Cara Baru Backlink Lewat Komentar - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

Menulis Lagi... Lagi Menulis.

Cara Baru Backlink Lewat Komentar

Cara Baru Backlink Lewat Komentar - Selamat hari minggu, selamat bersenang-senang semuanya y4chH... Hari minggu biasanya kalian habiskan buat ngapain aja? Apa cuma bengong didalam kamar doang, tiduran sampe lupa waktu, lupa kalo belum mandi, maen pe es sama temen meskipun kalah terus atau dengan cara lain yang kalian miliki yang berbeda-beda namun tetap satu juga. Tetap satu, berfokus menghabiskan waktu liburan dihari minggu.

Kalau saya sendiri sih, tidak perlu saya tuliskan disini. Soalnya kan kalian selain tidak mau tahu juga tidak penting untuk diketahui secara umum. But tunggu, artikel ini bukan diendingkan untuk memojok para JOMBLO dihari minggu ini kok. Tenang saja, baca artikel ini sampai tuntas meskipun ada diantara kalian pembaca artikel ini termasuk seorang jomblo. Niscaya setelah membaca tulisan ini kejombloan kalian akan bertambah menuju jomblo yang positif *upss.

Menuju ke artikel Cara Baru Backlink Lewat Komentar, sebenarnya judul artikel ini merupakan sebuah pancingan bagi para pencari backlink, karena tujuan awal artikel ini adalah untuk memuat sebuah pemikiran tentang komentar dan makna yang terkandung didalamnya bagi seorang blogger personal seperti saya.

Komentar, menurut saya ada dua sisi yang bisa diambil dari hal ini. Pertama sisi muka alias sisi positif dan yang kedua sisi belakang atau sisi negatif.

Sebuah komentar (menurut saya) bernilai positif jika menghasilkan pemikiran baru mengenai artikel yang mendapat komentar. Selain itu komentar akan bernilai positif jika didalamnya mengandung unsur kesengajaan. Maksud saya disini komentar tersebut sengaja dilakukan untuk menjalin tali silaturahmi. Siapapun blogger pasti setuju kalau komentar yang ditujukan untuk silaturahmi merupakan komentar yang positif. Komentar tipe positif bisa berupa masukan, saran atau kritik bagi tulisan seorang blogger.

Tetapi seperti yang diatas disinggung, ada sisi belakang dari sebuah komentar yang (menurut saya) bersifat negatif bagi seorang blogger (terutama BLOGGER PERSONAL). Mau tahu apa saja tipe komentar yang bersifat negatif tersebut? Simak ulasan disertai gambar berikut ini :

1. HANYA, menitipkan link iklan : Tipe komentar seperti dibawah ini populer dinamakan SPAM, sampah, atau apalah. Yang jelas komentar semacam ini tidak memberi manfaat untuk kemajuan tulisan seorang blogger personal maupun blog bergenre lainnya.

Komentar berupa nitip link. Tidak membangun suatu artikel.
Nitip link, i made my personal blog for my horrible opinion, not  for trading.

2. Berkomentar, tetapi menggunakan akun berupa iklan : Menurut saya, komentar seperti ini merupakan hasil REVOLUSI dari tipe komentar pertama. Bedanya pada komentar kedua memanfaatkan celah pengaturan komentar sebuah blog yang memperbolehkan menggunakan Name/Url.. Kata-kata dalam komentar seperti ini biasanya merupakan kata  "template" standar: Amazing, Setelah Membaca dll.

Revolusi komentar SPAM, nama menggunakan iklan.
Arghhh... Komentarnya apa, artikelnya apa. 

3. Komentar kebun binatang : Tipe komentar kebun binatang biasanya akan dialami oleh blogger yang mempunyai banyak musuh/saingan/hater. Komentator bertipe kebun binatang akan mengabsen seluruh keluarga yang ada dikebun binatang pada komentarnya : Babi, Anjing, Onta, Burung Garuda, Cacing, Kucing, Jerapah, Semut dll.

4. Komentar SARA : Mirip dengan tipe komentar nomor 3, komentar SARA biasanya dipergunakan untuk menyerang blog yang mempunyai banyak musuh/hater/saingan. Isi komentar merupakan pelecehan terhadap kepercayaan yang dianut penulis, kekurangan fisik karena kesukuan dll. Biasanya komentator dengan komentar tipe ini memanfaatkan celah pengaturan blog yang memperbolehkan komentar secara Anonim. 

Cara menanggulangi komentar yang bersifat negatif antara lain dicontohkan pada gambar dibawah :

1. Aktifkan fitur verifikasi : Fitur ini secara default terdapat pada blogger.com yang bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan. Bagi saya, mengaktifkan fitur ini sama saja dengan mempersulit teman didunia maya yang ingin menyampaikan komentar berupa masukan, kritik atau saran terkait artikel yang kita tulis. Namun jika fitur ini dinon-aktifkan, komentar SPAM akan lebih leluasa untuk menggerayangi sebuah blog. Kontradiksi memang.

Aktifkan fitur verifikasi pada blogger.com untuk mencegah komentar SPAM.
Fitur verifikasi pada blogger.com, tidak begitu memanusiakan manusia.

2. Aktifkan fitur moderasi : Fitur ini secara default juga ada pada blogger.com, tinggal pengaktifan atau penon-aktifan fitur ini tergantung pada masing-masing pemilik blog itu sendiri. Fitur moderasi komentar lebih memanusiakan manusia (yang akan berkomentar) daripada fitur verifikasi pada poin nomor 2.

Mengaktifkan fitur moderasi komentar untuk menanggulangi komentar SPAM.
Fitur moderasi komentar : Lebih elegan dan memanusiakan manusia.

Dan akhirnya pada bagian terakhir dari artikel ini, sebuah komentar bisa memberikan backlink gratis kepada blog komentator. Cara Baru Backlink Lewat Komentar dicontohkan secara nyata dan terpampang menantang pada artikel dari Mba' Iva [mungkinblog.com], ada link yang menuju pada salah satu artikel saya. Tahu kenapa? KARENA KOMENTAR. Lebih tepatnya karena saya dan si empunya mungkinblog mempunyai semacam chemistry yang terbangun dari saling berkomentar.

" Jadi berkomentarlah sebagai manusia, suatu saat pasti akan ada manfaat dari komentar kalian sebagai seorang manusia. Bukan seorang pencari keuntungan sendiri. "


Contoh komentar "SPAM".
Oiya, ini sesuai dengan apa yang diulas Mba' Iva.
Nice Post pada artikel #sesat yang saya tulis.

30 Komentar untuk "Cara Baru Backlink Lewat Komentar "

Backlink memang diperlukan, hanya saja kita juga perlu mengetahui akan etika dalam memberikan komentar. Karena kualitas komentar juga bisa dilihat dari cara bagaimana kita memberikan komentar pada suatu artikel sahabat-sahabat blogger.
Terima kasih telah mengingatkan akan hal ini sobat

nah itu dia,,, sesuatu yang dinamakan komentar seharusnya relevan dengan apa yang ditulis oleh pemilik blog atau oleh penulis.. Jika komentar yang ditulis sesuai dengan artikel pasti akan memperoleh perhatian tersendiri oleh pemilik blog

Pada blog saya banyak banget yang namanya komentar Spam. Jadi tuh pada promosi gitu, ih sebel banget . . .
Setelah melihat artikel sobat ini, saya langsung inget banyak komentar Spam yang lupa dihapus diblog saya, blog saya sudah bersih dari yang namanya komentar spam :)

alhamdulillah berarti bang kalo blognya udah bebas dari yang namanya spam, kalo bisa biar spamnya berkurang aktifin aja fitur moderasi yang ada pada blogger.com, dijamin komentar pasti bisa lebih dipilah sebelum dipublish

kalau ada yang komen ga nyambung ga kugubris apalagi cuma mau promo, atau spam langsung kuhapus saja

hehehe


komentar kebun binatang baru kali ini dengar...hahahaa. untung saja aku nggak punya musuh :D..

spammer kalau nitip iklan normal2 aja sih nggak begitu memuakkan kalau menurut aku zim, tapi kalau spammernya penyakitan itu baru sangat menjijikkan.. obat-obatan contohnya..
tapi yg namanya spammer memang kampret semua sih.

aku malas pakai moderasi, ntar kasian orang2 semua pada ngira dia pertamax, padahal belum tentuu...hahaa

wah ujung2nya mungkinblog, kayaknya ada hubungan khusus nih sama Iva...hehehe :D

dilema memang...mau mengfilter SPAM takut yang lain pada repot meninggalkan komentar, membebaskan dari filter SPAM takut terjadi banjir SPAM,
tapi bagi saya SPAM atau bukan SPAM..komentar silahkan saja..bebas filter bebas moderasi, lagipula tidak selalu SPAM itu muncuk pada kolom komentar....salam :-)

hhehehe... waduh mbak, kalo langsung dihapus sepertinya ekstrem banget tuh.. dimasukik ke komentar spam aja, siapa tau bisa jadi kenang-kenangan :D

enggak kok,,, sama tuh mungkingblog mungkin enggak ada hubungan khusus kok, temen aja :)

kalo spammer yg ngiklannya kebangetan ya memang mau tidak mau harus ditindak tegas sih, tapi memang untuk yang sesama blogger personal biasanya kalaupun mengiklankan lewat komentar cuma dikit iklannya, lebih banyak kritik saran (tapi ada embel2 iklan juga sih hhehehe)..

komentar kebun binatang enelan ada lho, tapi kalo di blogging lewat blogspot aku sendiri juga belum atau jarang menemukannya sih, yg banyak tak temuin tuh di kompasiana atau di berita-berita online gitu

kondisinya memang repot menangani tentang hal ini, persoalannya ya itu tadi, tidak semuanya spam dan tidak semuanya tidak spam *mbulet* ehhehehe... Kalau diblog ini saya kasih moderasi sih pak, soalnya biar bisa tahu kalau ada komentar dan bisa terhindar dari spam juga :)

Tadinya saya juga begitu banyak spam, setelah diutak atik, saya setting langsung di blog kalau ada komentar spam, maka otomatis nggak akan muncul di kotak komentar. *Belajar dari pengalaman.

Sama sama santun berkomentar yuk:))

Thanks sharing ilmunya:D

huft memank sulit mngatasi yg beginian..
apalagi spammer..
klo saya sih komentar nya di moderasi dulu ,,utk jaga2 aja :D

iya sy jg tuh bnyak bnget spam yg msuk tp dcuekin aja...heheh
thanks infonya.

nah itu dia,, kalo sebagai pemilik blog kurang merawat blognya ya komentar berbau spam akan banyak menyerang hhhe

sama dong berarti... di blog ini juga penganut aliran moderasi komentar kok :)

komentar spam jangan dibiarin dong,,, seharusnya ada semacam filtrasi gitu

wahh gw spam gw biarin aja, klo ngaktifin chapcha atau moderasi jadi harus kerja dua kali Huhuhu

waw tutorialnya keren gan PERTAMAX

Yang punya mungkin blog kok belum muncul ya?
Kebetulan saya satu kota, mau titip salam ta? iya apa iyo

kerja duakali memang sih,,, tapi lebih aman dari perlindungan spam.. kalau belum pernah ngalamin spam sih, oke2 aja tanpa moderasi :)

ooiya,,, kok dia belum nyamperin kesini ya... wah,,, kurang bener tuh..

enggak usah kok, nanti ada jasa perantara malah ujung2nya wani piro :D

Komentar binatang? Huahaha untung gak pernah dapet komen begituan. Kakak pernah? Semoga enggak hehe

sekarang blog gue juga pake moderasi biar ga ada komen aneh-aneh... hehehe
waduh itu ujungnya kok ada chemistry segala :p

lol tipe kebung binatang :))
untungnya gue belum pernah dapet fans kaya gitu XD
thanks udah ikutan

tipe orang bisa dilihat dari komentarnya. Kalau yang keluar komentarnya kebun binatang maka kemungkinan orang tersebut adalah ...... hehehe

komentar binatang biasanya terlontar ke blogger yg punya banyak musuh, aku alhamdulillah enggak pernah :)

tos dulu *plak* wkwkwk biasa itu bro wwkwk

mending ga usah dapet deh bang,,,,

hehehe... kira2 ya seperti itulah

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top