Menanam Pohon Yuk! - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Menanam Pohon Yuk!

Pohon untuk kehidupan
...
Alam lestari
...
Hidup tak bakal berhenti
***

Anak-anak, ada yang tau untuk apakah kita menanam pohon? Serentak anak-anak menjawab "Untuk penghijauan bu", "Untuk mencegah banjir bu", "Supaya tidak longsor bu". Sangat semangat mereka menjawab sebuah pertanyaan dari ibu guru mereka tercinta.

Lalu? apakah mereka sudah menanam pohon secara riil? Entahlah.
***
Begitulah sedikit ilustrasi yang secara tidak langsung juga "menyenggol" kepada diri kita sendiri. Betapa kita tidak atau belum menanam pohon meskipun secara teoriah kita sudah mempunyai pengetahuan akan kegunaan penanaman pohon.

Menanam pohon, bisa dimulai dengan langkah kecil yang kita bisa lakukan pada tempat yang sempit sekalipun, misal di pekarangan rumah bisa kita tanami dengan tanaman Toga atau sayuran semacam cabai. Lumayan kan, tidak usah beli cabai dan tinggal memetik dari pekarangan rumah.

Menanam pohon, selain akan mendapat manfaat berupa hasil sayuran maupun buah-buahan juga sekaligus akan mengurangi efek Global Warming yang sedang santer-santernya terjadi dan menimbulkan banyak masalah. Mulai dari meningginya permukaan laut sampai perubahan siklus hidup hewan maupun manusia sendiri karena efek Global Warming ini.

Karena global warming, suhu bumi menjadi lebih panas dari beberapa tahun yang lalu. Karena bumi menjadi lebih panas, manusia menjadi lebih sering menggunakan AC atau kipas angin. Padahal penggunaan AC atau kipas angin secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan, selain juga tidak baik bagi keuangan karena menambah pengeluaran biaya tagihan listrik. 
it's not so green on top.. do you like our earth like this? planting your plant now or not ever

Ada solusi untuk mengatasi efek global warming ini tanpa menggunakan AC maupun kipas angin. Seperti yang sudah sedikit ditulis diatas yakni dengan penanaman pohon. Penanaman pohon akan mengurangi efek global secara nyata. Misalnya saja kalau kita lagi berjalan diterik siang hari, karena kita kepanasan maka kita berteduh dibawah pohon yang rindang.

Nah tuh, berarti secara riil memang menanam pohon tidak ada madharatnya dan bakalan memberi banyak manfaat. Lalu, kenapa kita masih jarang menanam pohon untuk kehidupan kita dan kehidupan para penerus kita kelak? Jawabannya ada dimasing-masing kita. Sedikit ajakan, mari menanam pohon yuk di bulan desember. Bulan menanam pohon ini :) .

Dan setelah pohon ditanam, jangan lupa untuk disiram dan dijaga kelangsungan hidupnya supaya kehijauan yang kita harapkan bisa terwujud juga sekaligus berkurangnya efek global warming. Aminn.


#refleksi pada diri sendiri #versi saya-kamu-kalian.



48 Komentar untuk "Menanam Pohon Yuk!"

aduhh ziimm..ditempatku jgnkan mau nanem po.on...
pohon yg uda ada aja malah pada ditebang...
jadi aja tuw panasnya minta ampunn... :(

susahnya bikin penghijauan, sekarang dimana-mana udah ada bangunan...

Penyajian dengan gaya cerpen... menarik!
Betul banget quote-nya, "pohon untuk kehidupan, alam lestari, hidup tak bakal berhenti"

mungkin maksudnya kehidupan di bumi ini yg ga bakal berhenti, karena pohon memang sumber dari segala sumber kebutuhan hidup selain air, yaitu penghasil udara segar. Semangat!

shiip deh, ide yang bagus
kita sebagai generasi penerus harus mampu memberi sikap positif, caranya dgn ikut menanam pohon, biar ga global warming gt hehehehe

yuuuk mari menanam pohon

Anak-anak tahukah kamu siapa yg punya blog ini? tahuuuu.... orangnya ganteng, berantakan dan masih jomblo hehehe.... Biar jomblo tp peduli ama lingkungan, ya kannn Zim :)

Ayo ayo nanam pohon.!
Cuaca makin hari makin panas pake banget. Coba kalo semua org mau nanam pohon pasti bisa di minimalisir.

Di pekaranganku ada pohon cabai xD

Biasanya tiap Minggu pagi emang mesti ngurusin tanaman di pekarangan..
Keren kan?
Udah, bilang aja keren..

Menanam, menjaga, merawat serta melestarikan.

Saya, kamu, kalian, mari laksanakan.

Salam Solid keluarga BSO.

Bener banget, menanam pohon mengurangi polusi udara dan mengurangi pemanasan global, gue suka banget tuh sama yang namanya "mari menanam seribu pohon" . gue sangat #respect :D

aku mau menanam uang ah biar tumbuh..:D

iya gue miris juga bang liat poto diatas,

jadi dapat disimpulkan,, menanam pohon itu, perlu banget ;D

kampus gue juga programin nanam pohon bang.. ini udah mulai dari beberapa bulan yg lalu. semoga kelak bermanfaat deh.... kan buat diri kita juga dikemudian hari..

wah kayaknya di daerah situ banyak yang buat dosa, haha jadinya ya gitu kena ajab, wah elu kok suka taman2 emang elu pak tani ta zim

postingan yang bagus :) gue juga seorang yang menghargai dengan penghijauan :)

the third post tentang menanam pohon yang saya baca hari ini, dan semakin merasa bersalah karena saya hampir tidak pernah nanem pohon :(

terima kasih sudah ikut mengingatkan lewat postingan yg oke ini kk :)

Ayo ... menanam pohon.

Pohon beringin dijamin lebih sejuk dari pohon lainnya :D

Dan juga ada tanaman yang bernama Lidah Mertua atau apalah yang panjang-panjang katanya tanaman tersebut selalu menghasilkan oksigen secara terus-menerus :D

setuju tuch gue sama lo bang
perlu ada reboisasi di Nusantara kita ini...
agar pemanasan global berkurang....

gue coba menanam ubi bang depan rumah gue...biar nanti kalo mau taon baru bisa di makan ubinya...
wkwkwkwkwkk
#ngesottttttttt

Nah! Emang masih banyak menanam pohon cuma kayak materi doang jarang diterapin sama anak2 jaman sekarang. Mending pake ac alami aja.. Udah gratis, nggak usah bayar, lumayan bisa mengurangi global warming lah u.u

jika dahulu kita anak muda gemar yang namanya merawat tumbuhan obat keluarga (TOGA), namun jaman sekarang hal tersebut berbalik 180%

namun tak apalah bang, memulai dari diri kita merupakan hal yang mulia :)

Semangat untuk penghijauan dengan menanam pohon yuk!!! dan saya masih bangga didesa kami masih banayk pohon yang hijau bang ahmad :) rumah saya aja belakang ama atas masih banyak pohon2 yang menyejukkan nafa hehhehe :D

Intinya, menanam pohon dari sekarang untuk dunia dan anak cucu kita kelak :)

yuk nanam pohon,,hijaukan bumi..tapi jangan cuma di bulan desember...

musti diprotes tuh yang nebang pohon hehehe... tapi terkadang penebangan memang diperlukan agas tak terjadi pohon tumbang sih :)
diambil sisi positifnya aja yak

kalo dimana-mana udah ada bangunan, tempatmu nyari makan sekarang makin sedikit yah boo

hhehehe,, iya, kehidupan dimuka bumi ini :)
*prok prok prok* cemundugt kaka' azim *lhoh

aku udah menanam pohon lho :)

tapi beberapa tahun yang lalu dan semoga saja pohon yang akau tanam sekarang sudah besar dan memberi manfaat bagi sekitarnya :)

ahahaaha... siapa juga yg jomblo :P wihhh awuran iki, jangan dipercaya ya anak2 hahaha , boleh percaya cuman pada bagian orang yg punya blog ini peduli lingkungan hheheh

iya nih,,, semoga saja makin banyak yang nanam pohon dan peduli pada lingkungan :)

kerennn,, keren banget kok malahan... enggak usah ke pasar buat beli cabe :)
tapi lebih keren lagi kalo topeng di PP nya dicopot deh :D

salam solid :)

mari dah menjaga, merawat serta menanam pohon

sip iini, jadi kalo disuruh ikut acara gituan mestinya langsung mau dong :D :)

entar kalo udah berbuah jangan lupa kasih aku gan hahaha

mangkanya bersama kita menanam pohon :)

itu... perlu sekali banget cetarr membahana hhahah :P

aminn... semoga benar2 bisa bermanfaat deh :)

ora... aku cuman anak;'e pak tani... masalah buat elo hahaha... songong, yg banyak kena ajab daerah mu paleng, banyuwangi hahha

sama2 kaka' :)
aku juga sekarang jarang nanem pohon, tapi bukan berarti tidak pernah nanem pohon sih :)

lidah mertua? suka marah2 ta tuh taneman hahaha

kalo pohon beringin sejuk tapi minta jatah tanah yg banyak bang

ahaha... asik tuh, entar kalo udah berisi jangan lupa kirimin kesini dah ya hehehhe

iya nih... ac alami kalo dikota udah sulit nyarinya hehehe

iya bang rico :)

semoga permulaan ini diridhoi Allah :)

waduh,,, masih enak mas kalo masih ijo... disini mah udah gundul-gundul pacul hehehe

iya... bener banget tuh (y)
buat kita, anak, dan cucu kita :)

iya mba antimo ehhh,, amimomio maksudnyahh ... penghijauan untuk setiap saat :)

Pohon untuk kehidupan
...
Alam lestari
...
Hidup tak bakal berhenti

Keliatanya aku kenal lirik lagu itu,
Lagunya IwanFals Kan...???

Ayo kita tanam Pohon, dan juga merawatnya hingga besarrrrr.....

iya... bener banget dah... dapet nilai 100 :P

ayo, mari bersama menanam pohon :)

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top