#ABFI - Opening & Seminar & Hermawan K - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

#ABFI - Opening & Seminar & Hermawan K


Pada hari kedua saya berada di Kota Surakarta atau Kota Solo dalam rangkaian kegiatan Asean Blogger Festival Indonesia 2013, beberapa jadwal kegiatan sudah menanti 'bak melambai-lambai' untuk segera saya ikuti. Kegiatan pada hari pertama #ABFI 2013 Solo, diawali pada hari Jum’at tanggal 10 Mei hari ini yang bertepatan dengan ulang tahun kedua Asean Blogger yang didirikan 2 tahun yang lalu di Es Teler 77 Jakarta. Selamat ulang tahun Asean Blogger.

Hari yang sangat spesial untuk kegiatan festival yang sangat lebih spesial terutama bagi saya pribadi yang Alhamdulillah baru kali ini mengikuti acara festival blogger setingkat ASEAN ini. Setelah kemarin perjalanan panjang yang menyenangkan dari kota pahlawan Surabaya menuju kota seribu sejarah Solo, memperoleh pembagian kamar hotel, beristirahat dan menikmati fasilitas Hotel Sahid Jaya, dengan diawali sarapan pagi bersama teman-teman blogger peserta ABFI 2013 dari beragam daerah asal yang akan mengikuti kegiatan Opening & Seminar yang diadakan diruang Tirtasari Hotel Kusuma Sahid Prince.

Sekedar cerita saja, sarapan dihotel bukanlah hal yang semudah sarapan dengan membeli di warung nasi terdekat. Ada seninya tersendiri untuk melahap sarapan yang disediakan pihak hotel kepada para tamu. Beberapa seni sarapan dihotel antara lain :

1. Jangan serakah, banyak orang yang menikmati sarapan yang disediakan pihak hotel (entah karena malu-malu atau alasan lain) biasanya akan mengambil hanya sedikit makanan utama untuk sarapan. Jika kita mengambil makanan utama sarapan sampai menggunung, pasti pengunjung lain yang sedang menikmati makanannya akan memandang kita dengan sinis. Uwong kok blawong (Orang kok blawong/tamak/serakah).

2. Jangan panik. Hal ini sangat penting ketika kita akan sarapan dihotel. Terkadang pihak hotel tidak menyediakan sendok/garpu/pisau makan yang bisa kita ambil ketika akan mengambil makanan yang disediakan dengan cara prasmanan. Sebagai gantinya, sendok/garpu/pisau sudah tertata rapi dimeja yang akan kita pergunakan untuk menikmati hidangan sarapan sebagai tempat makan.

3. Jangan takut ‘nambah’. Hal ini terkait dengan poin pertama. Meskipun tidak disarankan sarapan dihotel dengan makan terlalu banyak untuk menjaga gengsi, tetapi jika kita memang mempunyai nafsu makan yang besar (atau ingin icip-icip), ada baiknya mengambil makanan yang ingin kita makan sedikit demi sedikit. Dalam kata lain, nambah. Hal ini supaya meskipun kita sarapan (terlalu) banyak, tidak akan ada yang tahu hal itu kecuali Tuhan dan kita sendiri.

Setelah sarapan di hotel Sahid Jaya dengan menu nasi goreng dan ayam goreng (dan ditambah dengan sedikit kebingungan karena ke tiga poin diatas), perut saya sudah tidak ngerock lagi yang membuat saya siap engikuti beragam kegiatan Asean Blogger Festival hari ini. Kegiatan pembukaan dan seminar acara Asean Blogger Festival 2013 dijadwalkan dihadiri oleh Bapak Tifatul Sembiring dan Bapak Marti Natalegawa. Keduanya sama-sama menteri kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Ada yang tahu pos jabatan keduanya? Saya tahu tapi tidak akan memberi tahu kalian :P

Setelah selesai sarapan, karena saya mendapat pembagian hotel di Sahid Jaya (tempat acara di hotel satunya, Kusuma Sahid Prince) saya beserta blogger lain yang berada di hotel Sahid Jaya harus naik bis yang disediakan panitia untuk menuju lokasi acara pembukaan dan seminar. Kalau tidak naik bis, bisa mempergunakan sepeda onthel yang disediakan hotel Sahid Jaya. Tapi karena kekenyangan, ya mending naik bis saja hehe.

Perjalanan dari hotel Sahid Jaya menuju hotel Kusuma Sahid Prince tidak begitu lama, hanya sekitar 10 menit saja. Karena jarak antara kedua hotel memang tidak terlalu jauh. Hanya perlu mengitari bangunan Pura Mangkunegaran, kita bisa sampai dari hotel Sahid Jaya ke hotel Kusuma Sahid Prince dan sebaliknya. Pura Mangkunegaran sendiri adalah bangunan kuno berarsitektur jawa yang megah yang sering dipergunakan untuk berbagai acara kegiatan budaya di Kota Solo.

Setelah sampai di hotel Kusuma Sahid Prince, hal pertama yang saya lakukan adalah registrasi kehadiran. Hal ini penting, karena tanpa registrasi kehadiran, selain bisa dianggap sebagai peserta ilegal, bisa juga dianggap mirip seperti anggota DPR yang sukanya bolos. Gak mau saya dianggap mempunyai kesamaan dengan anggota DPR yang suka bolos!

Acara pembukaan dimulai, semua peserta sudah berada didalam ruangan Tirtasari hotel Kusuma Sahid Prince. Karena saya ehmmm tidak begitu memperhatikan secara seksama jalannya acara, tidak semua tahapan acara serta pembicaranya saya ingat. Hanya beberapa tahapan dan pembicara saja yang saya ingat. Diantaranya :

Kusuma Sahid Prince Hotel Solo, Tirtasari Room Kusuma Sahid Prince Solo
Opening & Seminar #ABFI 2013 @Tirtasari Room.


Acara pembukaan yang seharusnya dihadiri oleh menteri Marti Natalegawa dan menteri Tifatul Sembiring tidak jadi dihadiri keduanya. Biasalah, orang-orang seperti mereka itu sibuk dan mungkin juga sok sibuk sih.
Tapi jika ditelisik mengenai ketidak hadiran menteri-menteri itu, mungkin mereka menganggap dunia blogging memang bukanlah sesuatu yang harus diperhatikan dan diapresiasikan oleh mereka. Jadi mereka berdua tidak menyempatkan diri untuk menghadiri acara. Tapi ya sudahlah!

Pada acara pembukaan, ada beberapa hal yang menarik menurut saya, salah satunya adalah pembicara Bapak Hazairin Pohan yang sebelum tugasnya membuka acara ABFI 2013 Solo malah menyempatkan diri mempromosikan akun twitternya @hazpohan. Sontak semua peserta pada acara pembukaan bertepuk tangan karena promosi akun twitter ini. Ada satu hal lain yang menarik dari beliau, beliau lebih suka disebut sebagai seorang blogger daripada disebut sebagai seorang *tuutt : lupa* profesional dibidangnya bekerja.

Setelah Bapak Hazairin Pohan, dilanjutkan beberapa pembicara lainnya. Ada yang menyampaikan diagram pertumbuhan ASEAN 'yang susah dicerna' para blogger (termasuk saya), sejarah ASEAN yang saling keterkaitan dan yang paling menarik perhatian (saya) adalah materi yang disampaikan pembicara terakhir yaitu Bapak Hermawan Kartajaya (@hermawank).

Sekedar info saja, beliau adalah pendiri Markplus Inc dan juga seorang pakar pemasaran [wikipedia]. Presentasi seminar yang dilakukannya sangat menarik, dimana kita sebagai seorang blogger dikatakan beliau adalah merupakan seorang yang mempunyai kemampuan diatas rata-rata. Kita sebagai seorang blogger adalah seorang penulis, kita adalah seorang editor dan yang paling penting adalah kita seorang pemasar (marketeer) tulisan yang sudah kita edit dan terbitkan diblog kita. Tepuk tangan buat kita semua!

Hermawan Kartajaya, Markplus, ABFI 2013
Hermawan Kartajaya. Markplus Inc Builder.


Ada satu hal lagi yang sangat menarik dari Bapak Hermawan ini, beliau adalah seorang Katolik, namun mengamalkan inti-inti pemasaran yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dengan memanusiakan manusia dalam pemasaran. Sebuah fakta yang beliau lontarkan sendiri. Seorang Katolik saja mengamalkan apa yang diajarkan Kanjeng Nabi Muhammad SAW, bagaimana dengan kita yang seorang muslim? Tentu selain mengamalkan inti pemasaran harus mengamalkan sunnah-sunnah yang lain yang diajarkan Nabi Muhammad.

ABFI 2013 Solo, Asean Blogger Festival Indonesia 2013.
Goodie Bag, Sholat Jum'at, istirahat.

Setelah presentasi 'super' dari Bapak Hermawan, dilaksanakan acara Sholat Jum'at lalu dilanjutkan makan siang,  acara kuis, acara hiburan dan penutupan acara pembukaan ABFI 2013 Solo. Selamat sore, selamat beristirahat dan nanti jam 7.30 malam ada acara di Pura Mangkunegaran. See you there!

ABFI 2013, Kusuma Sahid Prince Hotel Solo.
Opening Ceremony Asean Blogger Festival Indonesia 2013, Solo.

3 Komentar untuk "#ABFI - Opening & Seminar & Hermawan K"

makin mantap aja bro sekarang...
good luck y..

alhamdulillah bisa hadir nih dalam asean bloggger.
oh iya cara makan yang mas sebutkan tadi itu namanya table manner kalau dalam ilmu HI dipelajari juga. hehehe

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top