Keunggulan WordPress - Jatuh Cinta Pada WordPress? - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Keunggulan WordPress - Jatuh Cinta Pada WordPress?

Keunggulan WordPress | Logo resmi WordPress
Logo resmi WordPress


Blogger, tidak bisa dilepaskan dari yang namanya mesin blog (blog engine), blog engine sendiri adalah suatu aplikasi 'makhluk halus' alias software yang bisa digunakan untuk mengedit tampilan laman website/blog di web browser, menulis artikel, mempublish, mengedit, serta mempublishnya lagi (menurut pendapat saya pribadi).

Meskipun akhir-akhir ini seiring dengan perkembangan teknologi internet telah tersedia banyak blog engine baik yang berbayar maupun yang gratisan, namun tetap saja gaung yang nyaring terdengar adalah pertarungan antara dua blog engine raksasa yang saat ini banyak digunakan oleh para blogger. Yaitu antara Blogspot yang disediakan secara gratis oleh Google dan WordPress yang disediakan secara gratis oleh WordPress.com dan WordPress.org sebagai penyedia software WordPress dan pendukungya yang sering disebut sebagai Plugin.

Saya sendiri, jika dihadapkan pada 'pertarungan' kedua layanan blog tersebut akan bersikap 'mendua'. Dalam artian saya lebih memilih Blogspot untuk beberapa alasan dan saya lebih memilih WordPress untuk beberapa alasan lain.

Karena dalam artikel Keunggulan WordPress - Jatuh Cinta Pada WordPress? ini yang menjadi topik masalah adalah mengenai keunggulan WordPress, maka tidak usah menyinggung keunggulan dan kelemahan blog engine lainnya. Kita berfokus pada keunggulan WordPress yang membuat saya 'jatuh cinta' dengannya beberapa hari belakangan :D

Berikut keunggulan WordPress menurut pengalaman saya :

  1. Gratis : Blog engine yang satu ini dibuat sebagai mesin blog berkode sumber terbuka (open source) yang berarti kita sebagai end-user diberikan keleluasaan untuk mengedit/memodifikasi secara total struktur WordPress yang kita punya.
  2. Tersedia banyak template : Template yang digunakan di WordPress baik itu yang berbayar maupun yang gratis telah banyak tersedia di internet. Secara default, kita bisa memilih, menginstall template dari direktori template yang dipunyai oleh WordPress itu sendiri. Meski demikian, kita juga bisa meng-upload template yang tidak tersedia pada direktori template WordPress dengan uploader yang sudah disediakan olehnya.
  3. Tersedia banyak Plugin : Program tambahan yang bisa berjalan dan melengkapi kinerja WordPress ini tersedia banyak sekali. Ada plugin untuk membuat web yang berjalan pada mesin WordPress menjadi lebih SEO Friendly daripada settingan default, ada plugin untuk membuat XML Sitemap dan sebagainya.
  4. Multi user : WordPress bisa digunakan oleh komunitas yang mempunyai beberapa anggota. Tiap anggota dalam komunitas bisa turut serta sebagai kontributor maupun sebagai administrator dari suatu web yang dibuat menggunakan WordPress.
  5. Uploader File yang handal : Jika kita menggunakan WordPress (self hosting), maka tidak perlu lagi kita meng-upload file-file berekstensi .pdf/.docx/.rar di media penyimpanan online lain baru kemudian kita link-kan ke web yang kita punya. Dengan WordPress cukup mengupload media berekstensi yang saya sebutkan tersebut diatas melalui Add Media, otomatis media akan tersimpan di web WordPress kita dan bisa diunduh langsung. Namun perlu diingat hal ini terkait dengan kapasitas self hosting yang kita miliki. 
Terlepas dari kekurangan/kelemahan yang dimiliki oleh WordPress terkait dengan kerentanannya terkena serangan Hacker, blog engine yang satu ini tetaplah mesin yang ciamik yang bisa kita gunakan dalam ber-blogging ria. 

Dan yang paling inti dari artikel Keunggulan WordPress - Jatuh Cinta Pada WordPress? adalah saya benar-benar merasa jatuh cinta pada blog engine WordPress tanpa meninggalkan cinta lama saya di Blogspot :)

Tag : Ahad, Blog, id., Review
18 Komentar untuk "Keunggulan WordPress - Jatuh Cinta Pada WordPress?"

perbedaan wordpress.com itu versi berbayar bro yang word[ress.org itu yang gratisan
kalau mau fokus cari $$$ yang wordpress.com ada lapak sendiri berbeda dengan google adsense

kalau rentang dan tidaknya wp ini handal loh
asal rajin updare versi saja
yang sering terserang hack itu gegara gak rajin update

semua engine mempunya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri bro

Hadir...Curhat ini mendahului curhat yang akan saya posting mas? Tapi saya praktek dulu nich? hehe...Aseli, setelah punya blog wordpress, jadi pengin nulis terus. apalagi sambil ngopi. Salam

Kapan yah fitur yang ada di blogger dirombak abis kayak yang ada di wordpress?
Yang follownya gampang (cuman sekali klik)
yang di kolom postingan dan komennya ada emotnya tanpa perlu pasang kode-kode html
dan yang terpenting ada notifikasi replay setelah kita meninggalkan komen ke blog laen
kapan kapan kapaaaaaaaaaaaan????

kalo kata saya sih justru mau wordpress atau blog sama aja ,, malahan lebih mudah meng edit blog

yup, emang gitu kayaknya, yg jarang update lebih rentan kena serangan...

di wordpress.com yg berbayar ada editornya, yg di wordpress.org cuman buat download software terus habis itu diupload ke hosting sendiri

salam mas :)

kalo punya blog di wordpress apalagi yg self hosting,emang bawaannya pengen update terus hehe... soalnya mubazir kalo udah bayar hosting tapi tidak dipergunakan hehe

aaaaa aku tidak tau kakakkkkkkkk......

blogger mantep dari serangan hacker, soalnya dibackup google langsung..
tapi untuk nyaingin wordpress soal itu rada susah emang, kan di google benar2 gratis, gratis kok minta kyak yg berbayar :D

kalo kesimpelan, blogspot memang bisa diandalkan :)

kalo wp lebih rumit tapi lebih powerfull juga

wordpress.com gak bisa edit theme, lebih baik pake wordpress.org, hosting dan domain sendiri yang berbayar lebih bagus dan lebih mantappp...komen balik yah!

tambahan sob,,wp itu CMS jadi user bisa berubah jadi super user/administrator...tambah backlink dari WP sangat berkualitas di mata google

enggak juga tuh mas, lebih mudah WP kayaknya. nggak rumit ngedit2 soalnya udah ada pluginnya..

eh aku numpang doang lho, tapi domainnya bayar :D :D (hubungannya apa ya?) :p

Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha, bila ada salah kata dan khilaf atas prilaku selama ini, serta bila ada salah baca atau salah dalam berkomentar, atau belum sempat membalas komentar, dari lubuk hati yang paling dalam saya mohon dimaafkan lahir dan batin...salam dari Makassar :-)

aku tahu tuh maksudnya... ikutan numpang dong :D

kalo soal plugin, memang lebih mudah di wp, tapi soal edit tampilan, kayaknya lebih mudahan di blogspot deh :)

yup, bener tuh... kalo yg gratisan di wordpress.com emang ga bisa edit template.. kalo di wordpress.org harus download dulu terus nge-hosting dulu

yup, ada yg bilang gitu sih soal backlink... di blogspot soal user, super user, administrator juga bisa diatur kok :)

selamat lebaran idul adha :) mohon maaf baru bisa bales hehe

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top