Pengalaman Membersihkan Karang Gigi - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

Menulis Lagi... Lagi Menulis.

Pengalaman Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi merupakan plak yang telah mengeras dan bercampur air liur. Sebelum terbentuk karang gigi, plak dapat terbentuk dari sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut yang tercampur dengan bakteri, sehingga menyebabkan lapisan tipis berwarna putih / kuning menempel pada gigi.

Dalam bahasa jawa disebut gudal.

Makanan yang mengandung gula dan tepung menjadi dalang utama dalam pembentukan plak ini.

Jutaan bakteri yang terkandung dalam plak dan karang gigi dapat menyebabkan periodontitis, dapat pula menyebabkan kerusakan gigi. Tentu, apabila plak dan karang gigi tidak dibersihkan secara rutin.

Tidak mau hal itu terjadi, Aku tadi pagi berangkat ke Klinik Semen Gresik di Jalan Pramuka dekatnya pasar.

Pengalaman membersihkan karang gigi ini tidak mungkin bisa ku ceritakan kalau pergolakan bathin tidak Aku menangkan. Kok bisa?

Karena pengalaman pertama, malam sebelum berangkat ke klinik banyak pertanyaan berkecamuk. Sakitkah? Malukah? Dimarahi dokterkah? atau pertanyaan yang paling mengerikan... Mahalkah biaya pembersihkan karang gigi ini?

Haha, harap maklum.

Pukul 08.14 Aku sampai di klinik milih Rumah Sakit Semen Gresik tersebut. Disana, di meja reservasi diterima dan ditanya-tanya oleh seorang perempuan.

"Mau apa Pak, ada yang bisa dibantu?"

"Membersihkan karang gigi" balasku

"Pakai BPJS?"

"Iya Mbak"

"Maaf Pak, kalau membersihkan karang gigi tidak dilayani BPJS"

Mak deg... siap-siap berkurang isi dompetku...

Kepalang basah, ga ada kata mundur alon-alon, akhirnya Aku menyetujui untuk dilakukan pembersihan karang gigi melalui jalur umum. ALIAS BAYAR SENDIRI.

"Kalau umum bayar berapa?" tanyaku sembari mengingat isi dompet

"Atas atau bawah saja atau atas bawah?"

"Atas bawah" (sekalian bersih)

"Sekitar Rp 380.000"

"Ok"... duh...
 
Akhirnya kartu KTP dan kartu BPJS Kesehatan diminta, entah buat apa, mungkin sebagai data kunjungan mereka kali ya. Karena ini memang kunjungan pertama.

Pengalaman Membersihkan Karang Gigi
Menunggu Panggilan
 
Setelah menunggu, pada pukul 08.33 diminta untuk masuk ke ruang dokter Poli Gigi.
 
Disitu, terdapat sebuah kasur dengan layar monitor terpasang pada lengan penyangga samping, lampu sorot pada lengan atas, tempat kumur pada lengan kiri, dan tempat peralatan pembersihan karang gigi pada lengan kanan.


Ilustrasi Meja Tindakan Poli Gigi
Ilustrasi Meja Tindakan Poli Gigi


Telah disiapkan segelas air putih untuk berkumur pada lengan kiri. 
 
Selesai berkumur, sekitar pukul 08.35, kasur mulai diatur ketinggian sedemikian rupa dan mulai dilakukan pembersihan karang gigi.
 
Ternyata, dokter yang menangani adalah perempuan yang tadi berada di meja reservasi. Dibantu oleh seorang staf perawat yang bertugas membersihkan/menyedot plak yang rontok.

Pembersihan dilakukan dengan hati-hati dan telaten. Sehingga, meskipun tanpa obat bius, pembersihan karang gigi yang selesai sekitar pukul 08.52 tidak sakit. Hanya serasa seperti membersihkan gigi menggunakan tusuk gigi saja, sengkring-sengkring kecil.

Setelah selesai pembersihan, sedikit berkonsultasi dengan dokter dan diberikan saran untuk kembali melakukan pembersihan karang gigi 6 (enam) bulan lagi.

Pukul 08:56 selesai, dan akhirnya membayar Rp 291.000 sebagai biaya Membersihkan Karang Gigi 3 Regio di Klinik Semen Gresik di Jalan Pramuka.



* beberapa sumber
- alodokter.com/ketahui-apa-itu-scaling-gigi
- rsiapermatahati.com/poliklinik/poli-gigi/

0 Komentar untuk "Pengalaman Membersihkan Karang Gigi"

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top