Linux Elementary OS - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Linux Elementary OS

Bagi sebagian besar pengguna komputer, terutama bagi mereka yang awam, sistem operasi yang seringkali diperkenalkan adalah sistem operasi Windows. Bagi saya juga seperti itu. Dulu, pertama kali saya menggunakan komputer adalah pada saat di Kota Malang. Saat itu menggunakan komputer desktop dengan sistem operasi Windows, program yang sampai saat ini masih saya ingat pada saat itu saya jalankan adalah Winamp. Aplikasi pemutar musik favorit di Windows (bagi saya).

Penggunaan Windows OS (Operating System / Sistem Operasi) ini memang tidak bisa dipungkiri. Bahkan sampai saat ini, mereka yang baru mengenal dunia komputer langsung saja mengasosiasikan komputer dengan Windows. A Computer = A Windows!

Windows memang menawarkan banyak kemudahan, tetapi dibalik itu Windows merupakan sistem operasi tertutup, yang untuk dapat menggunakan lisensinya secara resmi harus mengeluarkan sejumlah uang. Bagi saya, dan mungkin bagi mayoritas pengguna komputer yang masih newbie di Indonesia, uang untuk membeli versi resmi dari Windows terlampau mahal. "Jalan tikus" yang dilakukan biasanya dengan meng-crack, membajak Windows. Sebuah cara yang mudah, tapi kurang begitu aman untuk berkomputasi.

Mengatasi permasalah klasik ini, linux hadir untuk memberikan alternatif sistem operasi yang gratis. Untuk menggunakan salinan sistem operasi Linux, pengguna tidak harus membayar. Sepeserpun! Salah satu varian dari sistem operasi Linux yang menurutku patut dicoba (untuk menggantikan sistem operasi windows bajakan) adalah Linux Elementary OS.

 Tampilan Desktop Elementary Freya 0.3 (unstable) di Asus X201E
Tampilan Desktop Elementary Freya 0.3 (unstable) di Asus X201E
Linux Elementary OS dibuat berbasis Linux Ubuntu. Keunggulan dari Elementary OS adalah tampilannya yang sangat cantik. Elementary OS didesain mirip dengan tampilan Mac OS yang simple, bersih, dan sedap dipandang.

Saat ini Elementary OS telah tersedia dalam dua buah versi stabil. Elementary Jupiter sebagai versi stabil pertama, dan Elementary Luna sebagai versi stabil kedua. Sementara untuk versi ketiga dari Elementary OS, masih dalam tahap unstable (tidak stabil) versi 0.3 seperti yang saat ini saya pergunakan di Netbook Asus X201E.

Selain Elementary OS merupakan sistem operasi dengan tampilan yang cantik menawan, karena berbasis Ubuntu, aplikasi yang dapat diinstal pada Elementary OS 100% sama persis dengan aplikasi yang dapat diinstal di Ubuntu. Jadi sangat banyak pilihan aplikasi yang dapat diinstal untuk berbagai macam kebutuhan pengguna.

Elementary OS juga merupakan salah satu varian sistem operasi Linux yang ringan. Ringannya Elementary OS inilah salah satu yang mendasari saya untuk 100% berpindah ke Elementary OS dari Windows pada laptop Lenovo Thinkpad T61. Pada saat tulisan ini saya tulis, sudah sekitar 1 tahun saya benar-benar berkomputasi menggunakan Linux Elementary OS.

Pengalaman yang sangat manis dengan sistem operasi gratis, legal, cantik, dan gegas. Yuk, migrasikan komputasi harian ke Linux dan tinggalkan Windows bajakan!

Linux Elementary OS : Unstable 0.3 Freya yang cantik dan gegas.
Linux Elementary OS : Unstable 0.3 Freya yang cantik dan gegas.


* Alhamdulillah bisa menulis diblog lagi...

0 Komentar untuk "Linux Elementary OS"

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top