI WINDOWS)

Nama       : Ahmad Mu'azim Abidin
NPM       : 1412120079
Angkatan : 2012 / A


1. Jelaskan sejarah perkembangan windows!

Sistem operasi Windows berasal dari QDOS (Quick and Dirty Operating System) yang ditulis pada tahun 1980. Pada 1981 dinamakan MS-DOS dan PC-DOS untuk sistem operasi yang dijual pada perusahaan IBM.

Pada 1985 diperkenalkan MS Windows yang merupakan sistem operasi berbasis GUI (Grapichs User Interface) yang mempunyai kemampuan multitasking. Lalu setahun kemudian diluncurkan MS-DOS versi 3.2 yang ditambahkan dukungan untuk Floppy 3.5 inch 720KB.

Tahun 1994 merupakan tahun terakhir pengembangan MS-DOS yang terhenti pada versi MSDOS6.22.

Pada era tahun 2000 diluncurkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT dan sekaligus meluncurkan Windows ME sebagai varian terakhir Windows 95. Pada tahun 2001 diperkenalkan Windows XP dan tahun 2003 diluncurkan Windows Server 2003. Pada tahun 2007 diluncurkan Windows Vista diteruskan oleh Windows 7 dan yang terakhir ini diteruskan oleh Windows 8.

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan : 

a. BIOS : BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System yang berfungsi untuk mengatur konfigurasi sistem beserta hardware input output yang terpasang pada suatu perangkat komputer. Untuk dapat menampilkan BIOS, sebelum masuk pada sistem operasi atau pada saat booting, segera klik tomblo ESC pada pojok kiri keyboard. Pada tampilan BIOS akan ada beragam pengaturan untuk perangkat keras komputer tersebut.

b. Instal : Merupakan suatu kegiatan awal untuk bisa menjalankan program aplikasi pada suatu sistem operasi (instal aplikasi). Sedangkan instal sistem operasi merupakan langkah awal untuk penyalinan file-file sistem operasi itu sendiri pada penyimpanan sekunder (HDD, SSD) sebelum bisa dijalankan pada suatu perangkat komputer atau laptop.

c. Folder : Bisa dibilang sebagai tas atau map yang ada pada suatu sistem operasi komputer. Folder ini digunakan untuk mengelompokkan suatu file atau folder tertentu dengan kriteria berdasarkan tipe, tanggal modifikasi, pembuat dan lain sebagainya tergantung apa yang akan digunakan sebagai kriteria oleh user sendiri.

3. Jelaskan perbedaan Windows 32 bit dengan 64 bit!

Perbedaan antara Windows 32 bit dengan Windows 64 bit terletak pada kemampuan menangani memori RAM antara keduanya. Dimana untuk versi 32 bit mampu menangani hanya sampai 4 GB memori RAM sedangkan Windows versi 64 bit bisa menangani RAM melebihi 4 GB.

Secara kinerja, Windows 64 bit bekerja lebih cepat dibandingkan Windows 32 bit dan pada versi 64 bit ini bisa menggunakan aplikasi yang dibuat untuk Windows versi 32 bit dengan mode compatibility. Satu diantara beberapa kelemahan menggunakan Windows versi 64 bit adalah tidak supportnya beberapa driver pada sistem operasi Windows 64 bit.

Untuk komputer dengan spesifikasi standar (RAM 1 GB) disarankan menggunakan sistem operasi Windows versi 32 bit. Bit sendiri merupakan bilangan dalam kode biner antara 1 dan 0.

4. Apa fungsi dari Windows Explorer?  Sebutkan 2 cara membuka windows explorer!

Windows Explorer berfungsi untuk membuka direktori data-data yang ada pada sistem operasi Windows. Selain kegunaannya untuk membuka direktori data, Windows Explorer juga bisa digunakan untuk mengurutkan file atau folder dengan beberapa kriteria tertentu yang sudah dibuat oleh Microsoft seperti berdasarkan tipe file, tanggal pembuatan, besar-kecil file dan sebagainya.

Cara membuka Windows Explorer bisa dengan Start - My Computer atau dengan kombinasi tombol Home (Windows) dan E. Selain itu juga bisa dibuka dengan mengetikkan perintah explorer pada menu Run pada Windows XP.

http://kaazima.blogspot.com/
KaAzima's QR Code

#Jawaban dari beberapa pertanyaan diatas belum kesemuanya valid. Harap koreksi atas kesalahan yang ada. Untuk modul 7 silahkan klik link berikut ini [MODUL 7].

15 Komentar untuk "Pengenalan Sistem Operasi (Instalasi Windows)"

udah pernah nyoba juga sih :D .

tugas kuliah zim? gak khawatir ada yg plagiat nih dipajang di blog?

puh suangar tenan mbleh sumpah suangar tenan sumpah

nah yang mau aku tanya maksud gambar yg di bawah ini apa?

kok i korea kalo beli baju yg di foto kode hitam iitu ya? cara kerja nya gimana?

iya ini tugas kuliah,,, emang sengaja ditulis diblog, yah kalaupun ada yg mlagiasi semoga itu menjadi tambahan pahala bagiku :)

sebenarnya pusing yang kayak gini
aku milih terima jadi aja

asal bisa buat desain
hohohohoh
>,</

itu namanya QR code , cara kerjanya tinggal discan pake QR COde scanner, ntar kode itu bisa munculin beragam tulisan atau link web. Kalo yang diatas itu ngLinknya ke blog ini

wah2,, paduan yang cocok ini, sampeyan tukan desainnya, aku yg tukang SO nya :D

nice share sobat...
32 bit dan 64 bit,,itu yg ane suka..wkwk
karena untuk membedakan windows 32 dan 64 bit tidak sama dengan membedakan kecepatan kuota koneksi internet yaitu byte dan bit. haha
salam hangat sob^^

hhheheh iya tuh,,, beda banget bit di OS dengan byte di kecepatan kuota internet... hampir sama, tapi beda :)

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top