Laptop Thinkpad T60 dan Laptop Thinkpad T61 - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

Menulis Lagi... Lagi Menulis.

Laptop Thinkpad T60 dan Laptop Thinkpad T61

Thinkpad, salah satu tipe laptop yang diproduksi oleh IBM dan kemudian diakuisi oleh Lenovo merupakan  product line andalan dari pengrajin, eh.. dari pabrikan yang mempunyai tagline For Those Who Do ini. Beberapa kelebihan dari seri Thinkpad bagi sebagian pembaca mungkin sudah mengetahuinya (apalagi para generasi lama hehe), sebagian lagi mungkin belum mengetahui, mempunyai keinginan untuk mengetahui dan sebagian lagi belum mengetahui dan tidak mempunyai keinginan untuk mengetahui kelebihan seri Thinkpad. #Mbuletisasi.

Keunggulan dari laptop seri Thinkpad sendiri, secara garis besar adalah sebagai berikut (sesuai dengan apa yang saya rasakan selama > 6 bulan menggunakan laptop Thinkpad):
  • Clock speed CPU yang wusss... Kelebihan ini mungkin yang menjadi salah satu alasan mengapa dahulu laptop seri Thinkpad dihargai mahal oleh pabrikan pembuatnya. Sebagai perbandingan, clock speed Thinkpad seri lama (T60 dan T61) jauh diatas clock speed kebanyakan netbook saat ini.
  • Komponen bongkar-pasang. Beberapa komponen perangkat keras yang ada di laptop seri Thinkpad dapat dengan mudah di-upgrade maupun di-downgrade oleh pengguna. Proses upgrade-downgrade hardware ini tidak menghanguskan garansi (apabila masih dalam waktu garansi). Hal ini karena penempatan perangkat keras yang bisa diubah konfigurasinya tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga tidak perlu ribet dalam proses konfigurasi ulang dan tidak sampai menghanguskan garansi.
  • Keyboard superrr nyaman. Ini salah satu kelebihan dari Thinkpad yang paling saya suka. Apabila ada kerjaan mengetik, menggunakan keyboard yang ada pada laptop Thinkpad membuat pekerjaan itu menjadi nyaman dikerjakan. Karena itu tadi, keyboard Thinkpad memang superrr nyaman.
  • Desain klasik. Kalau untuk masalah kelebihan yang satu ini, tergantung selera masing-masing individu. Kalau saya sendiri, lebih suka gaya minimalis warna hitam berbentuk kotak. Persis dengan apa yang ditampilkan oleh Thinkpad.
 
Laptop Thinkpad T61
Laptop Thinkpad T61

Itu tadi merupakan kelebihan laptop seri Thinkpad secara umum. Saya sendiri, saat ini telah memiliki dua unit laptop Thinkpad. Yaitu Thinkpad seri T60 dan Thinkpad seri T61. Secara desain, kedua laptop yang saya miliki ini memiliki bentukan yang hampir sama. Dilihat dari luar pada kondisi laptop tertutup, Thinkpad T60 dan Thinkpad T61 tidak ada bedanya. Namun apabila dalam kondisi layar laptop dibuka, terlihatlah perbedaan antara keduanya.

Laptop Thinkpad T60
Laptop Thinkpad T60

Thinkpad T60 yang saya miliki mempunyai bentang layar yang sama dengan Thinkpad T61. Perbedaan keduanya adalah pada bagian pinggir layar. Dimana untuk Thinkpad T60 mempunyai tepi layar kanan dan kiri dengan lebar sama, sementara Thinkpad  T61 tepi layar bagian kanan mempunyai lebar yang lebih sempit dibandingkan tepi layar bagian kiri.

Perbedaan lainnya dari kedua laptop ini, pada Thinkpad T60 kepunyaan saya belum terdapat fingerprint reader. Sementara pada Thinkpad T61 sudah terdapat fitur fingerprint reader dan saat ini alhamdulillah masih berfungsi dengan baik. Keren banget kan laptop jadul mempunyai fingerprint reader? Hehe.

Oiya, ada satu pengalaman mengesankan saya dengan kedua laptop ini. Waktu itu, deadline pengerjaan tugas kuliah untuk mata kuliah Pemrograman Web II sudah sangat mepet. Hari esok tugas akhir harus segera dipresentasikan. Sementara laptop Thinkpad T60 yang saya pakai men-develop web ber-framework CI (code igniter)  mengalami kerusakan pada layar karena terjatuh.

Bingung kan dengan kondisi demikian.

Beberapa saat ter-bingung-kan karena hal itu, dengan nekat saya pindahkan harddisk T60 ke T61. Proses pemindahan harddisk ini sangat mudah, hanya perlu mencopot 1 baut saja terlebih dahulu. Setelahnya, harap-harap cemas apa yang akan terjadi. Apakah harddisk T60 ditolak T61? Apakah nanti akan ada kendala lain-lain setelah perpindahan harddisk itu? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu menggelayut menghantui keputusan nekat yang saya ambil.

Setelah proses perpindahan harddisk selesai, saya coba nyalakan kedua laptop yang mengalami transplan harddisk itu. Dan... Alhamdulillah, keduanya bisa digunakan walaupun menggunakan harddisk yang tertukar (kayak judul sinetron aja. hihi). Sampai saat inipun, tanpa melakukan konfigurasi yang ribet, kedua laptop Thinkpad saya nyala dengan normal dengan harddisk yang tertukar.

Meskipun sudah punya dua laptop seri Thinkpad, rencana saya kedepan adalah memiliki beberapa unit laptop Thinkpad lagi. Ya, tentu saja yang bertipe berbeda dari dua laptop yang sudah saya punya. Mungkin hal itu akan lama terwujud karena terbentur biaya. Tetapi, siapa tahu saja ada pembaca tulisan ini yang mau menghibahkan laptop Thinkpad yang dimilikinya untuk saya? Dengan senang hati saya terima dan akan saya rawat :) . Semoga saja. Amin...!

0 Komentar untuk "Laptop Thinkpad T60 dan Laptop Thinkpad T61"

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top