Jum'at Singkat - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

Menulis Lagi... Lagi Menulis.

Jum'at Singkat


Selamat pagi sobat semuanya, sudah hari jum'at lagi nih dan ini artinya tinggal dua hari lagi untuk liburan akhir pekan (bagi yang libur dihari minggu).

***

Tadi malam adalah malam jum'at, malam yang (pada masyarakat jawa) tepat bagi kita semua untuk mendo'akan arwah orang tua, saudara-saudara kita atau siapapun orang terkasih yang telah meninggal / dipanggil oleh Sang Maha Pencipta.

Tanpa bermaksud mengingkari waktu-waktu lain untuk berdo'a dan mendo'akan mereka,  malam jum'at /hari jum'at adalah momen yang lebih spesial untuk mendo'akan karena bagi umat muslim, ada tiga hari raya yaitu Idul Fitri dan Idul Adha seperti yang kita ketahui serta hari Jum'at yang datang sepekan sekali yang tiba hari ini.

Jangan beranggapan mendo'akan mereka yang sudah meninggal dengan membaca Surat Yasin adalah bid'ah, haram atau sebagainya. JANGAN. Mendo'akan orang yang sudah meninggal dengan membacakan Surat Yasin atau ayat Al-Qur'an bukanlah suatu keharaman (paling tidak menurut pendapat saya). Ini sama seperti mendo'akan kekasih kita yang berada jauh dari kita. Mereka yang sudah meninggal diibaratkan kekasih yang jauh. Apakah haram mendo'akan orang yang kita kasihi yang berada nun jauh disana dengan ayat suci Al-Qur'an?

***

Selamat hari jum'at semuanya, dan semoga akhir pekan yang dinanti akan menjadi akhir pekan idaman :) yang sesuai harapan.  Sekian artikel jum'at singkat ini.

....

#Ila arwahi abi wa ila jamii ahli abi wa ummi, Al-Fatihah. Ampuni segala dosa beliau dan berikan tempat yang layak disisimu Ya Allah. Aminn...

38 Komentar untuk "Jum'at Singkat"

setuju, yang haram itu orang yang ga tahu balas budi sama orang tua.

postingan yang sejuk.
jum'at bersemai do'a. ayuuuk... lets pray together.

hahaha bicara soal bid'ah itu tergantung dasar setiap orang atau golongan mengambil dasar dalam ilmu fiqih, sebab hadist dan Alquran saja masih sangat luas untuk menerjemahkan segala fenomena yg ada. Lalu ada Ijma' dan Qiyas. Sebagian besar yg agak resek dengan Bid'ah itu orang2 yg mengatasnamakan ahli hadist dan Alquran yg memurnikan Islam, emang mereka sehebat apa sih murni nya islam. Toh mereka juga mengambil hadist untuk dasar Fiqihnya juga dari ulama mereka. Apa itu juga bukan Ijma'? lalu ketika sama2 Ijma' kenapa masih saling rame. sebab dasar yg beda pasti hukumny juga beda. dan orang2 yg masih tahlil dan yasin itu nggak ada yg salah. Sebab, dalam dasar mereka. Sesuatu yg nggak dilarang itu bukan dosa.

wah mantaapp.. tetep religius..:)

iya tuh... kalo itu udah bener2 haram dah (y)

ayooo.... :) mari berdoa bersama-sama

iya dong, kan hari jum'at, sekalian mengajak pada kebaikan :)

nah, berarti aku, masyarakat yang seirama denganku enggak patut untuk disalahkan yak ;)

mungkin kesempitan pemahaman mereka kali bang yang membuatnya jadi resek. memang banyak interpretasi akan suatu sumber hukum islam :).. ternyata selain jomblo engkau pandai pula ya tentang bahasa ahahahaha

*# artikel ini bukan untuk provokasi maupun hal-hal yang akan menjadikan perpecahan #*

sudah... sudah..
masuk ke kamar dulu yuk..

bener banget..
jangan cuma ngedoain pacar aja..
ngedoain orangtua dan sodara itu juga perlu loh.. :)
yuk, berdoa sama-sama.. :D

Pada dasarnya itu tergantung keteguhan hatinya masing-masing yg akan percaya kemana?
Karena di hadis udah dijelaskan, agama islam akan terpecah belah menjadi 72 bagian..

ngomong2 jumatan tadi gak nih :D

wah lek ada ormas islam yg kontra bisa rame ini postingan. gpp itung2 peningkatan rating blog haha

Hmmm,, setuju Bro. Bingung kalo maslaah landasan, hehe

sy tdk tau apakah ada lafadz dlm surah yasin yg kontekx mendoakan org yg sdh meninggal, sy sy tau tuh hr jumat adalah hr dimana doa itu mustajab jd perbanyaklah doa di hr jumat... *smile

waah, kalo udah terkait dengan qur'an hadits, saya mengembalikan pada 'pendapat' Allah dan Rasulullah, kembali pada Qur'an dan Sunnah pula, ga berani menurut pendapat pribadi :)

Hello ... :D

Assalamualliakum ...

Mendoakan orang tua yang sudah meninggal itu sebagai pengganti supaya dekat dengannya di alam lain. Doa kita sebagai anak soleh akan di dengar oleh Allah Swt dan pasti dosa orang tua akan diringankan :D

Akan menjadi bid'ah kalo berfikirnya hanya sebatas ruang lingkup itu saja mungkin mas..(mendominasi) soalnya kalo bicara soal berdo'a/ Ibadah ya baiknya saat kita masih diperkenankan hidup oleh Allah disitulah waktu yang tepat untuk berdo'a. Bukan hanya di hari jum'a, idul adha atau malah idul fitri hehe terlalu lama untuk berdo'a dan bertobat. Salam kenal mas dari blog Suhendri Terknik

Good post!
Sambil menyelam minum air.. Selain nge-blog, berdakwah juga.. :)
inovasi baru nih, masih jarang soalnya :D
lanjutkan kak!

boleh baca yasin, tapi jangan dianggap 'sakral' tentang yasin yang dibaca pada hari jumat, karena masih banyak surat alquran lainnya .

kalo fadillah berdoa di hari jumat untuk yang seudah meniggal ane ngga tau, tapi ane insyaallah setiap shalat sellau doa untuk ortu...

Berasa di sindir :(
jarang bgt ngedoain khusus buat org2 yg udah gak ada.
Paling abis solat doain orangtua, minta ampun sm allah ,dimudahkan rejeki,jodoh, dan dipanjangkan umurnya.

Sy abis ini tobat ah, huhu sumpah takut,

amin!
selamat hari sabtu :)

iya, emang perlu tuh ngedoain orang tua atau saudara :)

perbanyak doa dihari jum'at, juga dihari-hari lainnya :)

iya,, aku sih lebih banyak ikut2an aja sih alias taklid hehhe

waalaikum salam... :)
aminn,, semoga seluruh doa kita didengar dan dikabulkan Tuhan

iya mas, hari jum'at atau idul adha atau idul fitri bukanlah hanya tiga-tiganya saat untuk berdoa, tetapi setiap saat adalah saat untuk berdoa :)

hhehee... do'akan saja semoga tetap bisa menyelam tanpa tenggelam *ehh*
semoga bisa ngeBlog sekalian berwakwah :)

nah, cepetan tobat yak :)
semoga do'anya diijabah sama Tuhan Yang Maha Esa :)

:)
selamat hari sabtu, juga selamat hari minggu :D

@rinem... biasa aja tuh... woles, enggak terlalu ambisius ke rating :P

@sabda nah tuh, membaca surat yasin disini sebagai konteks bagian dari Al-Qur'an :)
dan memang seharusnya seperti itu, selalu mendo'akan setelah selesai sholat paling tidak.

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top