Kebakaran di Kantor Setneg (Opini) - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

Menulis Lagi... Lagi Menulis.

Kebakaran di Kantor Setneg (Opini)

Selamat berhari jum'at semuanya, hari yang cerah dan dengan jiwa yang cerah juga kan? Jiwanya enggak sepi kan? Yah, meskipun jomblo tapi hari jum'at ini harus tetap semangat kan ya...

Kebakaran di Kantor Setneg (Opini). Gua ingin turut mengutarakan opini gua nih Mblo, soal kebakaran yang cetar membahana kemarin sore tuh, dimana itu tempatnya... Dimana... *mikir* ... Oiya, di kantornya Om Hatta Rajasa pas tahun 2007 - 2009, sebelum Om Hatta diangkat jadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia mulai 22 Oktober 2009 - sekarang. Lhoh, kok gua tau detailnya? Iya lah, lha wong nyontek Wikipedia.

Kebakaran Kantor Setneg tampak samping.
Inikah yang dinamakan Walking in the Fire?
Oke fokus Mblo, kembali pada kebakaran di kantor Setneg. Yang namanya kantor Sekretaris pasti berkas-berkas yang tersimpan sangatlah banyak dan beberapa diantara yang banyak itu pastilah berkas penting. Nah, yang kemarin kebakaran adalah kantor dari Sekretaris Negara, berarti yang "terbakar" ya kemungkinan dokumen penting milik N.E.G.A.R.A. Bahaya tuh, bisa-bisa data gua sebagai cowok gante**g ikutan terbakar lagi *Oke, salah fokus*.

Menurut sumber dari kompas, kebakaran ini tuh bisa sampe menghanguskan lantai 2 dan lantai 3 gedung Setneg (nama keren Sekretaris Negara) karena lantai tersebut "hanyalah" ruang sidang yang jarang digunakan. Selain jarang digunakan, ternyata ruang yang terbakar kemarin tidak memiliki sistem pemadam kebakaran yang baik.

Salah satu sistem pemadam kebakaran yang seharusnya bisa mencegah kebakaran membesar adalah alarm peringatan kebakaran, tapi tuh ya... Menurut berita yang sama dari sumber yang sama juga, sistem alarm peringatan kebakaran di gedung Setneg tidak berfungsi, alarmnya BOBROK. Parahnya lagi, sistem alarm peringatan kebakaran ini membuat pegawai yang bekerja disitu enggak menyadari kalau kantornya di lantai 2 dan 3 sedang terbakar. Sadar-sadar ternyata api sudah membesar, dan Mblo, ternyata hidran (sumber air untuk memadamkan api) disana dikatakan Hidran tua alias hidran lama, hidran usang.
Kebakaran Kantor Setneg.
It's the show!


Jadilah, api cepat membesar. Apalagi satu unit mobil pemadam kebakaran yang stand by di gedung Setneg "cuma" mobil pemadam kecil, jadi ya tidak bisa memadamkan api karena tangga milik mobil pemadam kebakaran tidak bisa menjangkau lantai 2 dan 3. Ditambah lagi, hembusan angin kencang yang membuat semakin keder pemadam kebakaran gedung Setneg dengan mobil pemadam kebakaran yang kecil.

Menurut opini gua sih :

1. Gedung sebesar itu kok "seperti" tidak ada yang merawat ya, selama ini apakah tidak ada anggaran perawatan untuk gedung tersebut? Kenapa kok bisa, alarm peringatan kebakaran sampai tidak berfungsi. Apa jangan-jangan, uang perawatan gedung tersebut di.... *lanjutkan sendiri*.
2. Kesiapan pemadam kebakaran, lha wong gedungnya besar dan juga gedung yang sangat vital bagi N.E.G.A.R.A, kok hanya distand bykan satu unit mobil pemadam kebakaran yang kecil. Mana hidrannya sudah usang. Hidran usang boleh saja, tapi harus tetap berfungsi. Sama seperti hati seorang jomblo, yang meskipun sudah usang tanpa cinta, tetapi masih bisa merasakan jatuh cinta. Bisa stalk-stalkingan cewek cakep.

Ya sudahlah, gua bukan pegawai di kantor Setneg, gua cuma turut prihatin saja atas kejadian yang menurut gua memalukan. Semoga nantinya akan ada pembenahan pada gedung-gedung milik pemerintahan lainnya berkaitan dengan sistem keamanan terhadap kebakaran. Sistem alarm, sistem hidran, mobil pemadam kebakaran dan seluruh pegawai yang harus tangkas dalam menghadapi kejadian yang tak terduga seperti kebakaran kemarin.

Jangan saling menyalahkan atas kejadian ini. Jadikan momen dan kejadian yang tidak pernah diharapkan ini sebagai pelajaran yang sangat berharga bagi sistem keamanan gedung milik pemerintah dan (juga) milik swasta.

Ini dia beberapa Foto Kebakaran Kantor Setneg (dari berbagai sumber) :

Foto Kebakaran Kantor Setneg.
Kebakaran kantor Setneg tampak dari atas.
 
Foto Kebakaran Kantor Setneg.
Kebakaran kantor Setneg tampak dari samping.

Seluruh tulisan dalam artikel Kebakaran di Kantor Setneg (Opini) murni opini dari gua, segala bentuk yang tidak/kurang berkenan gua mohon maaf. Dan tulisan gua ini tiada muatan politisnya sama sekali, soalnya gua masih unyu dan belum ternodai oleh politik. Bye, Jumu'ah Mubarok for us.

25 Komentar untuk "Kebakaran di Kantor Setneg (Opini)"

sama, saya juga ikut prihatin :(

Kemarin sore waktu saya lihat di tivi juga kepikiran begitu, masak sih tidak ada satu unit pemadam kebakaran yang stand by; meski bukan istana negara, tapi kan berada di wilayah yang sama, dan secara otomatis perhatiannya juga menyatu dengan gedung yang sangat vital bagi negara tersebut.

alarmnya gw yg rusak kemarin zim, soalnya gw mau bakar itu mkanya gw rusakin dulu, ahahahaha
gw juga ikutan berduka cita deh, gak bisa ngomong apa-apa, semoga lebih baik kedepannya, itu aja :D

Di tempatku jg sring tuh gedung2 pmerintah trbakar..
Aku jdi mkir, jngan2 nie emang sngaja dibakar spy turun dana dri pemerintah & org2 tertentu bisa korupsi dkit2 dri dana itu..
Atw kyak dugaanmu, emang sngaja dibakar spy ga ketahuan klo gedungnya ga terwat krna duit prwatannya ditilep..
Wallohu a'lam...

Berita kebakaran yang benar2 menjadi headline news nih.

Semoga saja tak banyak dokumen negara yang terbakar dan semoga sistem pengamanan terhadap kebakaran menjadi lebih baik lagi.

mereka yang disana tidak responsif sehingga api semakin membesar, peralatan seadanya jga gak bakal membantu, heee

Saya pikir saya aja tadi pagi yang punya kesan-kesan ganjil pas lihat beritanya di Teve... hoho. Malah saya pas lihat beritanya di teve berita itu ngerasa aneh banget sama cuplikan berita dan narasinya., hmmm tapi saya gak mau berasumsi ah, nanti dimarahin Pak Hatta Rajasa lagi... udah di wanti-wanti tadi sebelumnya di teve :D

"gedung Setneg (nama keren Sekretaris Negara)"
hayo setneg itu sekretariat negra apa sekretaris negara?

awas salah nyebutin kalo masalah ginian Hahahaha

kalo ini mah saya gak mau opini, diem aja nunggu berita dana buat perbaiki gedung ini ntar berapa hahaha

Apakah ini adalah tindak lanjut isu sabotase kepemimpinan SBY? Hanya Tuhan yang tahu.

Keren, Zim, artikelnya. Smoga ada pegawai negara yang baca. Trus beli alat baru buat sesneg :D

Horor tu gan...
Sampek sebegitunya gedung kenegaraan terbakar...

menjadi sebuah tanda tanya besar dengan tanda pentung diatas kepala memang... apa sebegitu cerobohnya hingga harus terbakar... semoga saja setelah ini tidak ada lagi yang terjadi kejadian seperti ini. Amiinn

aminn.. oooww pantesan kok ya, alarmnya dirusakin sih... tanggung jawab hayo

nah,, hampir sama jalan pikiran yang kita miliki... semoga kedepannya lebih baik gitu aja sih menurutku.. Aminn

dan semoga tidak ada lagi korupsi yang dilakukan oleh pejabat pemerintahan.. Aminn

Aminnn... begitulah yang aku harapkan.. semoga terwujud :)

ya begitulah bro... harus dijadikan pelajaran

ahh... insyaallah enggak bakalan dimarahin kok :)

beritanya terlihat aneh karena kejadiannya terjadi pada gedung dengan pengamanan ekstra (seharusnya)

ntar dananya dari koin peduli aja ya bang...

sekretariat ternyata yg bener hehehe

terhadap isu sabotase terlalu berlebihan untuk mengarah kesana :)

semoga yg terbaik aja untuk kejadian ini . Aminn

yoi beroh... seharusnya tidak bisa sampai sebegininya mengingat dilingkungan istana kepresidenan lho

jadi punya alasan bikin gedung baru kan.... "dapat proyek" lagi dah

mungkin itu juga salah satunya,,, semoga saja hanya pikiran yg tak akan menjadi kenyataan

.: saya juga heran, setneg ko' kebakaran...^_^

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top