Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah

Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah - Tanggal 5 Oktober nanti, kita semua akan bertemu lagi dengan Idul Adha. Hari raya yang biasanya juga disebut sebagai hari raya kurban. Di hari Idul Adha, nanti pasti akan banyak daging yang dibagi-bagikan oleh petugas penyelenggara kurban, paling tidak itu yang biasa terjadi ditempat saya. Hehe.

Hari raya Idul Adha sendiri jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah pada penanggalan hijriah. Berbeda dengan Idul Fitri yang hanya berlangsung satu hari, hari raya Idul Adha berlangsung selama tiga hari yakni pada tanggal 10, 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Selama tiga hari itu, umat Islam yang berpunya boleh melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Kemenangan tidak pernah didapat tanpa pengorbanan! Seperti Idul Fitri yang harus diraih dengan berpuasa terlebih dahulu, sebelum Idul Adha juga ada puasanya. Namun puasa sebelum hari raya Idul Adha hanya dilakukan selama dua hari, dan hukumnnya sunnah.

Kedua puasa sunnah itu adalah puasa hari Tarwiyah dan puasa hari Arafah. Puasa yang dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijah dinamakan puasa Tarwiyah. Sementara puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijah dinamakan puasa Arafah. Puasa Tarwiyah sendiri dilaksanakan sebelum hari wukuf (oleh jama'ah haji), dan puasa Arafah dilaksanakan pada saat jama'ah haji melakukan wukuf di Padang Arafah.

Ada cerita menarik (paling tidak menurut 'tersangka'nya) mengenai kedua puasa ini. Yaitu pada waktu saya kecil, sekitar kelas 4 MI (setingkat SD), saya ikut berpuasa Tarwiyah dan Arafah. Pada saat puasa Arafah, untuk menghabiskan waktu dipilihlah kegiatan memancing. Awalnya kami sekitar lima anak memancing di sembarang sungai. Tanpa peduli disitu ada ikannya atau tidak, pokoknya kail harus diturunkan ke air. Hehe.

Entah ada angin dari mana, karena di spot pertama tidak kunjung dapat ikan, maka kami memutuskan untuk berpindah. Ke sungai mana? Kami semua tidak tahu dan tidak punya tujuan. Tanpa sengaja, kami menuju di sungai depan TPK Ngogro, Singgahan. Waktu itu arus air lagi deras dan berwarna coklat keruh, maklumlah habis hujan. Disitu sudah ada bapak-bapak yang memancing duluan. Bapak-bapaknya itu hanya dapat ikan kecil-kecil.

Berbekal nekat kami ikut memancing. Dan hasilnya, adik saya dapat dua ekor lele berukuran besar. Kira-kira beratnya sekitar setengah kilo per ekor. Teman saya bernama Hamid juga dapat ikan lele yang besar. Tapi dia hanya dapat satu ekor. Saya sendiri, tidak dapat ikan seekor pun. Hehe.

Bapak-bapak yang duluan memancing disitu jadi heran. Sama dengan kami yang juga heran. Kok ada ya, ikan sebesar itu disungai depan TPK Ngogro. Tapi yasudahlah, ikan sudah ditangkap. Waktunya pulang dan bersiap untuk malam takbiran.

Yuk, besok mari kita bersama-sama berpuasa Tarwiyah dan Arafah. Siapa tahu rejeki kita makin diperlancar oleh Allah SWT. Mari pada malam ini kita melafalkan niat puasa Tarwiyah, dan besok malam melafalkan niat puasa Arafah :)

NIAT PUASA TARWIYAH

نويت صوم ترويه سنة لله تعالى 

NAWAITU SAUMA TARWIYAH SUNNATAN LILLAHI TA'ALA
“ Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.” 


NIAT PUASA ARAFAH

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

NAWAITU SAUMA ARAFAH SUNNATAN LILLAHI TA'ALA
“ Saya niat puasa Arafah , sunnah karena Allah ta’ala.”

Referensi :
- zwexzBlog

Selamat Berpuasa Tarwiyah dan Arafah
Selamat Berpuasa Tarwiyah dan Arafah...

0 Komentar untuk "Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah"

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top