Surabaya 2Nd Day - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Surabaya 2Nd Day


Hari kedua.

Hari ini diisi materi berkaitan dengan identifikasi data kebutuhan pasar ekspor, analisa pesaing sekaligus action plan ekspor barang ke luar negeri (ya iyalah, masa ke luar kota).

Di tutor oleh Bu Laily, hari ini bener-bener gua belajar analisis data yang seabrek banyaknya tentang tata cara ekspor barang ke luar negeri.

Mulai dari nyari pasar yang cocok, nyari data perkembangan ekspor-impor negara tujuan ekspor (NTE) selama beberapa tahun terakhir terus sama data kesesuaian syarat produk untuk di ekspor mengenai HS, kualitas produk plus seabrek dataaaaaaa lainnya men.

Enjoy sih sebenernya ikutan kegiatan hari ini. Santai, enggak seperti kalo kuliah yang kalo hubungannya sama data-data pasti harus serius. Kalo enggak serius ya enggak dapet nilai bagus.

Saking "tidak" seriusnya, gua malah sibuk buka-buka internet, gua buka blog gua lah, ngurusin pesanan pembeli batik lah (alhamdulillah) tapi tetep sambil ngedengerin materi yang tutor kasih. Kerennya sih, serius dalam ketidak seriusan *ehhh.

Pas nyari pasar yang cocok buat produk ekspor, tadi diajarin kalo pengen ekspor itu harus tau seluk beluk NTE yang bakal dituju. Gimana kondisi demografi di sono, gimana GDP, jumlah penduduk dan gimana kesiapan produk calon eksportir sendiri buat bersaing sama produk-produk sejenis dari negara lain.

Pas nyari perkembangan ekspor-impor NTE, nih kegiatan yang musti "melawan" data-data seabrek yang mudah banget bikin otak gua down alias gagal paham. Soalnya data yang ada pake bahasa inggris, udah gitu datanya dalam satuan yang gede-gede lagi (ribuan ton, ratusan juta, ribuan USD). Gagal paham buat sementara waktu pokoknya.

Nyari kode HS, Harmonized Code. Nih kode buat standarisasi internasional perdagangan ekspor. Kode nya buanyak banget, jadi gua gak mungkin nulisin disini. Yang jelas klasifikasi kode HS produk ekspor tergantung jenis bahan baku buat dijadiin kode awalnya.

Dan... Penutup hari kedua ini ada pengelompokan peserta pelatihan jadi empat kelompok. Gua jadi  anggota kelompok pertama. Dan... cetar membahana men, gua disuruh maju presentasiin hasil diskusi kelompok gua (kelompok satu) mengenai simulasi analisa data dan tujuan NTE.

Sebagai seorang yang ganteng, gak mungkin kan kalo gua nolak disuruh jadi presentator hasil diskusi? #Gubrak.

Cuma dikasih 1 jam (+-), tiga negara, gua (kelompok gua) jadiin target pasar. Ketiganya Jerman, Venezuela dan terakhir India.

Produk berHS 590700 dijadiin produk yang disimulasiin bakalan diekspor ke tiga negara diatas. Produk HS 590700 tak lain dan tak bukan produk batik. Jadi, produk gua men yang disimulasiin bakal diekspor (semoga kedepannya beneran diekspor. Aminn).

Tek... Tek... Tek...

Denting jam pun berlalu, satu jam pun selesai. Setelah perdebatan yang lebih seru dibandingin perdebatan anggota DPR pas rapat paripurnya yang sampe mau uncal-uncalan kursi, juga lebih seru dibanding berita SBY "merebut" kursi kepemimpinan partai Demokrat, akhirnya negara India jadi konklusi dari ketiga pilihan NTE kelompok gua.

India dipilih kelompok gua soalnya ada beberapa alasan logis yang diutarain. Mulai GDP India tahun 2011 yang tinggi, populasi penduduk pangsa pasar yang besar plus persaingan yang menurut kita (kita?) tidak begitu ketat. Dalam artian produk yang bakal diekspor masih punya pangsa pasar ekspor yang ngegolin air liur gua keluar dari lubang dimana seharusnya berada #apaanSih.

Udah ya, kemaren gua dapet ilmu yang banyak, Alhamdulillah. Semoga lewat tulisan ini ilmu yang gua dapat hari ini bisa tertularkan ke elu semua. Amin. [Surabay 1St Day].

http://kaazima.blogspot.com/
KaAzima's Blog QR Code

43 Komentar untuk "Surabaya 2Nd Day"

keren batiknya , (udah liat situsnya)

nah lohh..ada HS codenya juga... :D
kalo aku tiap hari ngurusin yg Hs codenya 2106.90.99.90 mulu zimm... :D

Mendadak otak gue mimisan pas baca bagian tengah ke akhir. Gak ngerti maaf :(

Jangan lupa jalan2 di surbaya..hohohoho...
Betewe, asik ya ikut semacam kegiatan kayak gitu di luar kota
(˘▼˘)ง

nah....ini nih yang udah lama gw tanya..

gambar yang paling akhir itu apaan ya?

wuah.. pasti bangga banget ya bisa presentasi di depan orang banyak.. :D

selamat membedah india beserta isinya zim...

Ekspor batik ke India ya? Masalah ekspor-import angkat tangan. Tak begitu mengerti haha

wah ga ngerti gw yg beginian -_-
#speechless

emang lo kuliah jurusan apa zim? marketing ya?

heeee,kapan kopdar-an...katanya pengen kopdar-,-"

duh.. ini bahas masalah ekspor impor ku gak paham Zim., aduh.. ijin liat batik2nya yaa.. siapa tau aku minat :)

yang lu sampein ini emang bermanfaat banget zim, beneran deh .
cuma gue gak faham sama sekali deh :|

Ngomongin soal peluang ekspor ke Luar Negeri juga amat digalakkan oleh banyak pengusaha di Kalimantan Barat ini. Hingga sekarang para investor di Kalimantan Barat yang aktif di psar modal baru berjumlah 3.175 investor. Data ini diperoleh dari Kepala PIPM Pontianak. Peluang ekspor akan selalu menjadi incaran pebisnis di Kalbar. Salam kenal ya. izin followssssssssss

IT nih kayaknya pernah tahu. hihi... di tunggu kunjungan baliknya gan!

gw bingung baca post lu zim, mungkin karena gak baca hari pertamanya,,hhmm
ya lah tuh, keren banget bisa sambil ol sambil dengarin materi juga,,ckck cetaaarrr

nah lho maennan apa lagi ni anak.
heemmmm ternyata itu tho tugas mulia lu ke surabaya Jim??

saya malah gak ngerti :D

okay zima.. sangat bermanfaat, saya jadi tahu tntg investor gituan :D .

Ekspor luar negeri bisa dapat duit banyak tuh..........
Kalo banyak ntar buat impor barang, nah loh balik lagi tuh uang

alhamdulillah, semoga berkenan membeli

wow banget, panjang banget tuh kode.. emang barang apaan yak

udah jalan2 disurabaya, dibawa2 ke taman bungkul, tugu pahlawan lewat, balaikota lewat... uang 100rebu pun lewat :(

itu namanya qr code, semcam bar code gitu :)

buat ngelink ke sesuatu yg dienskripsi disitu

yoi mamen, udah telat aku bales nih komen hhe

sama dong, makanya ikut pelatihan akunya

wah, bukane sudah sejak lama saya tulis saya seorang anak teknik informatika toh

yah,, udah di tuban sekarang... ntar tanggal 26 di surabaya lagi insyaallah

monggo dilihat2 batiknya, semoga berminat terus beli :)

aku pun juga baru belajar soal impor ekspor

ahh... heni gitu deh... yaudah deh semoga bisa paham

bukane udah pernah kesini ya, kok baru salam kenal ahihi.. itu bukannya udah banyak ya yang ikut pasar modal @asep

@tia,, semoga benar2 bermanfaat :)

ah... ngeRabbit neh, ngeloncat2 bacanya

yoi mamen,,, tanggal 26 insyaallah ke surabaya lagi bang

kemaren juga dikasih itung2an seperti itu... harus pinter2 nyari peluang biar ekspornya g malah tekor

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top