Multiple Adjective / Adjective Order - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

Menulis Lagi... Lagi Menulis.

Multiple Adjective / Adjective Order


Multiple Adjective / Adjective Order - Kegunaan Multiple Adjective adalah untuk mengurutkan beberapa kata sifat (Adjective) yang terkadang ditemui dalam penggunaan Bahasa Inggris. Berbeda dengan Single Adjective yang hanya ditulis dengan urutan Adj + Noun, Multiple Adjective mempunyai beberapa rumus urutan penempatan beberapa kata sifat sekaligus dalam sebuah kalimat.

Urutan pada Multiple Adjective adalah sebagai berikut :

1. General Opinion : Merupakan gagasan utama dari beberapa kata sifat dalam satu kalimat. Contoh : Beautiful, Cheap, Good, Bad, dll.

2. Specific Opinion : Berada dibawah level General Opinion, Specific Opinion memberikan gambaran kata sifat yang lebih mendetail tentang kata benda pada suatu kalimat. Contoh : Friendly, Clever, Comfortable, dll.

Beli Batik Tulis Gedog Tuban di Sini nih www.batikhsmholehtuban.com 

3. Size : Dipergunakan untuk memberi gambaran ukuran sifat suatu kata benda pada kalimat. Contoh : Large, Big, Small, Little, dll.

4. Age : Kata sifat urutan ke empat ini untuk menggambarkan usia dari objek (noun) yang digambarkan pada kalimat. Contoh : 13 Years Old, dll.

5. Shape : Kata sifat menggambarkan bentuk (shape) objek yang digambarkan dalam kalimat Multiple Adjective. Contoh : Round, Square, Triangle, dll.

6. Colour : Kegunaannya untuk men"sifat"i warna pada objek. Contoh : Red, Fuchsia, Blue, White, Yellow, Orange, Pink, dll.

7. Origin : Darimana objek / kata benda (noun) tersebut berasal. Contoh : Indonesia, Java, Sunda, Africa, America, dll.

8. Material : Kata sifat untuk bahan baku objek atau kata benda. Contoh : Silk, Wooden, Recycled Paper, dll.

Pusat Batik Tulis Gedog khas Tuban  www.batikhsmholehtuban.com.

9. Purpose : Urutan kata sifat dalam Multiple Adjective terakhir yang menggambarkan kegunaan dari suatu objek dalam kalimat. Contoh : For Sleep, For Walk, For Run, dll.

Beberapa pengguna Multiple Adjective / Adjective Order seringkali menambahkan determinan (a, an, the, my) sebelum menuliskan kata sifat General Opinion (gagasan utama) atau kata sifat urutan pertama. Contoh : My Beautiful clever little sweet heart.

Hal yang patut diperhatikan dalam penggunaan Multiple Adjective / Adjective Order adalah tidak diperbolehkannya menambahkan kata hubung (and, with, dll) dalam mengaitkan urutan Multiple Adjective mulai dari urutan pertama hingga urutan terakhir. Jika mempergunakan kata hubung tersebut, hal yang mungkin terjadi adalah kesalahan mempergunakan Multiple Adjective dan akan berujung memperoleh nilai mata pelajaran Bahasa Inggris yang kurang maksimal bagi para pelajar *eaaa, curcol*.

Contoh penggunaan Multiple Adjective :
- The good friendly Indonesian man. [benar].

- The good and friendly Indonesian man. [salah].

- A Beautiful Little Javanese Princess.

- A dark Javanese skin.

- My little flat black hair.

Pada contoh diatas, pemaparan Multiple Adjective / Adjective Order dapat dibagi menjadi beberapa bagian sesuai rumus Multiple Adjective yakni sebagai berikut :

- The = Determinan, Good = General Opinion, Friendly = Specific Opinion, Indonesian = Origin, Man = Noun.

- A = Determinan, Beautiful = General Opinion, Little = Size, Javanese = Origin, Princess = Noun.

- A = Determinan, Dark = Colour, Javanese = Origin, Skin = Noun.

- My = Determinan, Little = Size, Flat = Shape, Black = Colour, Hair = Noun.

Fyi : Penggunaan Multiple Adjective / Adjective Order tidak harus selalu meliputi ke sembilan urutan yang sudah dibahas diatas, dua kata sifat dalam sebuah kalimat pun sudah membentuk dan harus mempergunakan rumus Multiple Adjective / Adjective Order dalam penyusunannya.



Tuban, 12/04/2013.

0 Komentar untuk "Multiple Adjective / Adjective Order"

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top