Belajar Algoritma Dasar (Pemrograman) - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Belajar Algoritma Dasar (Pemrograman)

Penjelasan
Algoritma secara sederhana bisa dikatan sebagai sebuah urut-urutan secara sistematis dalam pemecahan masalah. Berarti kalau tidak secara sistematis bukan algoritma dong? Terserah yang mau mengatakan sih, tetapi menurut penjelasan sedikit tadi penyelesaian masalah dengan cara yang tidak sistematis berarti bukan termasuk yang dinamakan algoritma.

Kegunaan
Algoritma banyak banget kegunaannya, salah satunya untuk pemecahan masalah dan juga untuk kerangka rancang bangun dalam beraktivitas sehari-hari. Jangan hanya terpaku bahwa algoritma adalah pada pemrograman komputer saja. Algoritma pun bisa dan sering terjadi pada kehidupan kita.

Contoh algoritma :
1. Aku pergi ke toko baju untuk membeli baju.
2. Di toko itu, Aku beberapa kali melihat baju yang memikat untuk aku bawa pulang (beli). Aku pilah-pilih diantara baju-baju itu.
3. Setelah ketemu yang cocok, aku lalu pergi ke kasir untuk melakukan pembayaran.
4. Nah, harga yang harus aku bayar ternyata lebih mahal dari yang aku kira. Aku berpikir sejenak, kalau uangku cukup ya beli kalau tidak ya tidak jadi beli.
5. Ternyata uangku cukup dan aku jadi beli.
6. Aku bayar uang di kasir, baju pilihanku sekarang sudah resmi menjadi milikku.

Nah, dari contoh diatas terlihat bahwa algoritma sebenarnya hanya berupa cerita tentang langkah-langkah dalam melalukan suatu hal. Ini berarti algoritma belum termasuk dalam penulisan kode suatu program. Algoritma hanyalah sebuah kerangka kerja saja.

Implementasi
Karena algoritma tidak merupakan penulisan kode dalam bahasa pemrograman tertentu, maka rancang bangun algoritma tadi bisa dituliskan kedalam bermacam bahasa pemrograman komputer maupun mobile. Bisa bahasa Php, Java, Delphi, C, C# dll.


Catatan : Bagi yang sudah belajar algoritma, silahkan komen dan mendefinisikan algoritma urut, pengulangan serta percabangan pada kotak komentar dibawah untuk diskusi online.



Toeban Kota 07102012

3 Komentar untuk "Belajar Algoritma Dasar (Pemrograman)"

ijehhh bngung.,.,./vb ae lo gampang

iki durung masuk ke bahasa pemrograman man

walahh bingung akuuu
mgkin itu jalan cerita (algoritma) yang kita tulis dalam bahasa kode (bhsa program)...
haha
gmna ya min agr kita bisa cepat memahami bahasa program ??
lo bsa email/fb ke h41br0@gmail.com
biar bisa tnya22
thanks yaa maju trusss !!!

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top