Kopdar Pengikut Ajaran Jomblo Sesat - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Kopdar Pengikut Ajaran Jomblo Sesat

Selamat sore mamen, dos pundi kabaripun. Pasti bilangnya baik semua, padahal belum tentu yang bilang baik itu tadi bener-bener lagi baik kondisinya. Mungkin, diantara yang bilang baik ada yang baru putus cinta, baru merasakan gemerlapan dunia jomblo yang enggak sebewarna rambut personil boyband korea. Iya tho? Jomblo baru... Jomblo baru... Jomblo baru...

Tapi ya sudahlah *slowdown* lupakan kejombloan kalian, gua kali ini mau ngajakin kalian menyusuri dunia sesat yang beberapa waktu lalu gua datengin dan gua telusurin.

***

Bertempat dimasjid salah satu universitas negeri di Surabaya *ITS*, hari terakhir pada bulan Pebruari 2013 kemaren gua nemuin seorang jomblo sesat yang gua jadiin "acuan" dalam style bahasa menulis di blog. Kenapa gua bilang jomblo sesat? Terus kenapa pula gua udah tau kalo dia itu jomblo sesat tetapi masih aja gua ikutin?

Dia itu = Jomblo Sesat!
Gua nulis ini apa adanya men, mblo, mbleh sekalian. Karena tuh orang, gaya tulisan gua jadi tidak sesuai Bahasa Indonesia yang sesuai EYD. Contoh yang terpampang nyata saja ya artikel ini. Bahasa yang gua gunakan bahasa slenge'an. Kata ganti orang pertama bukan pake aku atau saya tapi pake GUA (untung bukan GOA). 

Terus lagi nih ya, kalo elu udah terbiasa sesat ditulisan gua (buat yang setia membaca, bukan sekedar komentar, gua haturkan terima kasih) disini elu bakalan dapetin tulisan serius dengan kata ganti orang pertama menggunakan SAYA bukan GUA. Tapi kembali itu tadi, karena gua tersesatkan tuh orang jadinya tulisan ini pake kata ganti ELU-GUA. Jadi seumpama ada ketidak konsistensi-an penggunaan kata ganti orang pertama diblog ini, jangan langsung beranggapan itu adalah artikel hasil COPAS.

Pesan dia kepada pengikut aliran sesatnya (bukan cuma gua mungkin : tapi yang sesat dan mengikuti jejaknya antara lain gua). 

"Tulislah GUE untuk artikel yang tidak serius, dan tulislah SAYA untuk artikel yang serius". #Sesat.

Jadi, mohon maaf Bapak/Ibu Guru sewaktu dulu gua pernah panjenengan ajar kaidah bahasa yang sesuai EYD tetapi enggak gua terapin 100% di blog gua ini.

Dia itu = Jomblo Juga Menyesatkan!
Lantaran gua ini waktu itu masih unyu-unyunya sebagai seorang blogger personal (meskipun sekarang juga tetep : unyu), titah jomblo sesat itupun gua adopsi pada beberapa tulisan gua yang pembahasannya enggak serius. Artikel Ajaran Jomblo Sesat contohnya. Disitu gua pake kata ganti orang pertama GUE, terus lama kelamaan karena kata GUE itu udah mainstream, kata ganti GUA jadi perlabuhan pengganti kata ganti orang pertama.

Karena gua unyu waktu itu, apa aja yang dia bilang ke gua, gua anggap sebagai petunjuk buat ngeBlog dengan baik dan benar (walaupun tidak sesuai EYD). Dia ngasih tau beberapa link blogger yang menurut dia bagus buat referensi gaya bahasa menulis. Gua sempet bukan blog-blog yang dia maksud, cuma gua bookmark doang dan belum sempet gua baca-baca. *Terbebas dari kesesatan kedua*.

Surabaya = 28 Pebruari 2013.
Karena sesuai yang gua tuliskan di artikel Surabaya [JATIM] Menggugat!!!, disitu gua tulis kalo sebagai seorang blogger keturunan Jawa yang makan gak makan asal ngumpul, Gua pada hari kamis 28 Pebruari 2013 dengan segala daya dan upaya yang tersisa setelah pelatihan menuju kampus ITS naik motor diboncengin mas gua. Biar bisa ketemu sama orang bertitel Jomblo Sesat yang baru akan diwisuda sarjana 1 tanggal 16 Maret 2013 nanti (kalo enggak salah).

Nah, karena gua sore hari nyampe di masjid kampus ITS, jadinya kondisi sudah hampir gelap semua. Terlebih waktu itu ujan turun dengan derasnya membasahi Kampus ITS yang menurut gua lebih mirip "INSTITUT TAMAN SATWA" (bukan menghina nih ya, tetapi karena kampusnya ijo royo-royo. Jadi kalau mau cari burung liar disitu pun pasti nemu).

Gua sms dia, tidak dibales. Gua sms dia lagi, enggak dibales lagi. Gua sms lagi, tidak dibales lagi. Gua sms dia lagi, enggak dibales. Gua miscall dia, tidak direspon. Akhirnya gua pasrah. Ditanya mas gua kapan tuh jomblo sesat datang, gua cuma bisa ngeles aja.

Surabaya = 28 Pebruari 2013. Ketemu!
Waktu itu udah masuk waktu sholat magrib, gua sama mas gua gantian sholat magrib berjamaah di masjid yang menurut gua gedenya wah. Gua gantian berjamaah sama mas gua (pas dia sholat berjamaah sama yang lain, gua jaga tasnya. Pas dia udah selesai sholat berjamaah, gantian gua yang sholat berjamaah terus dia yg jaga tas) soalnya biar ada yang gantian jaga dua tas, yang satu punya gua dan yang satunya lagi punya mas gua. Bocoran aja nih ya, gua pernah denger dari salah satu dosen ITS yang juga ngajar dikampus gua kalo di ITS itu sering ada kehilangan barang. Jadi gua gantian jagain tas.

Setelah magrib, seperti biasa gua do'a-do'a gitu. Sms diterima dari Jomblo Sesat. Dia nanya dimana posisi gua. Gua abaiin bentaran (soalnya masih berdo'a). Gua bales 3 menitan kemudian. Gua balesin kalo gua berada disisi utara tuh masjid. "Slendenan soko (bersandar pada tiang)" gua bilang. Tapi ternyata tuh jomblo yang keturunan daerah muara dukun santet BANYUWANGI enggak ngerti bahasa gua. Dia nyerah nyari dimana gua.

Gantian gua yang nyari dia. Gua nanya dia dimana, dia bilangnya deket sama pintu kedua dari barat bagian utara. Gua datengin kesana. Gua lihat ada orang gondrong (yang lagaknya khusuk berdo'a : menurut gua : hahaha). Gua kira itu orangnya. Tapi ternyata dugaan gua salah. Yang gua cari bukan dia, tapi ada seorang yang duduk deket orang itu manggil "Iki Azim yo". *Lhah, dia enggak kenalkah sama gua*.

Ternyata dia itu, jauh dari bayangan gua. Gua bayangin dia itu gede, nyeremin dengan rambut gondrong, badannya keker. Tapi apa ternyata. Dia itu (maaf-maaf nih ya). Kerempeng, rambut dikepalanya dipotong pendek (hampir gundul). Dibilang mirip tentara juga enggak begitu sreg, soalnya dia kerempeng. Enggak keker. Hahaha.

Surabaya = 28 Pebruari 2013. Akhirnya!
Dan setelah gua ketemu sama dia, ngobrol-ngobrol di masjid ITS tentang blog, juga tentang Kota Surabaya (kalau masalah Kota Surabaya, dia ngomongnya sama mas gua yang lebih paham). Sampai masuk waktu Sholat Isyak. Ketiga makhluk unyu, Gua, Mas Gua, Jomblo Sesat (tetep GUA yang paling unyu diantara ketiganya) sholat isyak berjamaah disitu. Selesai sholat, bertiga naik motor nyari makan. Soalnya dari sore belum makan men.

Gua pesen ayam bakar minumnya es jeruk. Tapi sayang, gua malah dikasih minuman jeruk hangat. Mas gua pesen sama tempe, tuh jomblo sesat dan menyesatkan pesen sama telur kalo enggak salah. Tapi yang sama dari ketiganya, sama-sama pesan minuman berbahan dasar jeruk. 2 minuman jeruk hangat, 1 jeruk dingin alias es jeruk. Selesai makan, gua nanya banyak tentang blogging. Tentu ilmu sesat yang dia kasih tau. Ada mengenai Adsense, Tag H1/H2 dan banyak lagi. Selesai itu, balik ke dalam area kampus ITS, berboncengan tiga orang pake satu motor matic yang disetir mas gua, menuju ke tempat praktikum Teknik Mesin ITS. Disitu gua bisa lihat apa aja yang ada dikampus negeri. Maklum, gua kuliahnya swasta men.

Di tempat praktikum itu tuh enggak begitu lama, setengah jam doang terus pamitan pulang. Sesingkat itu gua berada di tempat praktikum Teknik Mesin ITS, gua foto-foto dong. Gua foto sama mesin pendingin buatan itu jomblo sesat, gua foto sama mesin Sapu Angin milik ITS, juga gua foto sama dia. Elu harus percaya setelah lihat fotonya, dia itu kerempeng, enggak senyeremin yang gua bayangin.

Dari kopdar atau pertemuan singkat gua sama jomblo sesat yang udah nyesatin gua pake kata ganti non standar EYD ini ada beberapa semacam pelajaran berharga yang bisa gua simpulin :

1. Banyakin temen, baik itu temen didunia maya maupun didunia nyata. Contoh nyata, gua bisa masuk ke tempat praktikum teknik mesin ITS karena gua kenal orang dalam. Gua kenal itu jomblo sesat, jadi gua punya pemandu dan pembuka jalan menuju tempat yang enggak semua orang bisa masuk.

2. Ternyata, survei dadakan gua membuktikan bahwa mahasiswa tidak mempunyai lidah yang bisa dipake sebagai indra perasa yang efektif. Elu kalo udah jadi mahasiswa pasti milih makanan yang murah dikantong  dengan cita rasa apa adanya dibanding makanan enak yang mahal. Secara tidak langsung, lidah mahasiswa "kere" seperti elu-gua itu dimatikan untuk merasakan kenikmatan makanan.

3. Kalo bepergian selalu siapkan motor biar bisa pergi ketempat yang jalanannya kurang lebar. Juga, biar tidak harus nunggu angkot yang kadang enggak bisa nyampe lokasi yang elu tuju. Bisa motor pinjeman, motor sewaan atau bahkan motor curian. #Sesat.

4. Jangan tenteng dibahu tas yang isinya berat. Gua jamin elu bakal nyesel setelah elu nyampe tempat tujuan. Apalagi kalo tempat tujuan elu itu jauh. Bakal sakit semua pinggang, bahu dan badan elu. Kalo bisa taruh tas yang isinya berat dibagian depan motor yang elu bawa/siapin.

5. Area dalam kampus ITS itu sudah seperti area perumahan mewah. Didalam area itu elu bakalan lihat rumah-rumah dosen pengajar yang berjejer seperti diperumahan mewah (padahal didalam area kampus lho : kalau di Unesa, rumah dosen disitu sederhana, enggak seperti yang ada di ITS). Ini sepertinya jadi persoal an yang dipermasalahkan tuh jomblo sesat yang gua ajakin kopdar.

Akhirnya gua pulang, bukan ke Kabupaten Tuban langsung, tetapi mampir dirumah temen mas gua buat nginep semalaman sebelum esok hari pergi ke Kantor Imigrasi Tanjung Perak Surabaya Jl. Darmo Indah No.21. Yang gua sama mas lanjutin pulang ke Kabupaten Tuban tercinta. Bersamaan dengan ini, tulisan inipun berakhir sampai disini. Ciyus gua menghargai komentar dari pembaca tulisan diblog ini, terlebih yang sudah baca dari awal sampai selesai secara berurutan atau tidak lompat-lompatan.

http://kaazima.blogspot.com/
Jomblo sesat yang menyesatkan GUA, hidup di Rriinneemm.com.

Bye... Semoga makin banyak yang tersesat sebagai seorang blogger personal. Dan semoga meskipun makin banyak yang tersesat sebagai blogger personal, tidak banyak yang tersesat sebagai Pengikut Ajaran Jomblo Sesat. Foto-foto yang lainnya menyusul.

Referensi yang harus dibaca agar bisa memahami artikel ini :
1. Ajaran Jomblo Sesat.
2. Surabaya [JATIM] Menggugat!!!.
3. Jomblo Sesat.
4. Kabupaten Tuban.
5. Pelatihan Ekspor ke Jepang.

Update Foto-foto : Salam Pengangguran.

30 Komentar untuk "Kopdar Pengikut Ajaran Jomblo Sesat"

"Gua gantian berjamaah sama mas gua" ini maksudnya apa?? ganti2an jadi imam atau gimana??
trus itu elu lagi doa tapi tau smsnya tu jomblo sesat gimana crtanya zim? sama aja elu gak mengabaikan itu mah, btw naik motor matic bertiga?? ajee gilee..
hhmm gw juga hampir aja masuk jadi pengikut tuh JOMBLO, tapi untung gw kembali kejalan yg benar,,hhaiaiiaahh mana lagi foto2nya,,aahhh kalah kalah ,,,huuuu

kalau sesat mah tinggal tanya yang tau jalan, mas... *eh gak nyambung :D

wah wah... berasa di stadion dan dengerin MC pertandingan sepak bola baca ni tulisan. sangat bersemangat!! ampe lupa tarik napas dan beres baca jadi ngos-ngosan, cari udara segar...
cerita ttg kopdar emang selalu seru tapi jarang-jarang yang sekonyol ini. yo wis, udh ga penasaran lg sama ntu jomblo sesat ya khan...
btw gua, eh mskdnya -aku... nah lho ko jd ikutan sesat hehe... gua asli ngebayangin 'taman satwa' sama mesin-mesin yang begaya saat difoto sm kalian,juga rumah2 mewah para dosen. tapinya heuu.. ternyata fhoto yg muncul diakhir cuma... bener2 menyesatkan pembaca! ^^

ternyata si jomblo sesatnya bang rinemm toh..hahaa..

haha, kok fotonya beda sama yang lu critain di atas, katanya kribo lah itu malah gundul wk
oiyaa, gue doain smoga elu gak tersesat kedalam lubang jomblo nestapa huehehe

terus setelah ketemu dengan si rineem...
apa lu berniat merubah status lu??
jadian gitu sama si rineem.. :D

apakah semua lidah mahasiswa kere seperti itu zim?? -_-
gue yg gak mahasiswa tetapi kere ini lidahnya juga cuma buat ngerasain makanan yang murah2.. :D

Tulisan sesat yang nggak menyesatkan kok kalau dibaca. Hehehe.

Semoga para jomblo sesat menemukan jalan yang tak sesat sesegera mungkin. :D

waktu aku baca di awal awal gitu ya, aku bingung dan bertanya tanya, segitunya ngejekin si subject alias jomblo sesat. kalo mbaca emnga nggak marah??? terus dituntut dikandakke pak polisi??
dan setelh liat fotonya dan kasi liat dimana habitatnya dia, baru tau kalo dia itu bang Rinem. bhahahahahaha...nggak marah tu dia kamu bilang krempeng??? wah, aku jadi bang rinem marah nih...hahaha..

kalian kenal personal yak?? enaknyaaaa...

oalah bang rinem mikha angelo toh --"
hidup jomblo. sesat pun yg penting have fun :D

Mas, aku sesat pengen komen gimana.
Kalo kurus, kecil, gundul, berarti ketemuannya sama pentolan korek api dong :))

Jadi pertanyaannya poto yg rinem pake di blog sama fb itu tahun brp ya?
Aslinya malah kaya tentara :D

Lumayanlah, dari blogger bisa jadi akses yg tepat buat ngubek2 ITS ..

kyaaaaaa..... kopdaran lagi? waduh, makin ngenes gak bisa ikutan nih....

Gue bingung, ini sebenernya tulisan tentang apa sih. Beneran, gue enggak paham, hehe. Sorry otak gue enggak kesampean buat memahami ini.
Well, kalo menurut gue sih gaya penulisan itu penting buat ngebentuk karakter seorang penulis. Jadi kalo emang lo mau pake karakter enggak formal, yakni menggunakan 'gue,' maka ada baiknya jangan berubah-rubah. Kalo berubah-rubah sesuai tulisan, maka lo enggak punya karakter dalem menulis. Itu cuma pendapat gue aja sih, hehe.

aje gileeee...,gue puyeng mah baca postingan ini...,mungkin gue harus jadi sesat juga kale ya...,xixixixixi

itu sms ya diabaiin, kan hapenya digetarin gitu.. jadi terasa getarnya tetapi enggak aku bales..

foto2nya entar nyusul lah ya, menunggu saat yang tepat hhhehe... jangan ikutan sesat dong ah :D

artikelnya emang panjang yg ini hhehehe .. ini masa konyol toh ,, sebenarnya belum terlalu konyol kok, masih dalam tahap konyil #ehh
foto2nya nyusul kok insyaallah :)

wait for the moment

pasti bacanya setengah hati,, tadi kan udah dibilangin kalo enggak sesuai harapan toh.. berarti memang bukan grondong

ooo tentu tidak, kan saya seorang yang normal dong..

iyap, secara total sekitar 70keatas persen lidahnya dimatiin biar bisa menghemat pengeluaran

Aminnn... semoga saja yah sesuatu

hehehee.. dia enggak marah kok, ciyusan deh,,, udah dapet izin dari pihak yang berkepentingan dan berwajib.. tenang saja...

fotonya kurang banyak tuh sebenarnya,, sebenarnya juga, kan sama blogger personal, jadi kenalnya ya personal (beremblem blogger diawal)

kalo kaka mey jadi bang rinem dan penampakan rupanya enggak seperti itu orang alias masih seperti aslinya, pasti gak aku lepasin lho *eh

hidup mahasiswa *pake TOAAAAA...

yang penting happy

aaaaa aku juga enggak tau... mungkin iya mungkin enggakkk

yoi mamen, itulah untungnya orang dalam.. bisa punya semi free akses gitu..

enggak tau juga ya, soalnya ityuhh orang misterius sih bang

khusus buat yang orang tanpa kerjaan sih, yg sibuk mana bisa

kan ceritanya sesat bang, jadi terkadang menggunakan kata ganti saya terkadang menggunakan kata ganti gua.. ya mau bagaimana lagi, inilah karakter yang terbangun pada saya, eh pada gua, eh padaku

jangan,... tidak perlu sesat dulu kok

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top