Tugas Akhir PemDas [Cropped] - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Tugas Akhir PemDas [Cropped]

Hussttt.... jangan kenceng-kenceng ngomongnya ya, ini antara kita aja, ini soalnya mengenai Tugas Akhir Pemrograman Dasar Semester I gua yang sedang dalam proses pembuatan atau lebih tepatnya sih sudah memasuki proses finishing alias penyelesaian akhir.

Tugas Akhir Pemrograman Dasar Bahasa C tentang pembuatan Program Hitung Gaji Karyawan sebuah toko. Dalam hal ini karena gua jaga toko Batik Gedog, maka secara otomatis yang gua buat juga ada koneksi-koneksi gitu deh sama toko Batik Gedog yang gua jaga.

Emm... karena ini merupakan proyek lahacia, jadi disini gua cuman mau nulis sebagian kode sumber dari program kali ini. Bukan karena sombong, pelit atau gimana sih. Tapi ini karena tugas TA ini belum selesai 100%. Harus disempurnain dulu sebelum dilepas kepasaran *ehhh*. Entar kalo udah fix insyaallah gua tulis diblog ini.

Here the code !


#include<conio.h>
#include<process.h>
#include<stdio.h>
#include<iomanip.h>
main()
{
struct
{
char nama [15];
long int pajak;
long int gber;
long int gpok;
long int maker;
long int tumaker;
char golongan;
}masukan[100];
char tanya;
int i,s,jml;
//cout<<" -------------------------------------------------------------------------- "<<endl;
cout<<"            TUGAS AKHIR PEMROGRAMAN DASAR SEMESTER I UNIROW TUBAN           "<<endl;
cout<<" -------------------------------------------------------------------------- "<<endl;
cout<<" MENU UTAMA                                                                 "<<endl;
cout<<" 1. Buka cara kerja program                                                 "<<endl;
cout<<" 2. Buka program penghitung gaji                                            "<<endl;
cout<<" 3. Buka kredit titel                                                       "<<endl;
cout<<" -------------------------------------------------------------------------- "<<endl;
cout<<" Masukkan pilihan anda          ";cin>>tanya;
cout<<" -------------------------------------------------------------------------- "<<endl;

kerja:

printf("1. Pilih jumlah karyawan yang akan dimasukkan.\n");
printf("2. Masukkan nama-nama karyawan yang bersangkutan.\n");
printf("3. Masukkan gaji pokok karyawan yang akan dihitung.\n");
printf("4. Masukkan golongan karyawan : \n");
printf("   Golongan satu : Mendapatkan tunjangan masa kerja 1%% dan pajak 0%.\n");
printf("   Golongan dua  : Mendapatkan tunjangan masa kerja 10%% dan pajak 5%.\n");
printf("   Golongan tiga : Mendapatkan tunjangan masa kerja 15%% dan pajak 10%.\n");
printf("5. Gaji bersih karyawan merupakan gaji pokok+tunjangan masa kerja-pajak.\n");

getch();

clrscr();
lanjut:
// awal jumlah []
cout<<" Masukkan jumlah Karyawan     : "; cin>>s;
cout<<endl<<endl;
// akhir jumlah []
// awal header awal/input form []
for(i=1;i<=s;i++)
{
clrscr();
cout<<"                 TOKO BATIK TULIS GEDOG HM. SHOLEH TUBAN II                "<<endl;
cout<<"                     Jl. Letda Sucipto I-1 (0356) 324861                   "<<endl;
cout<<"---------------------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" Karyawan  ke "<<i<<" dari "<<s<<endl;
cout<<" Nama Karyawan                : "; gets(masukan[i].nama);
cout<<" Gaji Pokok                   : "; cin>>masukan[i].gpok;
cout<<" Golongan [1/2/3]             : "; cin>>masukan[i].golongan;
}
// akhir tampilan input form []
clrscr();
// awal tampilan output []
cout<<"                 TOKO BATIK TULIS GEDOG HM. SHOLEH TUBAN II                "<<endl;
cout<<"                     Jl. Letda Sucipto I-1 (0356) 324861                   "<<endl;//<<endl;
cout<<"---------------------------------------------------------------------------"<<endl;
cout<<" No.     Nama         Gaji       Tunjangan       Pajak        Pendapatan "<<endl;
cout<<"       Karyawan       Pokok      Masa Kerja                   Bersih   "<<endl;
cout<<"---------------------------------------------------------------------------"<<endl;


Diatas itu adalah sebagian kode sumber dari Program Hitung Gaji Karyawan yang gua kerjakan beberapa waktu ini sehingga sedikit lebih jarang punya waktu mantengin komputer buat ngeBlog. Tema program diatas tuh dikasih sama dosen gua, jadi gua cuman implementasiin apa yang diperintahkan ke gua.

Tentang program gua dengan kode sumber diatas itu secara inti ada 3 macam :

1. Tampilan awal ; pada tampilan awal ini user gua tawarin buat milih 1 diantara 3 pilihan. Pertama milih cara kerja program yang gua buat ini, kedua memilih untuk langsung menuju pogram inti (program penghitung gaji karyawan) dan yang ketiga sekaligus yang terakhir untuk melihat kredit titel. Rencananya pada bagian kredit titel itu bakalan ada nama gua nongol manis disitu.

2. Tampilan input form ; setelah tampilan awal muncul lalu user memilih Menu Utama yang tersedia (nomor 2), user bakal diarahin menuju tampilan input program utama Penghitung Gaji Karyawan. Pada input form ini user perlu masukin banyaknya jumlah data karyawan yang akan dimasukkan, nama karyawan, jumlah gaji pokok karyawan dan golongan dari karyawan itu sendiri pada bagian akhir.

3. Tampilan ourput ; setelah input form terisi oleh data yang diinputin user, saatnya program buatan gua beraksi! Kabeh wae data yang udah dimasukin pasti bakal diproses. Pemrosesan data-data tersebut dengan kriteria khusus yang gua buat. Lalu setelah program inti dijalankan, ntar bakal ada kredit title yang pasti nama gua bakal muncul.

Begitulah kira-kira program hitung karyawan yang gua ciptain buat dijadiin tugas akhir Pemrograman Dasar [PemDas]. Meskipun sampe tulisan ini gua buat program ini belum sempurna, tapi gua udah punya gambaran inti tentang kemana nasib program yang segera jadi ini.

FYI : Sebenernya sih ini porgram bisa dibilang udah siap dipake alias udah jadi tanggal 21 januari kemarin. Namun karena ada keharusan menggunakan struct pada pembuatan variabel, jadi harus dilakukan perombakan semi besar yang baru tadi malam selesai gua kerjakan.


main()
{
struct
{
char nama [15];
long int pajak;
long int gber;
long int gpok;
long int maker;
long int tumaker;
char golongan;
}masukan[100];

Padahal sebelumnya kode tersebut seperti ini :


main()
{
char nama [100] [10];
long int pajak [100];
long int gber[100];
long int gpok[100];
long int maker[100];
long int tumaker[100];
char golongan[100];

Meskipun awalnya perubahan gua lakukan pada pembuatan variabel yang harus gua ubah pake kode struct, namun ternyata dalam implementasi pada pemanggilan variabel dalam program harus diubah juga. Jadi kode yang sebelumnya cin>>tumaker[i]; harus gua ubah jadi cin>>masukan[i].tumaker; . Dan ini harus gua lakukan pada semua kode yang punya kesamaan dengan kode cin diawal.

Sekian, pembahasan Program Hitung Gaji Karyawan yang gua buat untuk Tugas Akhir Pemrograman Dasar sudah jauh gua bahas sampe sini. Yah, meskipun mungkin yang paham cuman satu dua... Semoga kalian paham.

http://kaazima.blogspot.com/
Tampilan awal program penghitung gaji karyawan gua (bahasa C)


http://kaazima.blogspot.com/
Pilihan 1 : Buka cara kerja program.


http://kaazima.blogspot.com/
Pilihan 2 : Main program, masukkan nama karyawan, jumlah gaji total dan golongan karyawan.

http://kaazima.blogspot.com/
Ta Daaa!!! Voila! I'm home if this TA was succesfully build. Kredit titelnya belum gua buat.


Selamat pagi dan selamat hari sabtu ganteng. Jangan lupa anti praktikum komputer dasar.

23 Komentar untuk "Tugas Akhir PemDas [Cropped]"

wah, dapet job nih itu artinya dapet uang dong,.,,, asik ya... skill nya langsung bisa di komersialkan

gue gak ngerti dong *bangga

beneran nih mas, ampun saya ndak ngerti blas dengan codingnya

gue belum mudheng 100% bang -__-

mantabs habis nih pak pemrogramannya heheh salam kenal dari mas opickaza blogger jogja yah

bukan untuk komersialisasi sih,, masih proses untuk konsumsi pribadi aja :)

wah, perlu di tatar dulu kali supaya mudheng

sudah melewati masa-masa ituuu~
ini c++ kan?

Alhamdulillah.
ini mata kuliah gue 1 tahun lalu.
semoga bagus nilai kuliah nya.

makin lihai aja nich ahmad muazin abidin.... kerennn mblo hehe :D

susah ga sih kang belajar pemdas. otak saya mulai dimakan usia, gampangan pusing kalo dikasih yg rumit2

wah aq juga ngak begitu faham malum aja ngak pernah kuliah ce

Aminn.. :)

udah ahli berarti ya bang sampeyan :D

susah2 gampang kok pak.. kalau ada keinginan insyaallah susahpun bakal jadi gampang :)

kalau dipelajari nanti insyaallah paham kok :)
tidak harus kuliah dulu

membuat coding seperti itu membutuhkan waktu berapa lama mas ?

sekitar 2 mingguan bang, tapi itu aja belum bener2 final

om boleh minta script yg komplitnya ga..?

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top