Web Kabupaten Tuban - Tubankab - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

Selamat bertugas pak presiden Indonesia ke-7!

Web Kabupaten Tuban - Tubankab

Web Kabupaten Tuban - Tubankab.go.id : Pas tadi saya coba googling Bektiharjo di Google, secara tidak sengaja menemukan link menuju halaman web resmi yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. Lebih tepatnya menemukan link menuju ke situs pemerintahan Kecamatan Semanding, dimana lokasi Wisata Bektiharjo berada.

Nah, ini dia yang tadi secara tidak sengaja saya temukan ketika mencari kata kunci pencarian Bektiharjo. Http://semanding.tubankab.go.id/. Pada situs yang mempunyai emak atau top level domain tubankab.go.id ini saya temukan informasi mengenai beberapa tempat wisata lain yang berada pada Kecamatan Semanding. Antara lain mengenai Makam Sunan Bejagung dan Wisata Goa Akbar (insyaallah saya akan menulis artikel tentang keduanya).

Awalnya saya tidak tahu kalau ada web resmi Kabupaten Tuban untuk sebuah kecamatan seperti diatas. Yang saya tahu sih hanya situs resmi milik pemerintah kabupaten dengan alamat Tubankab.go.id saja yang merupakan website resmi milik Pemerintah Kabupaten Tuban. Tapi ternyata ada turunan dari web resmi tersebut yang khusus dibuat per kecamatan.

Menurut saya, langkah membuat halaman website per kecamatan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Tuban ini perlu diapresiasi, dimana pada era seperti sekarang ini sudah seharusnya  sistem pemerintahan daerah (mulai dari rt/rw sampai propinsi) untuk move on dari sistem pemerintahan konvensional menuju sistem pemerintahan terpadu berbasis web.

Beberapa pelayanan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan mendatangi kantor dinas terkait pada masing-masing kecamatan harus bisa dilakukan dengan hanya klik melalui situs web kecamatan yang bersangkutan.

Seperti contoh, untuk melakukan pendaftaran perangkat desa pada sebuah kecamatan di Kabupaten Tuban, pendaftaran seharusnya bisa dilakukan secara online. Sehingga mempermudah pelamar dan mempermudah petugas pendaftaran memeriksa berkas yang disetorkan pelamar secara online, apakah lulus verifikasi atau tidak.

Namun nampaknya pelayanan seperti diatas masih jauh untuk bisa terwujud. Melihat web kecamatan (semanding.tubankab.go.id) yang masih mengesankan baru dibuat dan masih acak-acakan. Saran dari saya sih, semoga beberapa poin dibawah ini bisa segera diperbaiki agar kemudahan akses informasi dan pelayanan kecamatan serta kabupaten dibawah pemerintahan Kabupaten Tuban bisa segera dinikmati oleh semua kalangan yang membutuhkan informasi lengkap dan up to date mengenai bumi wali ini melalui website remi :

- Konten : Isi konten dari web Kecamatan Semanding ini masih sedikit sehingga perlu untuk diperbanyak isinya. Antara lain tentang wisata andalan, makanan khas dan umkm yang ada pada Kecamatan Semanding.
- Menu Navigasi : Beberapa menu utama navigasi menampilkan halaman error, belum sempurna dalam hal kenyamanan user menavigasi situs ini.

Mungkin itu saja sekilas mengenai opini dan saran saya mengani Web Kabupaten Tuban - Tubankab.go.id. Semoga kedepannya birokrasi kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban bisa lebih transparan, mudah dan memudahkan pelayanan bagi semua lapisan masyarakat Kabupaten Tuban.

Tubankab.go.id, Website remi Kabupaten Tuban, Website resmi Kabupaten Semanding, Kecamatan Semanding.
Tampilan semanding.tubankab.go.id

21 Komentar untuk "Web Kabupaten Tuban - Tubankab"

memang bagua kalau ada website resmi gini, seharusnya tiap kecamatan ada ya.
setelah dilihat web nya memang benar masih acak2an. Mungkin kurang diperhatikan. tapi style menu navigasi nya aku suka, apalagi dropdown menunya...hehe. cuma isinya saja yang belum lengkap mungkin..

untuk konten mungkin bagus juga jika dibuka submit artikel gitu, jadi siapapun boleh membuat artikel di webnya tentunya yang berhubungan dengan Tuban, nanti di filter artikel yang memenuhi kriteria kemudian langsung di publish...

selamat Pagi Sobat,,,Kunjungan perdana nich,,,salam kenal yaa Sob...

kreatif sekali mas, tahun 2010 saya sering buka web kabupaten tuban belum ada apa2nya. masih aritkel kosong, dan webnya pun dari joomla yang merupakan cms mirip blogger. Kalau cuman joomla orang2 seperti mas kaazim juga bisa bikin lalu apa kerjanya pns yang katanya jago it tersebut?
kalau sekarang sudah maju kembali itu karena manajemen dari bupatinya yang memang gila kerja.

Mungkin kalo masalah pembuatan web tiap kecamatan bisa terealisasi yang sulit ada pada pengelolaannya ... Di kec. KKN gue juga gitu, gak update.

Tapi, untuk kecamatan yg udh bikin web kaya di tempat itu sih.. Udah lumayan, ada contact personnya gak di web?
Coba lo kasih masukan dan saran aja dulu barangkali ditanggapi, keren kan tuh :D

wah, gimana tuh cara kerjanya. aku jg pngn buatnyalah.....

Hmmm keren juga ya kalo setiap daerah puya web sendiri...

Semoga Tuban menjadi percontohan untuk kabupaten lain di Indonesia. Good job :))

Website.e gampang di hack kuwi rak sengojo tak utek-utek iso mlebu ning jeroane hehe .. :D

Masih perlu banyak perbaikan. Terutama mengunci akses ke dalam. Bisa di hack pake sql injection ketok.e hehe .. :D

soal submit artikel aku malah ga kepikiran ,, kepikirannya aku yg langsung jadi administrator web itu gitu hhehehe..

sekarang zamannya untuk move on dari jaringan lokal menuju jaringan internet.. memang sudah seharusny pemerintahan seperti ini. membuat web pelayanan tiap2 kecamatan

mungkin karena bupatinya juga sih mas,, dulu pas 2010 aku mah belum ngerti sampe segininya hehehe... jauh lah pengalamannya dari sampeyan yg generasi tua wkwkw

patut dipertanykan memang kinerja dari aparatur negara yg kerjanya asal2an

kalo aku ditanggapi, ntar minta dijadiin web adminnya, biar dapet fee wkwkwk

hampir kesemuanya seperti itu sih, jarang updatenya. miris

lebih keren lagi apabila selalu diupdate perkembangan terbaru daerah tersebut

Aminn... semoga saja seperti itu. dan webnya bisa jadi lebih terurus lagi

lhoh, tak jajale dikek... ya biasalah .. lha wong ngurus isinya aja juga kayak'e keteteran, apalagi ngurus keamanannya ...

moga aja kedepannya lebih baik lagi.. Aminn

Hehe bang bocil kurang ngerti soal web web gini. Tapi keren ya tuban udh punya situs web resmi. Nanti parung juga buat deh wkwkwk

ayo parung... kamu bisa buat halaman web buat memudahkan pelayanan masyarakt... Ntar kalo dipelajarin juga pasti bisa ngerti kok :)

salam dari desa tunah semanding sob..............

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top