Ini Baru Review Asus ZenPower 10.050mAh! - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Ini Baru Review Asus ZenPower 10.050mAh!

Kepengen beli power bank Asus ZenPower 10.050mAh? Siapkan dana senilai Rp 299.000an. Karena dari pantauan saya harga ZenPower dipatok segitu di sebuah situs belanja gadget langganan saya.

Setelah pada postingan sebelumnya saya 'membuka baju' alias meng-unpack Asus ZenPower 10.050mAh berwarna Brilliant Silver, kali ini waktunya untuk mereview power bank Asus ZenPower ini. Akankah handal? Akankah layak untuk dibeli dan disandingkan dengan gadget kesayangan kalian? Monggo disimak bersama...

Punya KTP? atau, punya KTM? atau, punya kartu kredit? Kalau iya, coba perhatikan ukuran panjang x lebar dari kartu-kartu yang saya sebutkan diatas itu. Ukurannya hampir identik, bisa muat dimasukkan kedalam dompet. Betul bukan?

Mungkin saja terinspirasi dari hal itu, Asus sebagai merk global menghadirkan produk power bank berkapasitas besar (10.050mAh), namun berdimensi panjang x lebar yang hanya seukuran kartu kredit. Asus menambahkan label "NO. 1 Credit Card Size 10.050mAh" pada label plastik tersemat di power bank ZenPower ini. Dimensi panjang x lebar memang seukuran kartu kredit, meskipun begitu tetap saja ZenPower ini tidak bisa dimuat ke dalam dompet. Lha wong tebalnya 22 mm je!

Asus ZenPower 10.050mAh Brilliant Silver Dalam Genggaman
Asus ZenPower 10.050mAh Brilliant Silver Dalam Genggaman
Kesan pertama menggenggam ZenPower, rasanya mantap di genggaman. Hal ini berkat desain kompak yang dibuat berbahan casing alumunium ringan berpermukaan lembut. Dengan casing alumunium ini, ZenPower dijamin tahan terhadap benturan dan anti terhadap goresan. Jadi, tidak perlu lagi mengeluarkan dana ekstra untuk membeli pelindung power bank!

Setelah unpacking yang lalu, saya tidak langsung menjajal ZenPower. Soalnya lagi banyak kegiatan *alasandoang. Beberapa hari kemudian barulah saya mencoba-pakai untuk kemudian dapat menuliskan reviewnya di blog.

NO. 1 Credit Card Size 10.050mAh
NO. 1 Credit Card Size 10.050mAh 
Pada bagian atas ZenPower, terdapat port micro usb untuk mengisi daya ke ZenPower yang bersebelahan atas-bawah dengan port usb untuk mengalirkan daya dari ZenPower ke gadget kalian. Sebelah kedua port itu ada indikator lampu 4 buah dan tombol bulatan besar sebagai tombol daya. Sisi samping kanan dan kiri bersih tanpa ada tambahan apapun, sisi depan hanya ada tulisan logo Asus, sisi belakang juga bersih, sementara sisi bawah terdapat tulisan spesifikasi singkat dari ZenPower 10.050mAh ini.

Penampakan Sisi Atas ZenPower 10.050mAh
Penampakan Sisi Atas ZenPower 10.050mAh
Penampakan Sisi Bawah ZenPower 10.050mAh
Penampakan Sisi Bawah ZenPower 10.050mAh
Waktu pertama kali ZenPower saya tekan tombol dayanya, indikator daya menyala dua buah, sisanya lagi padam. Langsung saja saya isi terlebih dahulu menggunakan kabel micro usb bawaan yang berwarna putih itu. Sayangnya, dalam paket penjualan tidak disertakan kepala charger yang berguna untuk mengisi daya ZenPower. Mungkin saja pihak Asus beranggapan kalau pengguna smartphone saat ini pasti sudah mempunyai kepala charger sendiri, minimal sudah mempunyai charger micro usb. Makanya tidak perlu diberikan kepala charger lagi.

Pengisian Awal ZenPower
Pengisian Awal ZenPower
Setelah terisi penuh, ZenPower langsung saya coba untuk mengisi daya tablet Lenovo A3300-HV. Hasilnya, dapat digunakan untuk mengisi daya tablet sebanyak dua kali. Pengisian pertama dari mulai daya tablet sekitar 60%, dan pengisian kedua dari mulai daya tablet sekitar 25%.

Selain itu, ZenPower juga saya gunakan untuk mengisi daya ponsel Lumia 535. Kedua pengujian ini menggunakan kabel micro usb bawaan. Jadi dapat diambil kesimpulan kalau ZenPower ini, baik unit power banknya sendiri, maupun unit micro usb bekerja sebagaimana mestinya.

ZenPower in Action! Mengisi Daya Lenovo A3300-HV
ZenPower in Action! Mengisi Daya Lenovo A3300-HV
Pada saat pengisian daya ZenPower, indikator baterai akan berkedip-kedip sesuai dengan jumlah daya yang sudah tersimpan. Kalau sudah keempatnya menyala tanpa berkedip, itu menandakan daya ZenPower sudah terisi penuh dan siap diajak berpetualang. Pun begitu pada saat mengisi daya gadget, indikator baterai akan berkedip-kedip juga. Indikator baterai akan berkurang, dari yang mulanya berkedip empat, jadi hanya berkedip tiga atau dua lampu saja.

Oiya, yang asik dari ZenPower ini menurut saya adalah kemampuan otomatisnya. Jadi, kalau ZenPower dihubungkan ke gadget, ZenPower otomatis akan men-charge daya baterai gadget tanpa perlu menekan tombol bulatan besar. Otomatis yang lain adalah proteksi dari aliran pendek listrik dan proteksi dari tegangan berlebihan pada input/output. Makin asik pakenya!

Dengan mengusung kelebihan berupa teknologi otomatis itu, ZenPower dihadirkan dalam berbagai pilihan warna: Osmium Black, Sheer Gold, Glamor Red, Asure Blue, dan Brilliant Silver seperti yang saya review ini.

Kelemahan dari ZenPower ini kalau menurut saya terletak pada ketiadaan kepala charger. Tapi kalau melihat power bank produk pesaing, rata-rata juga tanpa kepala charger kok. Jadi boleh dibilang ini merupakan kelemahan yang tidak membuat lemah *duhbingungkan.

Kepengen beli power bank Asus ZenPower 10.050mAh? Siapkan dana senilai Rp 299.000an. Karena dari pantauan saya harga ZenPower dipatok segitu di sebuah situs belanja gadget langganan saya.

Rincian spesifikasi ZenPower 10.050mAh:

  • Tipe Baterai: Japanese Panasonic Li-ion rechargeable cell
  • Input / Output: DC 5V 2.0A / DC 5.V 2.4A Quick Charging
  • Rated Capacity: 3.6V / 10050mAh
  • Charging Time: 5.5 jam dengan kabel standar 5V / 2A
  • Dimensi: 90.5 x 59 x 22 mm | 215 gram
  • Fitur: Input OVP, OCP; Output OCP OVP, short protectionl cell protection including OVP OCP, thermal protection during charge and discharge stage, Adaptor protection, Jeita protection
  • Charging Temperatur: 0 ~ 45 derajat celcius (TYP)
  • Warna: Osmium Black, Sheer Gold, Glamor Red, Azuer Blue, Brilliant Silver
  • Aksesori: ZenPower Bumper (dijual terpisah) - store.asus.com/id

Tag : Ahad, id., Review
0 Komentar untuk "Ini Baru Review Asus ZenPower 10.050mAh!"

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top