Cara Membuat USB Bootable di Ubuntu/Edubuntu - KaAzima

Azim: Life, Blog, Linux ER

ME (: Dev E Lover!

Cara Membuat USB Bootable di Ubuntu/Edubuntu

Cara Membuat USB Bootable di Ubuntu/Edubuntu - Ketika menginstal sebuah sistem operasi, kita diberikan beberapa pilihan media yang bisa digunakan untuk memulai proses instalasi. Beberapa pilihan media instalasi adalah CD/DVD, LAN, Diskette (model jadul), dan USB Flashdisk.

Media instalasi sistem operasi yang paling umum adalah CD/DVD, penggunaan CD/DVD sebagai media instalasi mempunyai banyak kekurangan, terutama dengan perkembangan teknologi komputer (notebook, netbook) yang makin hari makin kecil ukurannya, sehingga kebanyakan perangkat komputer masa kini banyak yang tidak mempunyai CD/DVD reader.

Meskipun bisa disiasati dengan menggunakan CD/DVD reader eksternal, tetapi hal demikian sangat tidak praktis. Bayangkan, pada saat akan menginstal sistem operasi pada sebuah komputer, kita harus membawa CD/DVD bootable dan CD/DVD reader eksternal. Ribet bangetkan? Selain itu, CD/DVD mempunyai kerentanan yang tinggi akan kerusakan, rentan patah.

Menyiasati ke-tidak praktisan CD/DVD sebagai media instalasi sistem operasi, kita bisa menggunakan USB Flashdisk untuk dijadikan bootable device. Nantinya USB Flashdisk bootable ini bisa digunakan menginstal sistem operasi pada komputer. Tanpa perlu ribet!

USB Flashdisk bootable, selain praktis juga memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan CD/DVD. Flashdisk bekerja secara elektronik, sementara CD/DVD bekerja secara mekanik. Perbedaan model kerja antara Flashdisk dengan CD/DVD itu akan berpengaruh pada kecepatan instalasi sistem operasi ke komputer.

Pengalaman saya, menginstal sistem operasi dengan USB Flashdisk bootable lebih cepat beberapa puluh menit dibanding menggunakan CD/DVD bootable.

Sebelum menggunakan USB Flashdisk bootable untuk instal sistem operasi, terlebih dahulu kita harus membuat USB Flashdisk kita menjadi bootable device. Cara membuat USB Flashdisk bootable bisa menggunakan aplikasi Universal USB Installer, UNetBootin, Rufus, dan Live USB Install. 

Dalam tutorial Cara Membuat USB Bootable di Ubuntu/Edubuntu ini, saya menggunakan aplikasi Live USB Install, kenapa? Karena saya menggunakan Linux Edubuntu untuk membuat USB Flashdisk bootable ini. Bagi kalian yang menggunakan Windows, saya sarankan untuk menggunakan Rufus, karena penggunaan Rufus sangat mudah.

Berikut ini cara membuat USB Flashisk bootable di Ubuntu/Edubuntu :

1. Persiapkan USB Flashdisk yang akan dijadikan bootable device.
2. Pastikan live-usb-install sudah terinstal di Ubuntu/Edubuntu kita.
3. Jalankan aplikasi live-usb-install. Aplikasi ini akan meminta password. Isikan password root.
4. Tancapkan flashdisk, pastikan flashdisk sudah dimount dan data-datanya sudah diback up.
5. Pada tampilan live-usb-install sebagai berikut, klik radio button Berkas ISO, pilih berkas ISO yang akan digunakan.
6. Pada bagian Pilih Distribusi Linux, sesuaikan dengan file ISO yang digunakan. Apabila tidak terdaftar, pilihlah distribusi induknya. Contoh, Edubunt 14.04.1 tidak terdaftar, maka gunakan distribusi Ubuntu 14.04.
7. Pada bagian Pasang ke, pilih USB Flashdisk yang tadi sudah ditancapkan dan sudah dimount.
8. Setelah seluruh pengaturan benar, klik OK.

Cara Membuat USB Bootable di Ubuntu/Edubuntu
Cara Membuat USB Bootable di Ubuntu/Edubuntu
9. Tunggu live-usb-install untuk mengekstrak berkas ISO ke USB Flashdisk tujuan. Semakin besar berkas ISO, semakin lama proses mengekstrak file.

Membuat USB Bootable di Ubuntu/Edubuntu
Membuat USB Bootable di Ubuntu/Edubuntu
10. Setelah proses pengekstrakan selesai, akan muncul tampilan sebagai berikut. USB Flashdisk telah berhasil dijadikan bootable device dan bisa digunakan untuk menginstal sistem operasi ke komputer. Selesai. Selamat bersenang-senang :)

Membuat USB Bootable di Ubuntu/Edubuntu
Membuat USB Bootable di Ubuntu/Edubuntu

0 Komentar untuk "Cara Membuat USB Bootable di Ubuntu/Edubuntu"

Tinggalkan opini Anda, untuk turut dalam postingan ini [komentar dimoderasi dulu].

Back To Top