Batik Gedog Tuban - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Batik Gedog Tuban

Saya menulis mengenai batik lagi kali ini. Lagi-lagi saya menulis mengenai barang yang namanya batik yang diantara kalian atau diantara kita mungkin banyak menganggap kalau barang ini "kuno". Jadi, siapa yang tersisa dan membahas tentang batik pasti dia generasi kuno.

Berarti saya generasi kuno dong? Ya... semoga tidaklah, soalnya saya bisa membuktikan lewat blog ini meskipun saya perhatian *ce ileh* dengan batik "kuno" tapi saya tetap bisa ngeBlog sebagai tanda saya seorang manusia modern masa kini.

Setelah dua hari yang lalu saya membahas soal kegalauan saya mengenai batik disini. Kali ini saya akan menuliskan tentang batik lagi. Bukan mengenai kegalauan saya soal batik yang ada sebagian dari kita mengatakan batik itu kuno sih. Bukan! Tetapi ini mengenai produk batik yang dinamakan Batik Gedog Tuban.

http://kaazima.blogspot.com/
Selendang Gedog; asli tenun dengan ciri khas menyirip pada tiap motifnya (dokumentasi pribadi).

Sebelum melalui artikel ini saya membahas lebih jauh tentang Batik Gedog Tuban, berikut ini saya berikan sebuah screen shot mengapa saya menulis artikel ini.

http://kaazima.blogspot.com/
It's my reason why write this article!

Dari screenshot diatas bisa saya simpulkan bahwa masih ada (banyak) orang yang tidak kenal dengan Batik Gedog. Batik kebanggaan masyarakat Kabupaten Tuban. Dari kondisi tersebut saya ingin menulis tentang Batik Gedog Tuban agar semakin banyak masyarakat yang mengenal produk batik ini dan agar saya bisa menjadi blogger yang bermanfaat dalam menulis.

Batik Gedog Tuban, merupakan produk batik khas Kabupaten Kota Tuban yang diproduksi secara tradisional di sentra industri Batik Gedog di Kecamatan Kerek (+- 30 Menit ke arah pabrik Semen Gresik dari kota kabupaten). Keunggulan Batik Gedog ini adalah bahan kainnya yang tebal serta motif yang khas, yakni motif burung (ada yang bilang burung Hong/Lok Chan) dan tumbuhan (lung-lungan/ririnan).

http://kaazima.blogspot.com/
Selendang Gedog; asli tenun bermotif burung dengan ciri khas menyirip pada tiap motifnya (dokumentasi pribadi).

Dinamakan Batik Gedog karena pada zaman dahulu dan sampai sekarang proses pembuatan kain dilakukan dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang pada proses pembuatannya mengeluarkan bunyi dok(g)...dok(g).. Jadilah dinamakan Batik Gedog, karena suara dari alat tenun itu sendiri.

Karena perkembangan zaman, Batik Gedog yang asli tenun meskipun masih diproduksi namun mulai jarang digunakan/dibeli. Hal ini dikarenakan proses produksi yang lama dan juga sekaligus Batik Gedog itu sendiri yang "gerah" jika digunakan dalam rutinitas sehari-hari (juga "kuno"). Sebagai gantinya, bahan pembuatan Batik Gedog saat ini bukan hanya kain tenun gedog, tetapi sudah menggunakan kain jantiu, kain sutera, kain lenen, kain katun yang dibatik dengan motif gedog.

http://kaazima.blogspot.com/
Kemeja Gedog berbahan kain gedog asli tenun, tidak begitu gerah karena didalamnya diberi lapisan furing (dokumentasi pribadi).

Jika pada zaman dahulu penggunaan Batik Gedog hanya dikenakan pada saat upacara-upacara seperti pernikahan maupun pemakaman, saat ini penggunaan Batik Gedog sudah tidak lagi hanya pada upacara keagamaan tertentu seperti disebutkan. Kini para pegawai pemerintahan, pegawai swasta dan siswa sekolah di Kabupaten Tuban pun sudah mengenakan Batik Gedog (versi modern; berbahan kain jantiu).

http://kaazima.blogspot.com/
Bermotif Gedog, namun berbahan non gedog. Kain berbahan jantiu ini bermotif tradisional khas Batik Gedog Tuban (dokumentasi pribadi).

Selain penggunaan bahan non tenun pada Batik Gedog, saat ini motif Batik Gedog juga sudah mulai beragam. Sudah banyak pengrajin Batik Gedog yang membuat motif baru dengan tidak menghilangkan ciri khas Batik Gedog itu sendiri. Beberapa motif Batik Gedog Tuban yang saya ketahui antara lain motif Kates Gantung, motif Cumi-cumi, motif Lung-lungan, Motif Ri-rinan. Yang terbaru motif Siwalan dan motif Tujuh Rupa.

Satu ciri khas dari Batik Gedog Tuban yang bisa dijadikan tanda adalah motif menyirip pada setiap motif Batik Gedog Tuban. 

Semoga, artikel ini bisa menjadi informasi bagi mereka yang belum tahu tentang Batik Gedog Tuban dan semoga semakin bangga bangsa ini dengan beragam Batik Indonesia. Sekedar promosi saja, bagi kalian yang ingin membeli Batik Gedog Tuban bisa mengunjungi link berikut ini http://www.batikhmsholeh.com.


#versi saya-kamu-kalian-kita.

40 Komentar untuk "Batik Gedog Tuban"

kayak pernah lihat :D udah aku follow sob,,folback yea

Kalo menurut gue sih batik tuh kagak kuno. Malah keren. Kalo pake batik berasa indonesia banget gitu

wah batiknya emang gayanya jadul ya... he he

Wah,, ini termsuk batik jadul buat engkong2..
Coba post yg batik modern dong, yg cocok buat anak muda.. :D

wah...wah...promosi
tapi kalau saya mau diberi bukan masalah

buanyak sekali berarti nih ya jenis batik yang saya belom tau u,u

btw, dapet award tuuh di blog saya hihihi

eh dangklek poto ku di gowo2

Gara-gara bang rinem postingin batik gedong deh.. Tadi saya kira batik gendong..

yang saya tau hanya batik riau, hehe..bisa lah ni nambah2 referensi sebagai WNI yang cinta budaya Indonesia :D

batiknya kok motifnya keliatan rumit yah ?
kalo yang ada logonya ac milan gitu ada gak ? :D

ternyata ada yg namanya batik gedog.
asik banget ngasih nama batik dari bunyi yg keluar dari mesin.
kalo bunyi yg keluar bunyi "klak" berarti namanya seperti bunyi itu

bedanya sama pekalongan??? bunyi mesinnya eka... long... an, gtu yak?? *jitak

ciri khas menyirip maksudnya ntu seperti apa ya? trus warnanya ntu emang begitu Zim?

batik, aku ngga anggap kuno tuh...

ngen toh batik gedog tuban...
desainne apik yo, tapi jadul,,
*ngacir

Batok gedog??? Serius baru tau nih, hmmm andai bunyinya kayak bungi cicak, kira2 apa ya nama batiknya #apasih?

Tau banget tentang batik, keren...

Berarti batik itu punya berapa jenis ya? kok kayaknya banyak banget...

pernah liat batik ini sebelumnya,tapi ga tau namanya..batik gedog toh namanyaaa

aku ngerasanya juga seperti itu :)

suatu saat insyaallah aku posting yg buat anak muda :)

iya mba, buanyak pokoknya jenis batik Indonesia... insyaalh secepatnya tak ambil awardnya :)

bukan batik gendong,, ini BATIK GEDOG, paham :P

sekarang udah tahu batik gedog kan.. berarti bukan hanya batik riau yg engkau ketahui

kalo batik Gedog emang rumit2 motifnya... emmm enggak ada tuh bang

nah, itulah masyarakat jawa.. ngasih namanya dari suara khas suatu alat tertentu,. dalam hal ini alat tenun bukan mesin

maksutnya meyirip, tiap pinggiran motif (misal burung) pasti ada semacam sirip (seperti dedaunan)..

emang bagus... tapi emang juga kuno bin jadul sih tuh poto batik yang diatas

iyaa... namanya batik Gedog :)

dipikir sendiri yak :P

batik itu punya bermacam banyak motif dan jenis... kalo aku, tau soalnya emang ikut dalam industri batik hhhe

nah, sekarang jadi tau kan kalau ini batik namanya batik gedog

emang gua baru tau sih soal Batik Gedog, soalnya gua cuma suka pake batik tanpa tau namanya haha

hhehehe... ngaku nih ye, tapi gpp lah yg penting sudah suka pake batik :)

ada yg kuno, tapi ada juga yg udah modifikasi :)

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top