Pengertian, Jenis Dan Unsur Agama - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Pengertian, Jenis Dan Unsur Agama

Pengertian

Agama merupaka suatu kepercayaan yang menganut sistem norma, adanya ritual-ritual khusus serta yang paling penting mengakui adanya Tuhan. Ini merupakan pengertian agama mernurut pandangan dan cara pikir aku sendiri.
Sekarang, mari kita bahas pengertian, jenis serta unsur agama secara umum. Kata Agama berasal dari bahasa sanksekerta yang mempunyai tradisi. Dalam pengertian bahasa latin yakni religi (religio) berakar kerja pada kata re-ligare yang berarti mengikat diri kembali dalam artian mengikat diri kepada Tuhan.
Sedangkan menurut Ibu Abidatul Hasanah, dosen agama ku, kata agama berasal dari bahasa sanksekerta dengan pemenggalan A = tidak dan Gam = bergerak. Jadi agama adalah sesuatu yang tetap dan tidak bergerak alias berubah-ubah.
simbol-simbol religi by wikipedia

Jenis-jenis Agama

Dalam perkuliahan hari jum'at 05 Oktober 2012 kemarin, dijelaskan bahwa agama dibedakan menjadi dua jenis menurut asal usul agama itu sendiri.Pembagian jenis ini adalah :

1. Agama Samawi
Agama samawi merupakan agama yang turun dari langit alias datang langsung dari Tuhan pencipta alam semesta. Agama ini dibekali kitab suci yang juga diturunkan oleh Tuhan (bukan buatan manusia/mahkluk). Agama samawi terdiri dari Yahudi yang dibawa Nabi  Ibrahim, Nasrani yang dibawa oleh Nabi Isa serta penyempurna agama samawi di muka bumi yang dibawa nabi besar Muhammad SAW, agama Islam. Lhoh, agama Kristen kok tidak masuk di jenis ini? Ya, memang agama Kristen bukanlah ajaran agama samawi karena agama Kristen memang tidak pernah diturunkan Tuhan secara utuh sebagai sebuah agama. Agama kristen berakar pada agama Nasrani, dan sekarang agama Nasrani maupun agama Yahudi sudah jarang atau bahkan tidak ada yang benar-benar murni seperti sedia kala.

2. Agama Alamiah / Budaya
Merupakan agama atau lebih sering disebut sebagai aliran kepercayaan. Dimana agama ini lahir dan berkembang dari pemikiran masyarakat disuatu tempat tertentu. Perbedaan agama samawi dan agama alamiah ini, kalau agama samawi semua peraturan keagamaan secara garis besar diturunkan oleh Tuhan untuk dijalankan kepada seluruh pemeluk agama samawi, maka dalam agama alamiah ini hal itu tidak berlaku karena segala sesuatunya ditentukan oleh segelintir orang atau mahkluk tertentu yang mereka yakini kesaktiaannya. Contoh agama alamiah adalah Hindu, Buddha dan Khong Hu Cu.


Unsur-unsur Agama

Sebuah agama atau aliran kepercayaan menjadi benar atau dibenarkan keberaadaannya jika memiliki 3 unsur. Ketiga unsur tersebut adalah :

1. Credo
Yakni suatu agama pastilah memiliki sistem kepercayaan yang percaya akan adanya Tuhan. Dalam konteks ini, sebuah agama tentu tidak akan dinamakan agama jika tidak memiliki Tuhan. Ini sesuai dengan pengertian agama dalam pembahasan di awal tentang agama yang berarti mengikat diri kembali kepada Tuhan.

2. Ritus
Sebuah agama pasti memiliki suatu sistem ritual hubungan antara pemeluk agama dengan Tuhan yang diyakini oleh masing-masing pemeluk agama. Ritus ini pasti ada dan berbeda tiap-tiap agama. Dalam agama islam ritual ini bisa berupa sholat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, naik haji bagi yang mampu serta ritual-ritual lainnya yang begitu banyak.

3. Norma
Sistem norma ini mengatur hubungan-hubungan sosial antara pemeluk agama dengan pemeluk agama lain. Sistem norma inilah yang menciptakan kerukunan antar umat beragama. Tidak ada satupun agama di dunia ini yang mempunyai sistem norma yang mengajarkan untuk bermusuhan dengan orang dari pemeluk agama lain. Sistem norma ini selalu mengajarkan kebaikan kepada para pemeluk masing-masing agama.

Demikian pengertian, jenis dan unsur agama semoga bermanfaar adanya. Lakum Dinukum Waliyadin.


referensi
http://syariahalauddin.wordpress.com/tag/pengertian-agama/

3 Komentar untuk "Pengertian, Jenis Dan Unsur Agama"

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top