Keutamaan Tulisan Orisinil - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Keutamaan Tulisan Orisinil

http://kaazima.blogspot.com/
Warna putih = produk gagal.

Seorang penulis, baik itu menulis pada buku diary pribadi, pada buku diary online semacam blog atau apapun tentu memiliki sebuah (atau mungkin beberapa buah) ide yang ingin disampaikan melalui tulisannya. Bermacam latar belakang menjadikan seseorang membuat suatu tulisan yang berasal dari idenya sendiri.

Ada yang membuat tulisan untuk menceritakan keseharian (diary), ada yang membuat tulisan untuk menjelaskan tata cara melakukan suatu hal (how to : tutorial), ada juga yang membuat suatu tulisan agar bisa memperoleh kehidupan yang layak (penulis profesional : untuk mendapatkan uang). Gaya bahasa menulis satu penulis dengan penulis lainnya pun beragam, ada yang menulis dengan mengikuti kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD, ada yang menulis dengan gaya slenge'an dan ada juga yang menulis suatu tulisan dengan gaya bahasa campuran. Terkadang slenge'an terkadang sesuai kaidah EYD (termasuk gaya tulisan saya pada blog ini).

Membuat suatu tulisan pada blog misalnya, terkadang banyak diantara blogger (sebutan untuk penulis blog) ketika sebelum menuliskan ide yang ada dan mengalir pada otaknya selalu berpikiran untuk apakah tulisan yang akan dibuatnya, bermanfaatkah bagi orang lain, sehingga ide yang seharusnya terpampangkan melalui tulisan menjadi lenyap tanpa menghasilkan suatu tulisan "ORISINIL". Malahan terkadang lebih suka untuk menulis ulang, dalam bahasa sehari-hari dinamakan COPAS tulisan dari blogger lain yang belum tentu memberikan manfaat bagi orang lain pula.

Menurut saya pribadi, menuliskan ide yang ada dan mengalir pada otak adalah suatu langkah yang harus dilalui dahulu tanpa "terlalu" memusingkan apakah tulisan yang akan ditulis bermanfaat bagi orang lain ataupun tidak. Yang terpenting adalah apapun ide yang ada segera ditulis. Hal ini akan menghasilkan suatu tulisan yang orisinil dan tiada duanya (meskipun terkadang tulisan yang dihasilkan susah dipahami karena masih dalam taraf belajar menulis). Karena sangat jarang sekali suatu ide datang secara sama persis untuk kedua kalinya.

Menulis, selain untuk mengisi artikel pada suatu blog juga dipergunakan untuk mengerjakan tugas pada study. Untuk menuliskan laporan pertanggungjawaban suatu kegiatan misalnya, dibutuhkan kemampuan untuk menuangkan ide tentang apa saja hasil kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam bentuk tulisan. Baik itu dalam bentuk soft copy maupun dalam bentuk hard copy. Kemampuan menuangkan ide inilah yang menjadikan suatu laporan pertanggungjawaban dapat diterima oleh siapa saja yang berkepentingan untuk mengetahui progess dari sebuah kegiatan yang sudah dilakukan bagi evaluasi internal.

Sama seperti yang saya alami beberapa hari ini. Dimana saya dan seluruh mahasiswa semester I Teknik Informatika disibukkan untuk membuat sebuah Laporan Resmi Komputer Dasar yang diberikan tenggat deadline yang sangat mepet yakni tanggal 10 Maret 2013 atau hari minggu. Hari ini. Laporan pertanggunjawaban untuk praktikum Komputer Dasar dengan 12 materi ajar yang kira-kira jika dijadikan suatu laporan berformat hard copy akan menghabiskan sekitar 100-150 lembar kertas A4 70 GSM.

Kesulitan terbesar pertama yang saya alami dalam membuat tulisan laporan pertanggungjawaban ini adalah mepetnya tenggat waktu yang diberikan untuk menyelesaikan laporan. Dimana, saya sebagai (seorang blogger) yang memulai membiasakan diri menulis suatu tulisan secara orisinil harus membuat laporan pertanggungjawaban setebal 120 halaman (kurang lebih) dalam waktu 5 hari disertai contoh gambar selama praktikum. Sempat berpikiran untuk melakukan tindakan COPAS secara total agar bisa mengejar deadline tanggal 10 Maret 2013 atau hari ini.

Sebuah pikiran instan yang "bodoh" yang terlintas pada otak saya. "Memang, melakukan tindakan COPAS  secara total akan mempercepat pembuatan laporan, namun hasil akhir dari laporan tersebut tentu tidak bisa dipertanggungjawabkan karena saya tidak tahu proses selama menuliskan hasil laporan tersebut" pikir saya. Akhirnya saya memantapkan niat untuk menulis Laporan Resmi Praktikum Komputer Dasar secara orisinil dari apa yang sudah saya lakukan selama praktikum.

Awalnya memang terasa susah untuk dapat menyelesaikan laporan pertanggungjawaban praktikum setebal -+120 halaman dan memulai membuatnya dari awal dengan ide yang berasal dari saya pribadi. Namun semangat untuk hasil akhir terbaik dari laporan ini membuat saya tetap bertekad untuk melanjutkan menulis laporan pertanggungjawaban praktikum tanpa tergoda lagi untuk melakukan tindakan COPAS.

Kesulitan kedua yang saya alami dalam membuat tulisan orisinil mengenai Laporan Resmi Praktikum Komputer Dasar adalah berkenaan mengenai pencetakan laporan resmi. Saya mengalami kesulitan karena dihadapkan kerusakan printer yang saya punya dan biaya mencetak laporan setebal -+120 halaman yang mahal (menurut saya : seorang mahasiswa). Pada hari Jum'at sebenarnya saya sudah mencetak seluruh tulisan orisinil saya tentang laporan resmi ini dirumah salah satu teman, namun ternyata hasil cetakan pertama mengalami kesalahan total yang mengharuskan untuk mencetak ulang laporan resmi.

Jadi, saya harus mengedit ulang soft copy Laporan Resmi Praktikum Komputer Dasar dahulu sebelum mencetak untuk kali kedua (yang saya harapkan tidak terkendala masalah kesalahan cetak lagi).

Halaman demi halaman, bab demi bab terselesaikan hingga akhirnya tadi pagi sekitar jam 10:15 AM Laporan Resmi Praktikum Komputer Dasar selesai saya rampungkan setelah semalam begadang melakukan finishing pada -+120 halaman laporan resmi dan memperbaiki printer yang rusak (untuk mencetak hard copy) hingga baru mempunyai kesempatan untuk bisa terlelap pada sekitar pukul 03:11 AM. Suatu kebanggaan tersendiri bagi saya, ternyata jerih payah menulis halaman setebal -+120 halaman menghasilkan sebuah laporan resmi yang membuat hati ini merasa "bangga" dan membuat kepercayaan diri saya menjadi bertambah.

Rasa bangga menyelesaikan 120 halaman soft copy dan hard copy Laporan Resmi Komputer Dasar hasil tulisan orisinil dan jerih payah sendiri melebihi rasa bangga menyelesaikan 2400 halaman soft copy dan hard copy laporan resmi dari hasil COPAS secara total.

Dan, malam ini saya bisa berileksasi setelah tugas pembuatan laporan pertanggung jawaban Praktikum  Komputer Dasar sudah saya selesaikan sendiri secara mandiri dan sudah saya serahkan kepada pihak dosen. Serasa kemenangan menaungi saya sebagai seorang single fighter yang berhasil mengalahkan godaan COPAS dan kebiasaan teman-teman saya satu jurusan yang melakukan tindakan COPAS secara total.

Dapat menuliskan suatu tulisan yang orisinil adalah suatu prestasi yang diraih seorang penulis dalam bidang tulis-menulis yang tidak akan pernah didapatkan seorang COPASER. Jadi, belajarlah menulis orisinil apapun ide yang mengalir pada otak kita dan bagaimanapun hasil akhir dari tulisan orisinil kita. Karena keutamaan tulisan orisinil adalah bisa memberikan rasa bangga (dalam arti positif) pada diri sendiri dan bisa membuat suatu tulisan yang "GUE BANGGETSZS".

Keutamaan Tulisan Orisinil versi saya :
1. Tulisan yang dihasilkan merupakan tulisan yang "GUE BANGGETSZS".
2. Untuk tulisan yang dipublish diblog, bisa meningkatkan kredibilitas blog penulis tulisan tersebut dimata search engine Google.
3. Ketika tulisan orisinil yang dibuat adalah suatu bentuk pertanggungjawaban, saat ada sesi wawancara akan memudahkan proses wawancara, karena merupakan hasil tulisan sendiri.
4. Bisa menjadi suatu proses pembelajaran untuk menulis yang baik dan benar serta enak untuk dibaca.
5. Bisa menumbuhkan kebanggaan (dalam arti positif) pada diri penulis. Apalagi jika tulisan yang dibuatnya mendapat apresiasi positif dari pembaca.

Sekian dari saya : Ahmad Mu'azim Abidin.


#HAHAHA, gua akhirnya nulis artikel lebih dari 1000 kata juga. Mari budayakan membaca, bukan hanya melihat gambar saja. Mari budayakan menulis, bukan hanya menyalin kata saja.

36 Komentar untuk "Keutamaan Tulisan Orisinil"

yah
>,</
mengeluarkan unek2 di blog ngapa juga harus copas
percuma juga dong hahahaha iya kan
mending gak punya blog sekalian

apa lagi laporan,
mungkin mudah di awal menyusahkan di akhir
:D

dunia ini, adalah warisan dari jutaan kata-kata di masa lalu. pemikiran, tindakan, sejatinya tak ada yang orisinil kawan? Tetapi, ide orisinal itu yang saya pikir tidak dimiliki semua orang. Saya setuju; Mari budayakan membaca...salam:)

tulisan enak dibaca, koyok tulisanmu tahu goreng ae

Wuih..,keren...,dalam 5 hari bisa menyelesaikan laporan yang halamannya tebal???? btw... "slenge'an" tu artinya apa ya...? hehehehe

lega banget-bangetaaaan kalo berhasil bikin tulisan asli, karya sendiri.. apalagi tulisan berbahasa inggris, setebal ratusan halaman, bersumber riset, dikoreksi pembimbing, lantas diuji dalam sebuah ruangan.. beeeh.. lega gak ketulungan.. apalagi setelah kelar diuji dapat nilai A pula.. weeeh makin riang gembira..

*ceritanya lagi ngomongin skripsi*

jangan pernah copaaaaaassssss!!!!!!

iya, blog aku juga orisinil semua kok. bukan hasil copas. apalagi yang berisi curhat curhatan nggak jelas hahaha

setuju !!!
buat apa punya blog, tapi kalo isinya tulisan copas semua.. sama aja dong, intinya kita cuma mindahin tulisan orang lain ke blog kita alias plagiat.. mending tulisan jelek, tapi hasil ide kita sendiri :D

yang orisinil lebih bagus sob, tapi klo gak punya biaya lebih, yang kw super, atau kw 1 jg gpp, hahah gak nyambung :D

tulisan itu yang orisinil buat kita lebih bangga daripada copas tulisan org lain atau edit tulisan orang lain, hee

yang ori itu lebih di pandang sama om google ketimbang copas

Mampir kesini ya, salam kenal Peta Indonesia Karya Anak Negeri

yah ilang komenkuu -__________-
ya emang bener banget orisinil itu lebih baiiik, copas itu mencuri kan yaaa..cuman kalau ada sumbernya misal kayak tips gitu nggak papa kan yaaa..hehehehe

Yup, enggak ada yg sia-sia kalo kita berbuat benar. Seenggaknya ada perasaan bangga yg ngebuat kita senang dengan hasil kerja keras kita. Semangat terus bro buat laporan yg baik!

empat jempolku buat kamu semua.. :D
setuju banget..
karya sendiri itu lebih membanggakan.. :)

Yang Orisinil emang paling baik, apalagi kalo buat blog sendiri. Kalo misalnya copas rasanya gak enak banget pas dibaca, dan terasa kalo tuh blog bukan milik sendiri, habis tulisannya, tulisan orang semua -__-

Klo blog gue ga pernah nulis dengan EYD, ribet kayaknya kalo nulis pake EYD
Bner bnget, lbih baik bngga dengan tlisan sndri. Kan kliatan tuh, jihadnya

yang asli emang jauh lebih keren dibandingkan copy punya orang, lebih ada kerja kerasanya dan menghargai tulisan orang.

tulisannya enak dibaca. Keren

laporan kalo nulisnya copas tuh... serasa terbang tinggi sampe awan pas diawal terus dijatuhin sampe inti bumi pas ditanya2 enggak bisa jawab. *jlebb..

hhahaha... kalo blog personal emang enggak banget kalo copas2an *menurut saya saat ini*, tapi kalo blog tutorial itu bagaimana ?

yoi mamen,,, ide orisinil itu yg enggak bisa ditransfer ke orang lain tanpa adanya proses penulisan orisinil dan kegemaran membacaa :)

warisan yang harus dilestarikan

terus kalo emang tahu goreng mau bilang woww gitu

yoi mamen, itu yang pengen saya dapatkan... meskipun tidak dalam bahasa inggris ya

yoyoi mamen, gak mungkin sama persis apa yang dirasakan orang lain dengan orang diri sendiri

iya bang,,, kalo hasil orisinil karya sendiri itu bagaimana gitu rasanya... ada perasaan bangga yang enggak didapetin kalo copy paste

iya juga sih, itu kalo soal artikel di internet

kalo untuk tips2 dikasih referensi biar adil :) ... kalo tulisan curhat kan mau copas pasti isinya beda2 tiap orang kan hhhe

yoi bro.. tadi udah buat laporan kedua...

kalo menulis yg orisinil itu emang bikin bangga *serasa iklan*... bisa nunjukin potensi diri sendiri

argghhh... dua jempol kakinya jangan diangkat, enggak bisa berdiri lho..

iya tuh,,, bener2 bisa dibanggakan deh

iya tuh bener banget... dulu akupun juga begitu, apa2 tulisannya hasil dari copas, sekarang baru sadar kalo tulisan orisinil itu yang baik dan benar meskipun "tidak berarti" isinya

wah, saya tidak sampai ke jihad2 segala... just write the truth aja..

nulis sesuai eyd emang ribet, tapi kalau sudah terbiasa tak ada yang ribet kok

alhamdulillah yah sesuatu... kalo copy punya orang itu biasanya oleh blogger yang kurang pede sama tulisannya sendiri.. biasanya para generasi blogger baru yang tindakannya copas *mantan nih ya* *saya sendiri*

Hasil tulisan sendiri itu rasanya beda. Seperti mendapatkan hadiah es jeruk saat kita bisa melewati gurun pasir. Hee.

Kalaupun copas di laporan, seenggaknya kita cantumkan sumbernya, dan tulisan copasnya ditandain, jadi jelas itu bukan tulisan kita.

Meski begitu, tetep, jerih payah sendiri itu lebih memuaskan meski hasilnya tak secetar copas. Pahalanya juga banyakan yang nulis sendiri. Sukses ya. Moga semangat terus nulis asli:))

ya kan
"bahkan malaikatpun enggan beranya jawaban copas di liang kubur"
>,<

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top