Batik Indonesia Itu Keren, Tapi... - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Batik Indonesia Itu Keren, Tapi...

Selamat pagi sobat blogger, bagaimana kabarnya hari ini? Pasti baik sehat sentosa semuanya kan ... Aminn. 

Batik Indonesia Itu Keren, Tapi... Itulah judul tulisan saya kali ini yang memang sengaja akan sedikit menulis tentang batik agar sobat blogger sekalian bisa membaca batik dalam perspektif saya. Secara, saya sendiri adalah orang yang turut terlibat dalam proses pembuatan-pemasaran batik tulis gedog khas Kota Tuban.

Batik Indonesia, yang beberapa waktu lalu diakui oleh Unesco sebagai milik sekaligus kebanggaan Bangsa Indonesia ini seharusnya membuat kita bangga untuk paling tidak mengenakannya dan kalau bisa belajar melestarikan batik melalui belajar membuat batik dengan cara mencanting. Tapi nampaknya jauh panggang dari api.

Tak sedikit dari kita yang enggan untuk mengenakan batik dengan beragam alasan, mulai dari motif yang kuno, harga yang relatif mahal serta beragam alasan lainnya terlontarkan.

Disini saya ingin menepis anggapan-anggapan yang membuat kecintaan pada batik Indonesia sedikit-banyak berkurang tersebut. Batik Indonesia itu keren, itu yang ada dalam perspektif saya. Kenapa keren? karena batik Indonesia itu mempunyai beragam motif, sarat akan nilai luhur, sarat akan penghayatan dan ketelatenan dalam proses pembuatannya.

Teringat kalimat dari seorang penjual sekaligus pengrajin batik yang juga sahabat saya ketika pameran di Surabaya, "Sebenarnya batik itu bukan hanya milik Bangsa Indonesia, batik itu universal milik semua bangsa di dunia. Motif batik itu tak terbatas dan tergantung kreatifitas kita, sebuah motif batik bisa dibeli oleh mereka pengrajin batik di Pekalongan untuk diproduksi massal, tetapi kreatifitas menuangkan ide kedalam batik tidak bisa diperjual-belikan." 

Sebuah kalimat yang menurut saya tepat untuk menepis alasan sebagian (terutama kalangan muda-mudi) yang enggan menggunakan batik karena alasan motif yang kuno. Batik Indonesia, (meskipun menurut beliau bukan paten milik Indonesia) mempunyai motif yang sangat beragam dan bisa dibuat motif yang cocok dikenakan oleh segala usia baik itu tua, muda, bahkan anak-anak pun bisa bergaya menggunakan batik bermotif.

batikhmsholeh.com
Proses penjemuran batik (doumentasi pribadi)

Batik tulis gedog Tuban misalnya, meskipun produk gedog yang asli (berbahan tenun) sangat jarang digunakan oleh muda-mudi namun produk dengan motif gedog berbahan katun sudah banyak tersedia dengan beragam motif tradisional maupun motif modifikasi yang bisa dikreasikan menjadi pakaian masa kini yang jauh dari kesan "kuno".

kaazima.blogspot.com
Salah satu motif khas batik Tuban (dokumentasi pribadi) 
Beralih ke alasan batik itu relatif mahal. Saya yang juga seorang penjual batik tak bisa memungkiri memang jika menurut sebagian masyarakat kita jika produk batik (buatan Indonesia) relatif lebih mahal jika dibandingkan produk pakaian biasa. Bagi masyarakat yang sensitif dengan harga pasti akan mengemukakan alasan ini.

Produk batik relatif mahal karena memang proses pembuatannya membutuhkan proses yang panjang, proses dari mulai mencanting, mewarnai, menutup warna dengan lilin malam, proses perebusan sekaligus pewarnaan, penghilangan lilin dan penjemuran dilakukan secara tradisional sehingga proses yang panjang ini membawa konsekuensi harga yang relatif mahal.

Meskipun harga batik relatif mahal, hal itu akan setimpal dengan produk batik yang kita beli. Kwalitas dan motif yang tertuang dalam kain batik yang kita beli tentu bisa menjadikan kita menerima alasan mengapa harga batik bisa relatif mahal seperti itu. 

Tentu saja kalau kita berbicara mengenai harga pasti juga turut berbicara mengenai toko batik, butik batik atau tempat-tempat lain dimana kita bisa membeli batik. Jika sebelum era onlinenisasi kita membeli batik secara tradisional dengan mendatangi toko batik atau butik batik secara langsung, kini saatnya beralih berbelanja batik online.

Adalah berbatik.com, sebuah situs belanja batik online terpercaya yang bisa menjadi rujukan tempat kita dalam membeli produk batik berkwalitas. Beragam produk batik tersedia pada toko batik online berbackground putih elegan ini. Mulai dari batik untuk anak-anak, muda, tua serta berasal beragam merk pembuat batik tersedia di berbatik.com

Kini tidak perlu repot lagi berbelanja batik, tidak perlu repot lagi hujan-hujanan, tidak aja ojek, becek untuk sampai ke toko batik. Tinggal lihat koleksi berbatik.com, pilih dan beli-bayar tanpa repot. 

Dan akhirnya, saya sebagai pribadi berharap semua elemen bangsa Indonesia lebih mencintai budaya bangsanya, terutama batik dengan cara membeli, mengenakan dan lebih jauh mempelajari cara pembuatan batik tradisional. 

Batik Indonesia itu keren, karena mengandung makna dalam tiap cantingannya!
Batik Indonesia itu keren, karena itu budaya bangsa Indonesia yang luhur!
Batik Indonesia itu keren, karena saya juga berbatik!
BATIK INDONESIA ITU KEREN, KARENA KITA SEMUA BERBATIK!



Wassalam, selamat pagi!


#versi saya-kamu-kalian.

90 Komentar untuk "Batik Indonesia Itu Keren, Tapi..."

wah ikutan lomba juga ya, kaya bang rinem.. good luck deh

budayakan menggenakan batik.. untuk melestarikannya.. :)

Sukses ya kontes blognya... ^^

uwaahh semangat nasionalisme gw jadi membara nih gra2 batik. gw juga suka pake batik, noh bnyak dilemari,,ckckck

batik gak kuno, malahan keren.
bahkan sekarang ada yg ngegabungin batik sama jersey bola

batik itu memang keren..
indonesia itu memang kaya akan batik.. :D
semua daerah mulai dari sabang sampai merauke mempunyai ciri-ciri batik tersendiri..
kita harus bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia.. :)

I Love Batik!
Ki hlo foto profil blogger ku background e batik.. wkwkwk :D
entuk award ki boss mbok menawi kerso :
http://blog-supercoolzz.blogspot.com/2013/01/sunshine-award.html

Semoga menang yah kawan Kontesnya?? ;)

kalo harga batik emang relatif mahal sih,,,tapi i2 membuktikan kualitas batik...:)
saya gak malu pake batik,,,cuma kesal sj klo pas make batik ad yg komentarin gini abis dr nonton dahsyat ya? nah,loh...

Batik yang kedua gue suka motif nya sih :D
kerenn!

harus jaga, karya negri ini, neeh..........

batik emang harus dilestarikan, biar ga ketindih sama yang baru-baru salah satunya lewat tulisna lo ini zim. Keren

wah.. azim pakai batik huhu... kereen (maksudnya batiknya keren):D

saya termasuk yang mempunyai koleksi pakaian batik, cuma dipakai buat ke undangan, he.. karena kesannya batik tuh resmi dan elegan. so, kebanyakan orang menggunakannya hanya untuk acara-acara resmi.

semoga kontesnya sukses ya.. :)

Wih ... batik Indonesia itu kece badai deh ...(^,^)b

Beragam batik indonesia terutama motifnya harus dilestarikan dan dikembangkan supaya tidak dibilang kuno.

Banyak kok sekarang desainer muda mengelolah kain batik untuk didesain lebih ekspresif, fresh dan lebih muda.

Soal harga no komen kalau mau harga murah canting sendiri, rebus sendiri ye ... muhehe ... :D

Semoga menang kontesnya Dik Azim dan mendapat 10 Miliyar (^,^)b. Amin ... (/-,-\)

Iya setuju banget, batik indonesia itu emang keren. Mulai dari pembuatannya sampai hasilnya, its amazing...

batik indonesia itu keren karena gue juga kuliahnya sering pake batik ..
hidup batik !!!

oalah neng omah mu dodolan ngene iki to?

apalagi batik tulis.. itu keren bgt ya :)

Aminnn.... semoga saya jadi juara I

harus dilestarikan batik Indonesia... Aminn, semoga bisa menang I :)

mana coba, sini lemarine aku odol2in :D

kalo yg itu biasanya dari pekalongan, batik bola

iya lah, harus benar-benar bangga orang indonesia punya batik. Kalo didaerah tuban, daerah gua ada batik yg namanya batik gedog. ini batik khas kota tuban

i love batik too :)

meluncur,,, besok aku ambil insyaallah bang

amin... semoga bisa menjadi juara I :)

ahahaha,, apa hubungannya batik sama dahsyat ya :D

semoga aja diberi insyaf yg ngatain seperti itu

pastilah suka, motifnya emang bagus tuh,, namanya motif unyeng-unyeng

iya bang, harus dijaga dan salah satunya ya dengan bangga mengenakan batik

lebih keren lagi kalo tulisan ini bisa jadi juara bay.. doa'in begitu .. Aminnn

aminnn... kalo batik yg baju biasanya sih emang untuk acara formal... tapi sekarang kan banyak model batik untuk santai, kaos misalnya. Jadi, jangan ragu lagi untuk mengenakan batik... batik itu keren lhoh :)

Aminn.. semoga aku bisa menang... ahahaha kalo canting, rebus sama lainn lainnya sendiri jadi tambah repot jadinya...

susah memang, disatu sisi melestarikan budaya bangsa, tapi disisi lain harus terbentur biaya

dari pencantingannya, pewarnaan, perebusan semuanya benar2 mewakili bangsa Indonesia yang telaten dan penuh seni

hidup batik!!! *BEM style*

batik indonesia so pasti keren lah, secara pembuatannya aja telaten, meskipun harganya mahal sih [relatif]

iki jenenge batik gedog, motif khas tuban

iya,, keren banget.. terlebih kalau kita bisa ikut melihat atau turut langsung dalam proses pembuatannya... benar2 keren

wah, baru tau ada batik kaos... mana.. mana.. tunjukin donk ficture nya. #request

batik the best lha pokonya ya...

ane juga pengen ikutan nih, udah mulai menulis lho...

Selalu penasaran kalo menyangkut soal batik, mulai dari motif apa pertama kali banget sampe ke masalah pembuatannya, pengen banget bisa ngerasain bikin batik sendiri :D

Saya & temen2 kuliah sudah membiasakan pake sesuatu yg berbau batik tiap kuliah hari kamis..
Ini buat kontes ya?? Wahh..Jdi pngen ikutan juga..:D

untungnya sekarang batik udah mulai 'hidup' lagi..
good luck =D

semangat banget bang azim jelasinnya, tapi emang bener sih kaya gitu faktanya.
tapi gua sebagai anak muda yang kece, gua gak malu tuh pake batik hehe.

ciye ciye saingan sama bang rinem ya :D

batik keren dah..gue malah suka pake batik.. :D
bdw, itu artikel buat lomba yak bang?

batik yg saya miliki itu gabungan dari batik dengan kemeja kotak-kotak dan garis-garis..

Gue kan juga gak mau terlihat jadul.. Makannya cari alternatif yg friendly..

hemmm,,, ada dong, disini linknya... Batikhmsholeh.com

emang, batik memang sip jos gandos

kalo disini pasti keinginan itu bisa tercapai....

semoga kebiasaan mengenakan batik seperti itu bisa terus berlanjut...

iya, silahkan :)

alhamdulillah memang batik sekarang mulai menjadi trend

emang deh, batik itu keren..

iya bang

kslo model seperti itu memang yg sekarang lagi trend, batik kolaborasi

udah mampir ke Batikhmsholeh.com, bener-bener keren batiknya! kaos juga dibatik wow!

ikutan lomba juga ya? Semoga dapat hadiahnya ya Zim..
Saya ada banyak batik, ada yg buat ngaji malah :D

tuh kan bener,, ada kan batik kaos :)

Amin... semoga doanya manjur bang :)

batik maniak ini ternyata :D

moga aku yg menang lomba ini :)

aku kalo pake batik juga enggak malu tuh, tapi kadang juga ada rasa gimannnaaa gitu sih

mau dong pesen batik dari mas..harganya miring ga nih??hho
sukses yah untuk lombanya..informatif banget postingannya. good luck! ^_^

bang pengusaha batik ya?
informatif banget postingannya..semoga sukses ya untuk kontesnya,

sekarang ga jaman banget ngomong batik kuno, dimana-mana udah ada "hari wajib pake batik" :) batik udah dipakai banyak seleb luar juga, masa kita sendiri ga mau pake?

dunia fashion skrg banyak yg pake batik

sama kayak bang edotz, aku juga kalo kuliah paling seneng banget kalo lagi pake batik..
batik itu eksotis :)

batik Indonesia makin keren kalo saya yang pake B-)

lagi ngrencanin beli batik lagi nih...
bener apa katamu, batik indonesia emang keren!

Gue juga suka pake batik kok.. kalo ke kampus, ke kondangan. Cuma kalo pas ke kamar mandi agak jarang pake batik.

btik.....gue suka batik soalnya motifnya keren-keren banget...
gue punya baju batik juga tapi yang beli cuma 2 sisanya di beri orang zim...sama sasirangan juga punya gue...
padahal batik, bgus ko di pke sama siapa saja,,
klo di kampus gue kdang di ejek zim pke batik...
kan di tempat gue kayak di rumah makan (#salah satunya) semua pegawainya mke bju batik...lah klo pke bju batik psti di ejek gne mau kerja yaA pesan makanan lalapan ayam goreng 1 sama teh es yaA...yach itu yang membuat ga enak zim...
padahal gue sich pengen juga pke batik ke kampus...kmpus gue bebas aja pke bju apa asalkan pke kerah kan,,,,
#padahal gue ikut juga ngejek...

setelah baca postingan lo gue jadi galau ma diri sendiri zim...ikut2an ngejek #kadang2

eh kelupaan...
semoga menang yaA zim...
aminnnn

bang kalau menang lomba,, hadiahnya dibagi sama anak2 BE ya.... dibagi sama 217 orang anggota BE.. :D

batik itu keceee tau saya pun mengoleksi beberapa baju batik di rumah :D
oia sukses ya buat blog kontesnya :D

oalah asli kota tuban, terus kalo batik yg kayak kamu pakek itu dijual nggak mbleh? batik pramuka haha

NAH !!! batik emang keren banget .. bisa dipake acara resmi ataupun santai ....
untung batik kita udah di hak paten-in ya... dan udah diakui di seluruh negara bahwa batik adalah punya negara kita :)

Lebih suka sama motif kuno, kira2 motif batik pertama itu kayak gimana ya mas ?

saya sendiri sebagai orang yang bekerja di bidang jasa dan lagi ditempatkan di tempat yang berhubungan langsung dengan customer, kebanyakan memakai batik, dan memang seragam dari perusahaan juga batik,

love batik, tapi sumpah saya sangat tidak suka, dengan batik yang dipadukan dengan logo klub bola luar negeri , belum bisa menjelaskan apa sebabnya pokoknya paling gak suka sama model itu.

sahabat, kamu lagi lomba SEO ya
aku juga suka ngurusin lomba SEO,kemarin bantu tmn kerja yang jadi adm. untuk milih best blog

saran aku yah setiap posting blog itu harusnya
max. 3 link aja
satu nge back link ke blog km
satu atau 2 ke link yang dituju (pihak penyelenggara)

karena kalau setiap kata batik itu km link
jadinya gak bagus, ke index di googlenya ngaco
karena bisa di anggap blog spam sama google karena google kan ngeluarin alogaritma google pinguin.


best regrads,
Riza
social media marketing
digital agency Batavianet Jakarta

bener banget... esotis itu batik..

@rinem mau tau apa mau tau bangetzz

aminn... iya dong, batik gedog tuban :)

semoga kita jadi makin suka pake batik kalo gitu,... iya tuh, udah ada kewajiban pake batik skrg

kalo kondangan sama kalo ngmpus ya... ssuper sekali *ehh
mangkanya diusahain kalo kekamar mandi juga pake batik

hahaha... emang dilema kalo seperti itu mah. soalnya dikotaku pun banyak resto yg pegawainya pake batik. disatu sisi pengen make batik tapi disisi lain takutnya diolok-olok...


tapi kalo bagi aku pribadi sih woles aja :)

Aminn bang... terimakasih doanya, moga artikel ini menang :) AMinn

iya bang, moga sukses n menang .Aminn

aku sendiri juga punya beberapa koleksi batik :)

alhamdulillah memang udah jadi hak paten Indonesia :)

emang batik multiguna :D

... yg motif pertama itu bulet2 seperti unyeng2, buletan yg ada di rambut manusia...

aku motif kuno juga suka :)

sampeyan dan aku hampir mirip untuk kasus yg kedua..
aku juga kurang suka dengan yg ada logo klub bolanya, yg seperti itu cuman industrialisasi batiknya, enggak begitu dapet ke budaya batiknya.

berhubungan sama customer service ya? wah pasti orang seperti sampeyan ramah2

ayo dipesen, hubungi saya aja :D :)

emmm ini bukan lomba seo kok bang, emang syaratnya setiap kata batik musti nge link kesana, jadinya ya mau enggak mau harus seperti ini..

emmm makasih ilmu soal link 2 link 3 nya :)

judulnya mancing banget min

salam batik lovers www.batikmuda.com

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top